News

News

MediaMU.COM

Jun 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Syauqi Soeratno Sambangi Jamaah Lansia di Day Care PRA Perumnas Condongcatur

SLEMAN - Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M. kembali melakukan kegiatan Sambang Desa. Kali ini beliau berkunjung ke Depok, Sleman, tepatnya di Gedung Day Care Lansia Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) Perumnas Condongcatur, pada Rabu (13 Rabiul Akhir 1445 H bertepatan 25 Oktober 2023), pukul 13.00 WIB. Kedatangan Syauqi disambut hangat oleh segenap anggota Day Care Lansia dan Tim Pemenangan Cabang dan Ranting.

Kepada para jamaah yang hadir, Syauqi menjelaskan bahwa ditunjuknya sebagai Calon Anggota DPD RI dalam rangka melaksanakan amanah Musyawarah Pimpinan Wilayah Khusus (Musypimwilsus) Muhammadiyah DI Yogyakarta pada 17 Juli 2022 sekaligus melanjutkan perjuangan M. Afnan Hadikusumo yang sudah 3 periode di DPD RI. 

Maka, sejak saat itu Syauqi bersama tim melakukan silaturahim dan konsolidasi ke berbagai titik di DIY untuk mengenalkan dan mensosialisasikan dirinya sebagai representasi dari Muhammadiyah pada pemilihan DPD RI, baik kepada segenap warga persyarikatan dan masyarakat umum. Hingga saat ini, sudah ada 389 titik yang disambangi Syauqi sejak Januari 2023.

"Tantangan dakwah persyarikatan di era sekarang, tidak bicara amal usaha, melainkan di politik. Kenapa ini penting? Bahwa perjuangan umat islam saat ini, tantangan besarnya pada umatnya yang lemah, karena tidak mau duduk bersama dan konsolidasi," ujarnya. 

Menurutnya, politik mengatur kehidupan manusia. Terlebih di Indonesia, keputusan politik turut mempengaruhi pola hidup dan aktivitas masyarakat, salah satunya terkait harga kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, menjadi sebuah kesalahan jika Muhammadiyah tetap diam, sementara yang lain justru bergerak. 

Muhammadiyah pun sadar akan hal itu dan sekarang secara bertahap mulai memperbaiki pola gerakannya di dunia politik. Salah satunya, dengan memasukkan sebanyak-banyaknya kader persyarikatan dalam pemerintahan, terutama di legislatif untuk bisa me-review undang-undang dan peraturan daerah. Sehingga, ini menjadi bukti bahwa Muhammadiyah adalah rumah besar bangsa Indonesia

Di hadapan para jamaah pula, Syauqi berharap agar warga persyarikatan Muhammadiyah diberikan bekal yang cukup dalam memahami dunia politik, terutama saat menerima informasi di media sosial dan grup WhatsApp agar tidak termakan hoax. 

Pada kesempatan ini, Syauqi berpesan agar warga persyarikatan untuk mendukung kader-kader Muhammadiyah yang berada di partai politik manapun. Selain untuk mendukung diaspora kader, ini sebagai upaya untuk memasukkan nilai-nilai Muhammadiyah ketika berada di partai. 

"Seperti yang dipesankan pak Haedar Nashir (Ketua Umum PP Muhammadiyah), jadilah petugas persyarikatan di partai, bukan petugas partai di Muhammadiyah. Bawa nilai utama dan mulia Muhammadiyah di partai maupun jabatan publik. Tetapi, jangan bawa kultur partai ke Muhammadiyah," jelas Bendahara Umum PP Tapak Suci Putera Muhammadiyah itu. 

Tak hanya itu, Syauqi juga berpesan kepada jamaah untuk senantiasa menghindari money politic dan mensyiarkan dakwah anti politik uang. "Bersihkan hati, jangan isi dompet kita dengan uang semacam itu. Semoga iman Islam kita dijaga oleh Allah," tandasnya. 

Kegiatan Sambang Desa di Day Care Lansia PRA Perumnas Condongcatur ini turut dihadiri Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Depok H. Muhammad Ichsan, S.E., M.M. beserta jajaran, Ketua PRA Perumnas Condongcatur Noeryani Nadjib, Pengurus Day Care Lansia Masunah Syakir, hingga para jamaah dan warga sekitar. Kegiatan ini turut semarak dengan penampilan dari Tim Angklung dari para jamaah senior di 'Aisyiyah School Day Care Lansia. 

"Terima kasih menunjuk tempat ini sebagai ajang silaturahmi. Acara ini sebagai usaha kita untuk bagaimana memilih pemimpin yang memihak kepada perjuangan umat islam," ucap Masunah dalam sambutannya. 

Bahkan, ia terharu dengan kehadiran Syauqi karena sudah mengetahui sepak terjangnya sejak lama. Sehingga, Masunah berharap pencalonan ini menjadi momentum menyusun persatuan umat

"Mudah-mudahan Allah mendengar doa kita, mensukseskan Syauqi sebagai DPD RI mewakili Muhammadiyah DIY. Dan kita akan mendapatkan pemimpin yang mengikuti jejak Rasulullah SAW, sidiq, amanah, tabligh, fathonah," pungkasnya.


Senada dengan Masunah, Ketua PRA Perumnas Condongcatur Noeryani Nadjib turut menyambut kedatangan Syauqi di Day Care Lansia pada kegiatan Sambang Desa ini. Tak lupa juga, ia mengajak jamaah senior yang hadir serta warga sekitar untuk memilih Syauqi Soeratno pada Pemilu 2024 nanti. 

"Sebuah kehormatan bisa ditunjuk sebagai lokasi sambang desa. Maka, jangan lupa buat semuanya, coblos pak Syauqi pada pemilu nanti," ajaknya. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here