News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Bertemu PM Malaysia, Muhammadiyah Canangkan Banyak Kerjasama

JAKARTA — Bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir sampaikan tahniah Hari Kemerdekaan Malaysia.

Selain itu, Haedar juga berterima kasih karena sudah diberikan izin mendirikan perguruan tinggi di Malaysia.

Sebagaimana diketahui, Persyarikatan Muhammadiyah memiliki perguruan tinggi Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) di Perlis, Malaysia.

Haedar tidak memungkiri peran Sri Anwar Ibrahim atas terbitnya izin pendirian UMAM di Malaysia. Bahkan, Haedar menyebut peran Dato Sri Anwar Ibrahim atas UMAM sejak sebelum dia menjadi Perdana Menteri Malaysia.

Haedar juga memohon izin, sesuai regulasi untuk mendirikan sekolah Muhammadiyah di samping TK yang sudah ada di Malaysia atau Kuala Lumpur. “Di samping kita mempunyai Muhammadiyah Australia Collage, tentu kami juga akan mendirikan sekolah Muhammadiyah di Malaysia,” ungkap Haedar seusai pertemuan pada Senin (19 Shafar 1445 H bertepatan 4 September 2023) di Jakarta.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut PP Muhammadiyah juga menyampaikan dukungan agar Muhammadiyah meningkatkan mitra di Malaysia.

Haedar berharap, selain menjalin kerjasama dengan pemerintah, Muhammadiyah juga akan membangun sinergi dengan swasta di negeri Jiran tersebut.

“Termasuk dalam program ekonomi, di mana ini termasuk problem besar umat Islam di Indonesia, Malaysia maupun di negara-negara ASEAN,” sambung Haedar.

Menurutnya, hal itu sebagai titik awal umat Islam sebagai yang terbaik dan memberikan kebaikan bagi semesta.

Ikatan baik yang terbangun antara Muhammadiyah dengan Dato Sri Anwar Ibrahim, kata Haedar, sudah terjalin sejak lama. “Sebelum jadi Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Anwar Ibrahim merupakan aktivis pergerakan Islam yang akrab dengan Muhammadiyah dan tokoh-tokohnya,” terang Haedar.

Berangkat dari kedekatan sejarah dan pemikiran tersebut, Haedar berharap ke depan antara Pemerintah Indonesia dengan Malaysia bisa saling mendukung untuk back-up peran dan movement dari kaum muslim Indonesia-Malaysia. “Agar bertumbuh jadi kekuatan elaboratif, kolaboratif dan kohesif,” kata Haedar.

Menurutnya, kita juga perlu menyambung matarantai gerakan Islam muda modernis agar Islam Malaysia dan Islam Indonesia terus bersambung. “Untuk memainkan peran muslim muda Indonesia-Malaysia menyambut masa depan bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, menyambut KTT ASEAN, Muhammadiyah berharap Indonesia-Malaysia bisa saling menguatkan sinergi dan kolaborasi.

Poros Indonesia-Malaysia diharapkan menjadi kekuatan kohesif di Asia Tenggara dan di tingkat global sehingga mendorong pergerakan di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan sebagai kekuatan penting bagi bangsa-bangsa.

Sebagai negara dengan kekuatan Islam terbesar di dunia, Indonesia dan Malaysia juga diharapkan menjadi kekuatan yang berperan dalam menciptakan persatuan dan perdamaian global.

Bersama dengan negara-negara Islam lain seperti Turki, diharapkan negara-negara Muslim ini menjadi kekuatan alternatif dan kolaboratif dengan bangsa dan negara lain di tengah perkembangan geopolitik yang kompleks.

Karena, dunia memerlukan sumber nilai agama. Dalam hal ini Islam sebagai rahmatan lil alamin sebagai kekuatan yang mendamaikan, mempersatukan dan yang memajukan kehidupan. Lebih dari sekadar persaingan politik, ekonomi global.

“Saya pikir kekuatan paradigma muslim bisa menjadi kekuatan baru,” kata Haedar.

Haedar bersyukur atas semua yang disampaikan tersebut. Dan Dato Sri Anwar Ibrahim merespon positif. Bahkan, dalam pertemuan tersebut Dato juga mengenang perjumpaannya dengan tokoh-tokoh Muslim Indonesia.

Dato juga mengapresiasi gerakan poros kaum muda Indonesia-Malaysia untuk berkolaborasi. Dan Muhammadiyah diharapkan Dato untuk mengambil prakarsa melalui pelatihan dan aktivitas lainnya.

Muhammadiyah, memang diharapkan oleh yang Mulia untuk menjadi katalisator dalam mengambil prakarsa, menyatukan dan membangun kolaborasi kaum muda Indonesia dan Malaysia.

“Dan untuk peran dunia Islam tentu memerlukan kebersamaan dengan negara-negara Muslim dan Malaysia memang melakukannya dengan bertahap. Saya pikir, memang tidak bisa dengan tergesa-gesa, tetapi perlu sistemik yang berkelanjutan,” tandas Haedar.

Setelah pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan selanjutnya di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk membahas kolaborasi, kerjasama dan komunikasi antara Muhammadiyah dengan Malaysia. (*)

Sumber berita dari Humas PP Muhammadiyah Yogyakarta

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here