News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Dholina Bangga dengan HW

YOGYA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) baru saja membentuk dan mengukuhkan Qobilah Hizbul Wathan (HW), Selasa (13 Shafar 1445 H bertepatan 29 Agustus 2023).

Inisiasi pembentukan HW tersebut melibatkan dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UAD, tak terkecuali Dholina Inang Pambudi, M.Pd, Dosen Program Studi PGSD UAD Bidang Keahlian Pendidikan IPS.

“Qodarullah saya juga turut serta dalam pelantikan kepengurusan Qobilah Hizbul Wathan Universitas Ahmad Dahlan,” kata Dholina.

Diceritakannya, awal mula bersentuhan dengan HW tersebut sejak menjadi dosen UAD. Pada tahun 2013, Dholina diminta Prodi untuk silaturahmi ke rumah Muhammad Bustani (Ketua Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan HW DIY).

“Waktu itu untuk inisiasi pelatihan kepanduan Hizbul Wathan bagi calon guru SD,” kenang Dholina.

Sambil berkelakar, Dholina pun menyampaikan sepulang dari rumah pak Bustani mampir icip-icip sate dan tongseng kambing yang ada di depan rumahnya. “Alhamdulillah, sampai saat ini pelatihan kepanduan Hizbul Wathan di Prodi PGSD masih tetap berlanjut,” kata Dholina.

Pada tahun 2015 Dholina semakin erat berkolaborasi dengan HW, khususnya dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) “Gaming Simulation for Disaster Risk Reduction” yang ditujukan bagi pelatih HW di Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan DIY.

Dholina mengutip pendapat Tere Liye, tidak ada yang kebetulan di muka bumi ini. “Bahkan, sebuah kebetulan yang amat kebetulan adalah tetap rencana Allah SWT yang tidak pernah meleset walau seperjuta mili,” ungkap Dholina.

Maka, lanjut Dholina, orang-orang yang kita temui, kejadian-kejadian yang dilewati pagi, siang dan malam, selalu menyimpan misteri. “Ada tujuannya dan ada maksudnya,” tandas Dholina.

Bagi Dholina, jika kita tidak berhasil menerjemahkan tiap detailnya karena terlalu megahnya rencana Allah SWT, itu jelas bukan kabar buruk. “Setidaknya, pastikan saja kita sukses mensyukuri tiap detik rencana tersebut dan selalu berterima kasih itu lebih dari cukup,” papar Dholina.

Menyinggung soal HW suatu kebahagiaan baginya karena hingga saat ini membuat hatinya selalu gembira. “Cerminan HW itu gembira, apapun yang dilakukan HW selalu ceria,” kata Dholina yang bangga mengenakan pakaian HW

Dholina berharap semua anggota Qobilah HW UAD juga dapat menjalankan nilai-nilai HW dan berperan di masing-masing tempat tinggal. “Sedikit bicara banyak bekerja,” katanya. (*)

 

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here