News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Dholina Bangga dengan HW

YOGYA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) baru saja membentuk dan mengukuhkan Qobilah Hizbul Wathan (HW), Selasa (13 Shafar 1445 H bertepatan 29 Agustus 2023).

Inisiasi pembentukan HW tersebut melibatkan dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UAD, tak terkecuali Dholina Inang Pambudi, M.Pd, Dosen Program Studi PGSD UAD Bidang Keahlian Pendidikan IPS.

“Qodarullah saya juga turut serta dalam pelantikan kepengurusan Qobilah Hizbul Wathan Universitas Ahmad Dahlan,” kata Dholina.

Diceritakannya, awal mula bersentuhan dengan HW tersebut sejak menjadi dosen UAD. Pada tahun 2013, Dholina diminta Prodi untuk silaturahmi ke rumah Muhammad Bustani (Ketua Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan HW DIY).

“Waktu itu untuk inisiasi pelatihan kepanduan Hizbul Wathan bagi calon guru SD,” kenang Dholina.

Sambil berkelakar, Dholina pun menyampaikan sepulang dari rumah pak Bustani mampir icip-icip sate dan tongseng kambing yang ada di depan rumahnya. “Alhamdulillah, sampai saat ini pelatihan kepanduan Hizbul Wathan di Prodi PGSD masih tetap berlanjut,” kata Dholina.

Pada tahun 2015 Dholina semakin erat berkolaborasi dengan HW, khususnya dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) “Gaming Simulation for Disaster Risk Reduction” yang ditujukan bagi pelatih HW di Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan DIY.

Dholina mengutip pendapat Tere Liye, tidak ada yang kebetulan di muka bumi ini. “Bahkan, sebuah kebetulan yang amat kebetulan adalah tetap rencana Allah SWT yang tidak pernah meleset walau seperjuta mili,” ungkap Dholina.

Maka, lanjut Dholina, orang-orang yang kita temui, kejadian-kejadian yang dilewati pagi, siang dan malam, selalu menyimpan misteri. “Ada tujuannya dan ada maksudnya,” tandas Dholina.

Bagi Dholina, jika kita tidak berhasil menerjemahkan tiap detailnya karena terlalu megahnya rencana Allah SWT, itu jelas bukan kabar buruk. “Setidaknya, pastikan saja kita sukses mensyukuri tiap detik rencana tersebut dan selalu berterima kasih itu lebih dari cukup,” papar Dholina.

Menyinggung soal HW suatu kebahagiaan baginya karena hingga saat ini membuat hatinya selalu gembira. “Cerminan HW itu gembira, apapun yang dilakukan HW selalu ceria,” kata Dholina yang bangga mengenakan pakaian HW

Dholina berharap semua anggota Qobilah HW UAD juga dapat menjalankan nilai-nilai HW dan berperan di masing-masing tempat tinggal. “Sedikit bicara banyak bekerja,” katanya. (*)

 

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here