News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Optimisme PCM Kotagede 2022-2027 Usai Dikukuhkan

YOGYA – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kotagede telah resmi dikukuhkan pada Kamis (15 Shafar 1445 H bertepatan 31 Agustus 2023) malam pukul 20.00 WIB di Pendopo Kemantren Kotagede, Yogyakarta. Pada acara ini, seluruh pimpinan dan struktur baru Muhammadiyah Kotagede telah sah dikukuhkan untuk menjalankan amanah di periode 2022-2027.

 

Ketua PCM Kotagede periode 2015-2022, Darwinto Nawawi turut mengucapkan selamat kepada pimpinan dan anggota PCM Kotagede 2022-2027 yang akan mengemban amanah. PCM Kotagede diharapkan bisa melanjutkan hubungan harmonis dengan pemerintah setempat yang selama ini sudah terjalin.

“Semoga harmonisnya hubungan antara ulama dan umara di Kotagede ini bisa diteruskan. Syukur-syukur ditingkatkan,” kata Darwinto.

Selepas sambutan Darwinto, acara memasuki prosesi pelantikan PCM Kotagede yang dilakukan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Yogyakarta. Aris Madani, S.Pd.I., selaku Ketua PDM Yogyakarta, mengukuhkan pimpinan dan struktur baru untuk periode 2022-2027.

“Saatnya gunakan keahlian, ilmu, tenaga, dan waktu panjenengan untuk bisa melaksanakan amanat dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Aris Madani di amanatnya usai pengukuhan PCM Kotagede 2022-2027.

Dalam struktur terbaru, Muhammad Hatta diangkat sebagai Ketua PCM Kotagede periode 2022-2027, menggantikan Darwinto Nawawi selaku ketua periode sebelumnya.

Sementara itu, posisi Sekretaris diisi oleh Arifin Hafidz, ditemani oleh 2 wakil sekretaris, yaitu Taufik Ismail dan Yogi Jatmikanto. Bendahara PCM Kotagede 2022-2027 kali ini memuat nama Muh. Zunan Arief, sedangkan Bajriyanto jadi wakil bendahara.

Selain PCM Kotagede, prosesi pengukuhan juga digelar untuk mengukuhkan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kotagede serta ketua Majelis dan Lembaga PCM Kotagede.

Ketua PCM Kotagede periode 2022-2027, Muhammad Hatta menyebut bahwa amanah ini merupakan suatu tanggung jawab yang harus dilakukan sebaik-baiknya. Apalagi, nama baik Kotagede telah dikenal di kancah Muhammadiyah, minimal di tingkat kota.

“Kotagede dikenal sebagai gudangnya orang-orang Muhammadiyah yang hebat. (Karena) dari awal dulunya hebat, sekarang menjadi pemikiran bahwa saya juga harus melanjutkan kehebatan para pendahulu,” ujar Hatta.

Dengan fakta tersebut, Hatta juga meminta doa dari para kolega dan senior agar bisa mengemban amanah sebagai ketua PCM Kotagede. Dakwah amar ma’ruf nahi munkar juga tak bisa dilepaskan dari tuntunan dan arahan agama Islam, di samping dukungan antar sesama.

Optimisme dimiliki Muhammad Hatta untuk masa depan Muhammadiyah di Kotagede. Sejak Musyawarah Cabang (Musycab) dilaksanakan, ia melihat kecenderungan generasi muda yang mulai banyak bergabung ke Muhammadiyah. Mereka datang dengan penuh semangat dan potensinya.

“Kemudian, tampaknya komposisinya cukup lengkap. Tentunya kita butuh pemikir dan pelaksana. Nampaknya, kedua hal itu ada (di PCM Kotagede). Bahkan, pemikir sekaligus pelaksana juga banyak,” papar Hatta.

“Teman-teman kita insya Allah semuanya ikhlas untuk bekerja bersama di persyarikatan ini. Sehingga, menurut pemikiran saya, mudah-mudahan ke depan kita akan semakin baik,” imbuhnya.

Baginya, kerja yang dimaksud tidak sekadar memperbaiki organisasi, melainkan juga membenahi pribadi masing-masing. Pasalnya, Muhammadiyah diharapkan bisa menjadi tuan rumah di Kotagede, baik sebagai pelayan maupun contoh yang baik untuk generasi junior dan senior.

“Muhammadiyah itu kan jelas organisasi masyarakat yang hubungannya langsung dengan agama. Mari kita memperbaiki keber-agama-an, baik di dalam amaliyah kita sehari-hari maupun ketika kita beragama membawa diri kita di masyarakat,” jelas Hatta.

Acara pelantikan PCM Kotagede 2022-2027 dihadiri sejumlah organisasi otonom Muhammadiyah, seperti Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Hizbul Wathan, Tapak Suci, Amal Usaha Muhammadiyah Kotagede, dan perwakilan ranting Muhammadiyah di Kotagede. Selain itu, terdapat pula Komaru Ma’arif selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, beserta Kapolsek, Danramil, dan Kepala KUA Kotagede. (*)

 

Berita ini diterima mediamu.com dari Yasin (MPI PCM Kotagede)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here