News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Bantu Atasi Darurat Sampah Yogyakarta, PWM D.I. Yogyakarta Bersama Ortom Canangkan Program Gerakan Sedekah Sampah

YOGYAKARTA-Merespon masalah sampah yang kian hari kian gawat di Yogyakarta, imbas penutupan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan,  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta bersama Organisasi Otonom Muhammadiyah canangkan program Gerakan Sedekah Sampah (GSS). Gerakan ini dalam tahap pembahasan setelah sebelumnya dilakukan rapat koordinasi pada Rabu (6/9) di Kebun Dakwah Muhammadiyah. 

 

Selain sebagai upaya membantu penanganan masalah darurat sampah di Yogyakarta, Gerakan sedekah sampah juga dicanangkan untuk jangka panjang dan sebagai upaya  sinergitas antara lembaga dalam Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di wilayah D.I. Yogyakarta. Selain itu, Gerakan ini bertujuan juga untuk mengembangkan semangat Ta’awun antar lembaga dalam AUM tersebut. 

 

Rencana besar porgram ini, dikoordinatori oleh Ananto Isworo, S. Ag. selaku ketua Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah PWM D.I. Yogyakarta. rencananya akan dimulai dari sekolah Muhammadiyah yang akan dijadikan pilot program. Beberapa sekolah tersebut nantinya akan dipilih oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM D.I. Yogyakarta untuk kemudian disuplai kebutuhan program oleh Lazizmu PWM D.I. Yogyakarta.

 

Nantinya, setelah berjalan, program ini akan merambah pada lembaga AUM yang lain. Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Muhammadiyah akan mensosialisasikan program ini ke cabang dan ranting, serta mencari dan memilah masjid yang akan dijadikan pilot program. Tempat-tempat sasaran program dipilih berdasar dari kedaruratan sampah imbas TPST Piyungan. Selanjutnya, semua organisasi otonom di wilayah D.I. Yogyakarta akan mensosialisasikan gerakan ini ke binaan dan basis gerakannya.

 

Dalam rapat koordinasi yang berlangsung sore hari tersebut, ditentukan juga target capaian dari program Gerakan Sedekah Sampah ini. Paling tidak, ada tiga target awal yang akan dicapai dimulai dari terlaksananya program ini secara optimal dan terorganisir. Jika tercapai harapannya Gerakan Sedekah Sampah bisa ada di seluruh lembaga AUM se D.I. Yogyakarta. Terakhir, jika program Gerakan Sedekah Sampah sudah dilaksanakan di seluruh lembaga AUM se-DIY maka harpannya sarana dan prasarana pendidikan terpenuhi dari hasil gerakan ini. 

 

Berita ini diterima mediamu.com dari press release Rapat Koordinasi Gerakan Sedekah Sampah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here