News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

UAD Kembali Menerima Mahasiswa dari Filipina, Siap Mengajar di Sekolah Muhammadiyah

YOGYA – Setelah pandemi Covid-19, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali melaksanakan program SEA-Teacher secara luring. Pada tahun 2023 ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD menerima 9 mahasiswa dari dua perguruan tinggi Filipina yang menjadi mitra UAD, hari Senin (18 Shafar 1445 H bertepatan 4 September 2023) di Ruang Serbaguna lantai 10 Gedung Utama Kampus 4 UAD.

Turut hadir menyambut mereka dari UAD, Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., dan Dekan FKIP Muhammad Sayuti, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. beserta jajaran, Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional Ulaya Ahdiani, S.S., M.Hum. serta staf, Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri Ida Puspita, M.A.Res., para Kaprodi di FKIP, perwakilan pimpinan Sekolah Mitra UAD, hingga para mahasiswa FKIP UAD.

Ini merupakan lanjutan dari program SEA-Teacher sebelumnya pada Mei 2023, dimana UAD juga menerima 4 mahasiswa program SEA-Teacher dari Capiz State University (CAPSU), Filipina, dan mendapatkan pengalaman mengajar di SD Muhammadiyah Karangkajen dan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta selama satu bulan. Di sisi lain, UAD juga mengirim 10 mahasiswa FKIP untuk belajar di CAPSU, ISUFST, dan West Virginia University, Filipina, serta Valaya Alongkorn Rajabhat University (VRU), Thailand dalam program SEA-Teacher.

“Ini adalah kesempatan kedua bagi UAD menerima program SEA-Teacher. Dari sekolah juga turut mengapresiasi dan mendukung program ini, semoga dapat memanfaatkan ilmu dari mahasiswa Filipina ini,” tutur Sayuti dalam sambutannya.

Menurutnya, mahasiswa dari Filipina Punya kelebihan dengan kemampuan bahasa Inggris-nya yang sangat native. Terutama, sejak di sekolah, mereka sudah diajarkan pelajaran matematika dan sains dalam bahasa Inggris. Sehingga, inilah kenapa Filipina mengekspor para guru dan tenaga profesional ke negara luar.

Sayuti juga mengharapkan mereka dapat menikmati dan memaksimalkan kesempatan pengalaman internasional dengan mengajar di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

“Muhammadiyah punya jejaring pendidikan yang sangat besar, sehingga ini menjadi kesempatan untuk mengenal tentang Muhammadiyah. Jadi, nikmatilah Jogja, dan pengalaman baru di sekolah-sekolah kami,” tutur Sekretaris PP Muhammadiyah itu.

Senada dengan Sayuti, Rusydi Umar juga berharap para mahasiswa dari Filipina bisa menyesuaikan diri dengan budaya dan makanan di Yogyakarta. Terlebih, Yogyakarta adalah kota istimewa karena hampir semua mahasiswa di Indonesia belajar di sini, termasuk di Muhammadiyah.

“Semoga ke depan, bisa menjadi guru profesional dari pengalaman di sini dan punya global awareness,” harapnya.

Nantinya, kesembilan mahasiswa dari Filipina akan mengajar di beberapa sekolah Muhammadiyah yang menjadi mitra UAD. Mereka adalah Trixia May O. Elevator dan Mary Joy E. Gepitulan dari The University of Saint Anthony (USANT) akan mengajar di SMP Muhammadiyah Sewon, Edward Paul d.Castro (USANT) dan Chlyredth B. Casaldan dari Iloilo State University of Fisheries Science and Technology (ISUFST) mengajar di SMP Muhammadiyah Unggulan ‘Aisyiyah. Lalu, Julius B. Maglasang dan Kristoffer Rhys H. Garabato (ISUFST) di SMP Muhammadiyah Bantul, Angel Faith A. Soon dan Kate Concepcion D. Benagua (ISUFST) di SD Unggulan ‘Aisyiyah, serta Sheena Marie S. Detore (ISUFST) di SD Muhammadiyah Bantul. (*)

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here