News

News

MediaMU.COM

May 9, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

Selenggarakan Rakerpim, PC IMM AR Fakhruddin Sampaikan Maklumat Ikatan

PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta periode 2023-2024. Foto: Dok. PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta

SLEMAN - Mengawali periode 2023-2024, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah AR Fakhruddin Kota Yogyakarta periode 2023-2024 menyelenggarakan Rapat Kerja Pimpinan atau Rakerpim, pada Ahad (25/2).

Bertempat di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Rakerpim diselenggarakan dalam rangka konsolidasi, dan sinkronasi orientasi program kerja pimpinan. Selain itu pada RAKERPIM kali ini, pimpinan juga coba menetapkan isu strategis yang akan menjadi garapan pimpinan periode ini.

Pembahasan isu strategis dilakukan setelah pembahasan program kerja pimpinan. Pada pembahasan isu strategis ini bertujuan untuk memasang sebuah rel gerakan sosial PC IMM AR Fakhruddin. Hal tersebut berangkat dari kesadaran bahwa perlunya sebuah gerakan yang memiliki kecakapan penyusunan isu berbasis Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound (SMART).

Setelah melalui diskusi yang panjang, pada akhirnya isu strategis yang akhirnya ditetapkan oleh pimpinan periode ini adalah isu terkait sampah. Kemudian, setelah pembahasan isu pimpinan periode ini, pimpinan membahas bagaimana sikap PC AR Fakhruddin dalam menyabut momentum Muktamar ke-20. 

Pada Rakerpim kali ini, Muhammad Hakam Biqy selaku Ketua Umum PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta menegaskan beberapa hal. Pertama, spirit perjuangan IMM senantiasa digelorakan disetiap kader untuk melakukan perubahan ke arah yang jauh lebih baik.

Kedua dalam Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) tentu selain sebagai penyampaian rancangan gagasan program kerja selama satu periode kedepan, konsolidasi dan sinkronasi orientasi program kerja sebagai penyelarasan ikatan.

Ketiga, menelisik kondisi bangsa saat ini yang jauh dari idealisme kebangsaan tentu menimbulkan berbagai pandangan perihal pelanggaran etika, akhlak, moral, dan norma-norma luhur bangsa yang telah kita rawat hingga saat ini. 

Dalam kesempatan ini, PC IMM AR Fakhruddin mengeluarkan “Maklumat Ikatan” dalam menyambut momentum Muktamar ke-20. Maklumat ini ialah sebuah seruan ikhtiar dalam rangka menjaga keutuhan persyarikatan dan bangsa. Isinya adalah:

  1. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sebagai organisasi pergerakan harus menjaga independensi dalam menjalankan tugasnya untuk menjadi agen pengontrol kekuasaan sesuai prinsip – prinsip yang telah ditegaskan oleh ikatan dan persyarikatan.
  2. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah harus mampu merawat tradisi, nilai, dan etos organisasai serta membuka peluang inovasi gerakan dalam rangka menjawab tantangan zaman yang semakin dinamis untuk memastikan keberlangsungan hidup ikatan di masa depan.
  3. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sudah seharusnya dapat menjadi pelopor dalam Gerakan Jihad Ekologis sebagai bentuk ikhtiar menjaga keseimbangan antara Tuhan, Manusia, dan Alam Semesta demi peradaban yang lebih gemilang di masa depan.
  4. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah perlu untuk merumuskan strategi pendiasporakan para kader – kadernya dalam ranah keummatan, kebangsaan, kemanusiaan, dan peryarikatan sesuai dengan landasan dan tuntunan organisasi.
  5. Dalam agenda Muktamar XX, setidaknya ada tiga kepentingan yang harus dibawa oleh setiap delegasi; a) Kepentingan Moral untuk menjaga marwah organisasi dan menjalin silaturahmi sesame kader, b) Kepentingan Intelektual untuk melahirkan gagasan untuk ikatan dan berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam setiap lini kehidupan, dan c) Kepentingan Politik setiap delegasi yang harus dijalankan dengan berkeadaban, ber- fastabiqul khairat, dan penuh keteladanan.  

Hal ini berangkat dari peran IMM sebagai salah satu elemen penjaga nilai-nilai kebangsaan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang mestinya senantiasa berperan aktif dalam mengawal kehidupan berdemokrasi guna mengikhtiarkan kembali spirit komitmen kebangsaan. Maklumat tersebut adalah sikap PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta sebagai bentuk tanggungjawab moral dalam menjaga stabilitas persyarikatan dan bangsa. 

Berikutnya, setelah agenda Rakerpim, PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta berencana akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Cabang atau Rakorcab dengan pimpinan komisariat guna mensosialisasikan orientasi program kebijakan dan program kerja yang sudah diputuskan dalam Rakerpim kali ini. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari  Sutopo Ibnoris, Sekretaris Bidang RPK PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here