News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno

Foto: Kompas.com

YOGYA - Alhamdulillah! Kata inilah yang patut diucapkan atas hasil gemilang yang diraih Timnas U-23 Indonesia usai berhasil memenangkan pertandingan di ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Skuad Garuda Muda berhasil raih tiga poin pada laga ke-2 babak fase grup A, setelah mengandaskan perlawanan dari Timnas Australia, Kamis (18/4) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. 

Jalannya pertandingan berlangsung sengit, mengingat kedua tim sama-sama mengincar kemenangan. Mengingat di laga pertama, Timnas Indonesia kalah dari tuan rumah Qatar dengan skor 0-2, sementara Australia hanya bermain imbang tanpa gol menghadapi Yordania. 

Kedua tim terlihat saling menyerang, namun Socceroos -julukan Australia mendominasi jalannya pertandingan dan membuat Rizky Ridho dkk kewalahan. Bahkan, Australia membuka peluang untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah penalti karena handball dari Komang Teguh di menit ke-25.

Beruntung bagi Indonesia, sang kiper Ernando Ari berhasil menepis sepakan penalti dari pemain Australia, Mohamed Toure, sehingga mental Garuda Muda makin terangkat di laga ini. 

Gol yang ditunggu akhirnya datang bagi Indonesia di menit 45 jelang turun minum, dengan tendangan voli dari Nathan Tjoe-A-On berhasil dibelokkan oleh sundulan dari Komang Teguh, sehingga skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia atas Australia. 

Pada babak kedua, kedua tim tetap saling menyerang, namun dengan keunggulan skor, mental anak didik Shin Tae-yong tetap terjaga dan mampu memberikan perlawanan sengit kepada Australia. Hingga babak kedua selesai, skor tetap 1-0 untuk Indonesia. 

Kemenangan Timnas U-23 Indonesia ini membuka asa lolos ke babak selanjutnya, setelah di pertandingan pertama kalah secara kontroversial dari Qatar. Sehingga, saat laga ketiga melawan Yordania, tim Garuda bisa tetap tenang dan rileks agar dapat hasil maksimal untuk bisa ke 8 besar.

Hasil membahagiakan dari Timnas U-23 rupanya mendapatkan komentar dari Tokoh Sepakbola Nasional, yaitu Ahmad Syauqi Soeratno. Secara langsung, ia memberikan apresiasi pada perjuangan Timnas, saat diskusi sepakbola di sela-sela acara Nonton Bareng, yang digelar Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Gedung Muhammadiyah, Jalan K.H. Ahmad Dahlan Yogyakarta.

“Penampilan timnas Indonesia menunjukan peningkatan secara teknik dan mental bermain. Kerja sama tim juga berjalan, meskipun perlu ditingkatkan. Berhasil memupus catatan buruk saat bertemu Australia merupakan langkah bagus timnas Indonesia,” ujar Syauqi.

Nonton bareng yang diisi diskusi ini dihadiri lebih dari lima puluh orang, termasuk masyarakat umum. Selain itu, Ketua LPO PP Muhammadiyah, Gatot Sugiharto turut hadir membersamai para pecinta sepakbola se-Yogyakarta yang hadir di nobar ini. 

Penampilan gemilang Timnas U-23 Indonesia yang mampu bertahan dari gempuran Australia tidak lepas dari penampilan gemilang penjaga gawang Ernando Ari. Kemudian, lini pertahanan solid Indonesia dipimpin oleh bek dan kapten tim Rizky Ridho, yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here