News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Ikhwan Ahada: MPM Adalah Model Dakwah yang Menggerakkan

SLEMAN – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Dr. H. M. Ikhwan Ahada, M.A. menjelaskan bahwa Muhammadiyah bisa disebut sebagai pergerakan karena dakwahnya yang mampu bergerak di semua bidang. Hal disampaikan olehnya saat menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PWM DIY, Sabtu (16 Shafar 1445 H bertepatan 2 September 2023) di Aula Masjid KH. Sudja’ RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Kepada para pimpinan dan anggota MPM se-DIY, Ikhwan menegaskan jika pemberdayaan masyarakat juga termasuk dari bagian dakwah Muhammadiyah yang menggerakkan. Di sinilah, peran MPM sangat vital sebagai model dakwah yang menggerakkan dari persyarikatan.

“(Artinya) dakwah kita tidak semata-mata berada di belakang podium. MPM adalah disertifikasi dari dakwah yang berbeda, sehingga masyarakat menjadi berdaya, dari mustadh’afin menjadi seseorang yang bisa memberi, mustahiq menjadi muzakki,” jelas Ikhwan.

Oleh karenanya, ia sangat mengapresiasi diselenggarakannya Rakerwil MPM PWM DIY pada tahun ini untuk membangun ekosistem pemberdayaan masyarakat di DIY. Apalagi dengan dihadiri oleh MPM PDM serta mengajak beberapa MPM PCM se-DIY yang punya program unggulan, diharapkan potensi cabang bisa terangkat.

“Saya kira, Rakerwil ini sangat berkemajuan, dengan mengangkat sesuatu yang bisa menjadi potensi cabang serta mengajak (daerah dan cabang) untuk berdialog langsung sekaligus mengangkat potensi mereka,” ungkapnya.

Maka dari itu, Ikhwan berpesan untuk MPM PWM DIY untuk membangun model kolaborasi dengan semua stakeholder, yang sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah.

“Saya kira MPM DIY harus membangun model sinergi, kohesi, dan kolaborasi. Tentunya, sesuai dengan kepribradian Muhammadiyah dalam rangka mewujudkan cita-cita persyarikatan maupun bangsa. PDM punya alur yang luar biasa dikelola oleh MPM PWM DIY,” pungkasnya, (*)

 

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here