News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar

PD IPM Gunungkidul Sukses Gelar Musyda Hybrid Pertama di DIY

Pusat kegiatan Musyda IPM Gunungkidul secara hybrid di SMK Muhammadiyah Semin. Foto: Ahimsa/mediamu.com

GUNUNGKIDUL – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Gunungkidul tercatat sebagai penggelar Musyawarah Daerah (Musyda) hybrid pertama di DIY. Hybrid adalah gabungan online dan offline. Musyda ke-XXII ini dilaksanakan Sabtu-Ahad (7-8/8).

Musyda adalah proses musyawarah resmi dilaksanakan di level daerah (PD) setelah sebelumnya Pimpinan Wilayah IPM DIY menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Musywil) pada bulan Juni 2021. Pusat kegiatan ini Musyda IPM Gunungkidul di SMK Muhammadiyah Semin.

Peserta yang hadir secara langsung adalah PD IPM Gunungkidul, ditambah pimpinan sidang, sekretaris sidang, serta anggota sidang. “Untuk pimpinan cabang dan ranting berkumpul di tempat cabang masing-masing,” jelas Fatma Husna Arfiani, Ketua Panitia Musyda.

Terdapat empat pimpinan cabang di Gunungkidul, yakni PC IPM Wonosari, PC IPM Playen, PC IPM Ponjong, dan PC IPM Semin. Musyda kali ini mengangkat tema “Optimasi, Adaptif, Kolaboratif”.

Tema tersebut, menurut Fatma, mengandung harapan agar kader IPM dapat berkolaborasi untuk mencapai cita-cita bersama serta mampu menyesuaikan diri dalam berbagai situasi.

“Seperti misal situasi pandemi seperti ini, diharapkan kader Gunungkidul bisa beradaptasi sehingga tidak terhalangi dalam berkegiatan,” terangnya.

Pada hari kedua, kegiatan menghasilkan keputusan mengenai ketua umum dan sekretaris umum periode selanjutnya, yaitu Muchlis Fatahilah (Ketua Umum) dan Muazanah Zahra (Sekretaris Umum).

Meskipun berada di rumah karena sedang menjalani isolasi mandiri (isoman), Muchlis bersyukur karena Musyda tetap bisa berjalan lancar dan para kader di pimpinan cabang-ranting dapat aktif mengkritisi program kerja yang disusun tim materi.

Sebelum terpilih menjadi ketua umum, laki-laki ini aktif di PR IPM SMK Muhammadiyah 1 Ponjong (Ketua Umum), PC IPM Ponjong (Ketua Bidang Organisasi), serta PD IPM Gunung Kidul di periode lalu (Sekretaris Bidang PIP).

Seusai acara, Ali Nursamsi Dahlan, Ketua Umum PD IPM Gunungkidul periode 2018-2020, menyampaikan harapan kepada penerus perjuangannya.

Pertama, melanjutkan untuk pendirian dan pemberdayaan cabang serta ranting.
Kedua, lebih konsisten dalam menjalankan amanah Musyda dan program kerja.

Selaras dengan harapan Ali Nursamsi, Muchlis mengatakan, “Harapannya yang jelas bisa mewujudkan program kerja dan agenda aksi yang disepakati. Juga bisa membawa IPM Gunungkidul menjadi pimpinan yang lebih progresif.”

Ia juga berharap bisa menguatkan komunikasi antara PD IPM Gunungkidul dengan pimpinan cabang maupun ranting. (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here