News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

PWM Lepas Kontingen Pemuda Muhammadiyah DIY ke Muktamar XVIII

YOGYA – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) M. Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A. secara resmi melepas keberangkatan kontingen Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY menuju Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pelepasan dilaksanakan di Halaman Komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah DIY Jalan Gedongkuning, pada hari Senin (20/2), pukul 21.00 WIB.

Dalam sambutan singkatnya, Ikhwan menjelaskan jika DIY itu small but beautiful and powerful. Karena itulah, ia mengimbau kepada kader Pemuda Muhammadiyah untuk menjadikan Muhammadiyah sebagai wajah dari DIY itu sendiri.

“Kita harus menunjukkan bahwa Muhammadiyah itu di wajahnya Daerah Istimewa Yogyakarta, dan kontingen itu ada di teman – teman Pemuda Muhammadiyah DIY beserta daerah – daerahnya,” jelas Ikhwan di hadapan anggota kontingen DIY.

Di samping itu, kata Ikhwan, para Pemuda Muhammadiyah DIY ini juga nantinya diharapkan dapat meneruskan estafet kepemimpinan PWM DIY di masa mendatang.

“Boleh saya katakan, wajah – wajah yang berangkat inilah yang nanti pada akhirnya akan menyambung estafet kepemimpinan kami semua di PWM,” sambung Ikhwan.

Pada kesempatan ini juga, Ikhwan mengajak kepada seluruh kader Pemuda Muhammadiyah DIY untuk ikut serta mengawal Muktamar agar menjadi Muktamar yang bermartabat dan berkeadaban.

“PWPM DIY dan PDPM se-DIY menjadi aktor utama dalam menjaga ruh ideologi Muhammadiyah yang berkemajuan itu,” lanjutnya.

Terkait dengan Islam Berkemajuan, dalam implementasinya tentu mengarah kepada aqidah yang lurus, kembalinya Qur’an dan Sunnah, membuka cara berpikir dengan ijtihad dan tajdid, serta think globally but locally act, yang bisa diartikan dengan membuka pikiran secara luas meskipun bertindak dengan cara lokal.

“Saya kira teman – teman Pemuda sangat paham dengan ini semuanya, dan implementasinya adalah menjaga marwah DIY yang menjadi etalase Muhammadiyah di percaturan nasional hingga internasional,” papar Ikhwan.

Oleh karena itu, Ikhwan berpesan kepada segenap kader Pemuda Muhammadiyah DIY untuk senantiasa ber-fastabiqul khoirot dengan tiga makna slogan, yakni selektif, komparatif, dan kompetitif.

“Bawalah tiga slogan tersebut, insyaallah kader Pemuda Muhammadiyah akan menjadi orang – orang khoir atau dalam pengertian lain orang-orang yang terseleksi, berani dikomparasikan, sekaligus mampu berkompetisi,” ujar Ikhwan.

Menurutnya, bukan soal menang atau siapa yang harus menjabat, tetapi lebih dari itu, dengan membawa amanah ini, semoga kesuksesan dan dampaknya bisa dibawa hingga akhirat kelak.

Maka dari itu, Ikhwan mengucapkan selamat menempuh perjalanan kepada Kontingen Pemuda Muhammadiyah DIY menuju Muktamar di Balikpapan.

“Selamat jalan teman – teman pemuda, tegak dan jaga marwah Muhammadiyah di mana pun. Saya dan PWM beserta semua yakin, teman – teman semuanya satu niat saja, yaitu Li I’laai Kalimatillah, yang artinya untuk Menegakkan Kalimat Allah,” ucap Ikhwan disertai dengan doa bersama untuk keberangkatan Kontingen DIY.

Kontingen Pemuda Muhammadiyah DIY berjumlah 14 orang peserta dan 18 penggembira. Untuk peserta sendiri, terdiri dari 4 orang dari wilayah dan 2 orang dari daerah. Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah akan berlangsung pada tanggal 21 – 24 Februari 2023. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah


Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here