News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Jadi Pilot Project Sinematografi, Siswa SMK Muh. 1 Yogya Siap Jadi Sineas Andal

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta bersama MPI PDM Kota Yogyakarta.

YOGYA - SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta resmi menjadi pilot project sinematografi yang diselenggarakan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta. Hal itu disampaikan Ketua MPI PDM Kota Yogyakarta, Subhi Waltono, dalam Pelatihan Sinematografi, Selasa (12/12).

"Ke depan bila ini berhasil akan ditularkan dan dikembangkan ke sekolah-sekolah lain di wilayah Kota Yogyakarta," kata Subhi.

Menurutnya, siswa-siswi SMK perlu dikenalkan dunia sinema agar kelak bisa menjadi sineas andal. "Ini menjadi pelajaran berharga untuk siswa-siswi," lanjutnya.

Mewakili Kepala SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Anam yang juga mengampu pemberitaan, mengatakan, sinema adalah salah satu profesi yang bisa menjadi pilihan di masa depan.

Bagi Anam, pihaknya merasa terbantu. "Khususnya edukasi tentang sinematografi sebagai bahan keilmuan," tandasnya.

Kebanyakan, siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang mengikuti pelatihan sinematografi dengan narasumber Ronggo SG, merasa sangat senang karena belajar banyak hal baru dari sinematografi.

Mereka yang punya kegemaran membuat film atau memiliki impian menjadi sinematografer sudah bisa belajar dari sekarang.

Pada kesempatan itu, Ronggo mengajarkan critical thinking, creative thinking dan sebagainya, khususnya dasar-dasar dalam pembuatan film. Juga macam-macam teknik camera movement, seperti: zoom, dolly (track), panning, crab, tilt, pedestal (ped), arc, dan follow.

"Pergerakan kamera ketika menangkap momen dalam suatu adegan film merupakan aspek esensial yang tak boleh ketinggalan untuk dipelajari," kata Ronggo.

Menurutnya, seorang pembuat film yang baik harus memiliki kecakapan mengambil gambar dari berbagai sudut pandang. "Hal ini penting dan berpengaruh besar dalam menentukan kualitas suatu karya film," katanya.

Untuk menunjang pelaksanaan penempatan magang kerja siswa dan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, dilakukan kerjasama antara MPI PDM Kota Yogyakarta dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Kedua belah pihak membantu dalam melaksanakan berbagai program kerja sama dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada di lingkungan masing-masing.

Ke depan, siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta bisa memaksimalkan potensinya dengan belajar bersama di PDM Kota Yogyakarta. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Affan Safani Adham (MPI PDM Kota Yogyakarta) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here