News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Cetak Kader Profesional, Ini Pesan Agus Taufiqurrahman untuk PP IPM

Ketua PP Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman, Sp.S., M.Kes. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr. Agus Taufiqurrahman, Sp.S., M.Kes. memberikan pesan-pesan penting untuk Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) dalam mempersiapkan kader. Hal ini disampaikannya saat peresmian kantor baru PP IPM di Gedoeng Moehammadijah, Jl. KH. Ahmad Dahlan no. 103, Yogyakarta, Selasa (20/2) sore.

Pertama, Ikatan Pelajar Muhammadiyah harus mempersiapkan kader-kader yang memiliki ideologi Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang kuat. Tapi bersamaan dengan itu, harus mempersiapkan kompetensi agar berani bersaing. 

Sehingga nanti diaspora kader Muhammadiyah itu bisa berada di berbagai tempat dalam rangka berinteraksi membangun bangsa yang kita cintai sekaligus terlibat dalam peradaban global. “Butuh kader yang ideologinya kuat tapi bersamaan dengan itu memiliki kompetensi tingkat profesionalisme sesuai dengan bidangnya masing-masing,” kata Agus. 

Kedua, IPM diharapkan juga ikut menyiapkan kader-kader yang nanti akan ikut menjaga Muhammadiyah. Dalam hal ini, di samping kebutuhan struktural juga perlu mempersiapkan profesional-profesional yang bisa melanjutkan pengembangan amal usaha Muhammadiyah.

Tentu ini membutuhkan profesional yang betul-betul memiliki kompetensi tinggi di bidangnya, tapi bersamaan dengan itu juga memiliki ideologi Islam dan kemuhammadiyahan yang tidak diragukan. IPM menjadi organisasi otonom yang sangat strategis, karena memiliki rentang waktu yang cukup panjang sejak dari SMP dan SMA bahkan setelah itu masih banyak aktivitas. 

Menurut Agus, IPM sebagai organisasi kader yang berarti tugasnya mencetak kader harus terus mengembangkan diri. Pada masa lalu, IPM memiliki semboyan 3T yang berarti Tertib Ibadah, Tertib Belajar, dan Tertib Organisasi. Sekarang, semboyan tersebut meski masih relevan namun juga perlu disesuaikan dengan gerakan yang ada di masa kini. 

“IPM dulu dan sekarang berbeda sekarang era yang berbeda. Maka IPM juga harus melakukan pendekatan-pendekatan sesuai dengan era zaman sekarang ini, agar IPM bisa menjadi bagian dari organisasi yang diminati generasi sekarang,” ujar Agus yang juga alumni IPM.

Tak lupa juga, Agus turut mengucapkan selamat atas diresmikannya kantor baru PP IPM setelah direnovasi. “Insya Allah, dengan kantor barunya ini usai direnovasi, adik-adik bisa beraktivitas lebih baik,” harapnya. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here