News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Diikuti Ratusan Kader, Musyda XXI IMM DIY Resmi Dibuka

YOGYA - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) D.I. Yogyakarta resmi menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musyda) ke-XXI pada akhir 2023 ini. Pembukaan berlangsung pada Jumat (22/12) di Aula Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah di Yogyakarta.

Pembukaan Musyda XXI turut dihadiri sejumlah tamu undangan, yakni Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMM Abdul Musawir Yahya, M.H., Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A. bersama Wakil Ketua Iwan Setiawan, M.P.I. para Ketua Ortom tingkat wilayah, dan para kader IMM se-DIY.

Ketua Umum DPD IMM DIY, M. Akmal Ahsan, M.Pd. mengaku bersyukur bisa menyelenggarakan Musyda ke-XXI, setelah 2,8 tahun lamanya ia dan kolega menjabat. Namun, menurutnya Musyda bukanlah sekadar akhir dari periode kepemimpinan.

"Substansi dari Musyda adalah bagaimana caranya supaya ada kehendak kolektif di dalam tubuh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah untuk melakukan proses regenerasi atau pembaharuan kepemimpinan yang diharapkan bisa melahirkan inspirasi baru bagi pergerakan IMM ke depan," ucapnya.

Tentunya, cita-cita ideal itu tentu bukan hal yang mudah. Kenapa? Karena cita-cita kolektif itu seringkali terbentur dengan kepentingan-kepentingan personal yang kemudian menghambat laju visi kolektif ke depan 

Maka, cara supaya bermusyawarah itu bisa berjalan dengan baik adalah seperti yang diucapkan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Bahwa musyawarah itu seperti mengambil madu dari dalam sarangnya yang mana perlu kecermatan, perlu ketabahan, perlu kehati-hatian.

Serupa pula dengan perintah Allah dalam surat Ali Imran ayat 179 yang intinya adalah bagaimana musyawarah bisa dijalankan dengan tenang, tidak mencela, tidak menghardik, apalagi menerabas batas.

"Kita berharap proses musyawarah daerah selama beberapa hari ke depan bisa kita selesaikan dengan baik, bisa melahirkan program, kebijakan, narasi yang terbaik, sekaligus para aktor pimpinan yang bisa menakhodai DPD IMM DIY dengan baik," harap Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu.

Diikuti oleh 108 peserta dari cabang dan komisariat se-DIY, Musyda XXI IMM DIY ini akan berlangsung selama 3 hari, Jumat-Ahad (22-24/12) di dua tempat berbeda. Setelah pembukaan dan sidang pleno 1, esok dan lusanya akan berlanjut di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk agenda Laporan Pertanggungjawaban, Pembahasan Program dan Kebijakan, hingga puncaknya pemilihan Ketua Umum dan Formatur DPD IMM DIY periode 2023-2025. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here