News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Ustadz Adi Ingatkan Perawat RS PKU Bantul Tetap Jaga Interaksi dengan Al Quran

Acara buka puasa bersama Bangsal Al - Insan RSU PKU Muhammadiyah Bantul, Ahad (31/3). Foto: Norman Akhda (RS PKU Muhammadiyah Bantul)

BANTUL - Semua kru perawat dari bangsal Al – Insan RSU PKU Muhammadiyah Bantul  mengadakan agenda buka bersama di Omah Sawah, Ahad (31/3). Selain semua kru yang hadir, ada juga keluarga dari perawat Al – Insan RSU PKU Muhammadiyah Bantul yang ikut acara tersebut.

Dalam acara tersebut tidak hanya agenda buka berasa tetapi ada pengajian menjelang buka berasa yang di isi oleh Ust. Adi Negara, S.H selaku Bina Rohani RSU PKU Muhammadiyah Bantul, ada beberpa point yang Ust Adi Negara, S.H sampaikan dalam Tausiyahnya. 

Mulai dari pada bulan ramadhan ini, para kru jangan berkurang dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an, karena bulan ramadhan merupakan bulan di turunkannya Al – Qur’an.

"Jangan sampai di bulan Ramadhan ini kita tidak berinteraksi dengan Al -Qur’an karena ketika kita kurang berinteraksi dengan Al – Qur’an kita merupakan orang yang merugi," kata Ust. Adi. 

Al Baqarah ayat 2 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; (ia merupakan) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, (Al-Baqarah  [2]:2) 

Umat Islam diminta untuk memperbanyak membaca al – Qur’an, disuruh Allah untuk membaca Al – Qur’an bukan untuk membebani tetapi agar bahagia,  Seperti yang terkadnung dalam Surat Al – baqarah ayat 183 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al-Baqarah  [2]:183)

Kalau ketaqwaan meningkat, tentunya akan mendapatkan kebahagian. Maka di bulan ramadhan untuk meningkatkan ketaqwaan kita selain berpuasa yaitu dengan membaca Al – Qur’an.

Dalam puasa ini, tentu umat Islam diminta untuk mengingat Allah, banyak ibadah – ibadah yang mampu mendekatkan dan mengingat kepada Allah salah satunya adalah dengan berdzikir seperti kalimat kalimat dalam shalat, do’a, dan lainnya.

"Dalam dzikir, Allah ingin menggambarkan seperi Allahu Akbar adalah dzikir – dzikir agar mengingatkan bahwa di dunia ini hanya Allah lah yang maha besar dan Dia- lah yang mengatur segalanya dan mengatur Rizqi hamba-Nya," ujar Ust. Adi.

Kemudian di akhir Tausiyahnya beliau ust Adi Negara, S.H menyampaikan bahwa agar setiap perawat atau pegawai RSU PKU Bantul mau mempelajari Al – Qur’an dengan sungguh – sunggu seperti memperbaiki Tajwid dalam Membaca Al – Qur’an.

Setelah acara tausiyah selesai, Dian Eka Kurniawati, Kepala Ruang Al – Insan RSU PKU Muhammadiyah Bantul menyampaikan agenda buka bersama ini di hadiri semua anggota keluarga perawat Al – Insan. Sebagai wujud Silaturahmi dan keberasamaan agar saling mengenal antara satu dengan yang lainnya.

Kemudian di akhir acara semua yang hadir dalam agenda bukan berasa tersbut memasuki acara yang terakhir adalah dengan berbuka dengan hidangan yang sudah disediakan. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Norman Akhda, RSU PKU Muhammadiyah Bantul

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here