News

News

MediaMU.COM

Jun 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dalam Rakornas Pesantren Muhammadiyah se-Indonesia 2023, LPP Muhammadiyah Umumkan Enam Program Unggulan Terbaru

SURAKARTA-Dalam rangka memajukan Pesantren-Mu, Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Muhammadiyah umumkan program unggulan terbaru. Pengumuman itu disampaikan dala rangkaian acara Rapat Koordinasi Pesantren Muhammadiyah Se-Indonesia (Rakornas) 2023 dari hari Jumat-Ahad (1-3/9) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalam perancangan program-program unggulan tersebut, LPP Muhammadiyah melibatkan berbagai inisiatif penting dan pemikiran-pemikiran matang untuk memperkuat pesantren sebagai basis kaderisasi ulama yang berkualitas dan siap menghadapi dan menjawab tantangan zaman.

Enam program unggulan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Ustaz/ah Pesantren Muhammadiyah (PUPM):

Program PUPM berfokus pada pemberian beasiswa kepada calon pemimpin Muhammadiyah yang bersedia menjadi pendidik di pesantrenMu. PUPM akan berkolaborasi dengan program S1 yang berfokus pada keilmuan Keislaman. Saat ini, program serupa telah diterapkan di Universitas Muhammadiyah Makassar melalui kerjasama dengan Ma’had al-Bir. Di samping itu, beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) lain seperti UM Malang, UMS, dan Universitas Muhammadiyah Lampung juga telah menunjukan kesiapannya untuk melaksanakan program PUPM.

  1. Beasiswa Kader Muhammadiyah di Timur Tengah:

Program ini memberikan kesempatan beasiswa kepada kader Muhammadiyah yang sedang mengenyam pendidikan di wilayah Timur Tengah, terutama Mesir. Nantinya, setelah pendidikan mereka selesai, mereka diwajibkan mengajar di PesantrenMu sebagai kontribusi dan bentuk timbal balik atas bantuan yang mereka terima dari Muhammadiyah.

 

  1. Pelatihan Manajemen untuk Calon Mudir/Direktur PesantrenMu:

Tujuan utama program ini adalah peningkatan kualitas menejemen dan pengelolaan PesantrenMu oleh kader. Harapannya PesantrenMu akan menjadi lebih maju dan berkembang karena dikelola dengan menejerial yang profesional dan modern.

  1. Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI):

Program ini nantinya akan membantu meningkatkan kualitas pendiidkan dan layanan yang ada di PesantrenMu. Dengan SPMI, standar mutu internal dari PesantrenMu akan selalu terjaga dan ditingkatkan.

  1. Penguatan Keterampilan Bahasa Asing, Terutama Bahasa Arab:

Program pengutan bahasa ini disiapkan dalam menghadapi tantangan global, karena dalam perkembangannya kebutuhan akan kemampuan berbahasa, terutama bahasa Arab, menjadi penting dan perlu. Program ini dapat membantu PesantrenMu dalam membentuk meningkatkan keterampilan berbahasa kader Muhammadiyah, memperluas wawasan, serta menguatkan komunikasi.

  1. Pengembangan Pesantren Model:

Dalam mengembangkan institusi pesantren, LPP Muhammadiyah juga membuka kemungkinan untuk mengembangkan pesantren model. Di antaranya seperti Pesantren Trensains, Pesantren Agribisnis, Pesantren Entrepreneur, Pesantren Tafaqquh Fiddin, dan Pesantren Laboratorium PTMA. Ini akan memberikan variasi pendidikan yang lebih luas dan relevan bagi generasi pesantrenMu.

Harapannya program-program unggulan ini bisa memberikan dorongan besar dalam mengembangkan pesantrenMu sebagai pusat kaderisasi ulama yang mampu menjawab tuntutan zaman. LPP Muhammadiyah yakin bahwa dengan komitmen kuat dan kolaborasi dari seluruh pesantrenMu, Muhammadiyah akan semakin berperan aktif dalam pembangunan pendidikan dan dakwah Islam di Indonesia.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan judul Lembaga Pesantren PP Muhammadiyah Perkenalkan Program Unggulan Dalam Rakornas 2023

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here