News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Lazismu UMY Lampaui Target, Siap Arungi 2024 dengan Program Baru

Lazismu UMY Lampaui Target, Siap Arungi 2024 dengan Program Baru

YOGYA - Dengan memiliki lembaga zakat yang berpusat di lingkungan kampus, Universitas Muhammadiyah Yogyakrta (UMY) dapat mengoptimalkan penyaluran zakat tidak hanya untuk mahasiswa yang membutuhkan namun juga bagi masyarakat umum. Setelah melampaui target untuk tahun 2023, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (Lazismu) UMY mengadakan Rapat Kerja sekaligus Focused Group Discussion (FGD) pada Senin (15/1). Salah satunya bertujuan untuk merumuskan program baru untuk tahun 2024 sebagai sarana untuk menyalurkan dana yang sudah terkumpul.

Rozikan, S.E.I., M.S.I. selaku Manajer Eksekutif Lazismu UMY menyampaikan bahwa  dalam segi fundraising, target yang ditetapkan oleh Lazismu UMY yaitu sebesar 2,4 miliar rupiah untuk tahun 2023 telah terlampaui dengan pencapaian sebesar 4,2 miliar rupiah atau terdapat surplus sekitar 75%. Menurut Rozikan, dosen dan tendik UMY memiliki kontribusi besar dimana 1,4 miliar rupiah dari total dana yang terkumpul berasal dari infaq gaji bulanan dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik).

“Dalam pentasyarufan atau penyaluran dana, selama tahun 2023 telah kami salurkan sebanyak 3,8 miliar rupiah. Mengapa kami sisakan sebagian, karena di awal tahun ini Lazismu UMY juga akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa UMY maupun mahasiswa perguruan tinggi lainnya. Kami asumsikan untuk semester gasal tahun ini akan disalurkan dana untuk beasiswa sebesar 625 juta rupiah,” ujar Rozikan.

Seluruh capaian yang didapat oleh Lazismu UMY, baik dari segi fundraising maupun predikat dari lembaga audit dimana Lazismu UMY berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), diapresiasi oleh Rektor UMY dan mengatakan bahwa hal tersebut sudah seharusnya terjadi. Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN Eng. menyebutkan bahwa hal tersebut menjadi wajar karena kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada Lazismu UMY.

“Sangat sulit untuk mencari kepercayaan di masa ini, itulah mengapa kepercayaan yang diberikan masyarakat untuk Lazismu UMY sangat berharga. Saya sangat mengapresiasi predikat WTP yang telah diperoleh, karena ini sekaligus menjadikan UMY sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah  yang memiliki Lazismu yang berpredikat WTP,” imbuh Gunawan.

Dengan dilaksanakannya FGD yang melibatkan dekan dari berbagai fakultas serta pimpinan dari berbagai unit kerja, Rozikan berharap dapat tersusun program-program baru untuk Lazismu UMY. Mengingat Lazismu baik di tingkat wilayah maupun di UMY memiliki target baru, dimana satu wilayah dapat diberikan bantuan dari berbagai sektor seperti ekonomi, kesehatan dan pendidikan. FGD berlangsung sekitar satu jam dan mengakomodir usulan agar Lazismu UMY dapat lebih menjangkau masyarakat secara menyeluruh, salah satunya melalui pendanaan ekonomi kreatif.

Ide ini dicetuskan oleh Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UMY, Dr. Ir. Gatot Supangkat, M.S., IPM.. Menurutnya, pendanaan ekonomi dapat disalurkan dengan berbagai macam skema, salah satunya melalui pengabdian masyarakat. Penguatan ekonomi menjadi penting, karena menurut Gatot ekonomi merupakan salah satu pilar penopang kehidupan masyarakat di samping pendidikan. Ia juga menyatakan bahwa LPM UMY siap bersinergi dengan Lazismu UMY, setelah tersusun mekanisme pengabdian yang matang.

Hasil dan luaran yang diperoleh dari FGD akan dibahas lebih lanjut oleh Lazismu UMY dalam rapat kerja yang dilaksanakan tepat setelahnya.

Berita ini diterima mediamu.com dari Biro Humas dan Protokoler UMY.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here