News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km

Peserta fun run berlari 10,7 Km memperingati 107 tahun 'Aisyiyah. Foto: Agung Bin Dahlan / RunnerMu

YOGYA - Dalam rangka MIlad ke-107 tahun ‘Aisyiyah, sejumlah warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah memperingatinya dengan cara yang anti mainstream dan tidak biasa. Yaitu dengan berlari gembira sepanjang puluhan kilometer.

Ini diinisiasi oleh para pelari yang bergabung dalam komunitas RunnerMu, dengan mengadakan Fun Run memperingati Milad 107 tahun ‘Aisyiyah, pada Ahad (19/5), mulai pukul 06.00 WIB.. Karena 107 tahun, maka total jaraknya pun disesuaikan, yaitu mencapai 10,7 Km. 

Para pelari mulai dari Kantor PP ‘Aisyiyah Jl. KH. Ahmad Dahlan no.32, Ngampilan, Yogyakarta, kemudian mengitari Alun-alun Kidul, lalu berlari menuju Kotabaru, melewati Tugu Jogja, dan berlari melalui Jalan Pangeran Mangkubumi dan Malioboro untuk finish di Kantor PP ‘Aisyiyah (titik start).

Tak harus mencapai 10,7K, peserta juga bisa berlari dengan mencapai 5,2K. Para pelari dibagi menjadi empat grup. Grup 1 berjarak 10,7K dengan pace 7.00-7.30 dan grup 2 10,7K pace 8.00-8.30. Grup 3 berjarak 5,2K dengan pace 7.00-7.30 dan grup 4 5,2K pace 8.00-8.30. Saat berlari, terdapat 3 water station untuk para pelari yang butuh rehat sejenak.

“Ini merupakan spontanitas dari kami (RunnerMu) untuk memperingati Milad 107 tahun ‘Aisyiyah, seperti halnya kegiatan-kegiatan sebelumnya,” kata Ketua RunnerMu, Miftachul Huda. 

Selain untuk ikut menyemarakkan milad ke-107 tahun Aisyiyah sebagai gerakan dakwah perempuan tertua di Indonesia, fun run ini digelar sebagai bentuk kampanye hidup sehat dengan berlari untuk warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Sekaligus juga sebagai model dakwah baru Muhammadiyah dengan berolahraga.

Dengan hal itu, membuat banyak orang yang antusias untuk ikut serta dalam fun run ini. Terbukti, ada 150 orang yang hadir, baik pelari Muhammadiyah maupun pegiat lari di DIY, tampak bersemangat untuk melalui jarak demi jarak pada kegiatan ini. 

Karena kegiatan ini untuk memperingati milad ‘Aisyiyah, tentunya para pelari perempuan juga ikut bahkan bersemangat untuk berlari dalam fun run ini. Salah satunya, Aisyah yang mampu berlari sejauh 7 km. 

“Seru banget! Pertama kali ikut, biasanya sendiri tapi kali ini bareng-bareng. Apalagi baru selesai UTS, jadi pingin rileks,” kata mahasiswi prodi Psikologi semester 2 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) itu

Dengan adanya fun run ini, RunnerMu berharap agar Milad ‘Aisyiyah makin meriah dan masyarakat makin memiliki gaya hidup sehat.

“Khususnya warga Muhammadiyah bisa punya kebiasaan hidup sehat dan bahagia. Muhammadiyah sebagai ormas yang punya rumah sakit terbanyak harus menjadi pelopor hidup sehat. Olahraga adalah menjaga amanah dari tubuh yang dititipkan Allah kepada manusia,” tandas Huda.

Selain itu, fun Run Milad 107 tahun 'Aisyiyah juga mendapatkan pengamanan dari KOKAM yang berjumlah 30 orang. Mereka dengan sigap mengawal para peserta agar aman saat berada berlari. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here