News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

FGD Dikdasmen PNF DIY untuk Gali Potensi Keunggulan Sekolah Muhammadiyah

YOGYA – Diskusi publik dan Focus Group Discussion (FGD) Forum dengan tema “Menggali Potensi
Keunggulan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah” digelar Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non
Formal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (3 Safar 1445 H bertepatan 19 Agustus 2023) di Grand Rohan Syariah Yogyakarta, Jl. Raya Janti, Gedongkuning.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, pendidikan menjadi salah satu faktor kunci dalam menjamin masa depan yang cerah bagi generasi muda.

“Pendidikan berkualitas
menjadi harapan semua orang, baik bagi siswa, orang tua maupun masyarakat luas,” kata Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, Achmad Muhamad, M.Ag.

Dalam konteks ini, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia juga berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan.

Muhammadiyah, dengan warisan nilai-nilai Islam yang kuat, memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan unggul dan berkualitas bagi masyarakat.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut Muhammadiyah menyadari pentingnya pembentukan sekolah yang dapat menjadi pusat pendidikan
unggul, mencakup semua aspek kehidupan siswa, baik akademik maupun karakter.

Diskusi publik dan FGD pengembangan sekolah Muhammadiyah unggul ini diadakan sebagai wadah mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, termasuk para ahli, pendidik, tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan
pendidikan di Indonesia.

Tujuan FGD untuk mendiskusikan konsep dan strategi pembentukan sekolah Muhammadiyah unggul yang akan menjadi model pendidikan unggul berfokus pada akademik, karakter dan keislaman.

Peserta berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan dalam rangka mewujudkan sekolah unggul sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah.

Mereka berdiskusi tentang kurikulum yang relevan, metode pengajaran yang inovatif serta pengembangan karakter siswa yang kuat berdasarkan nilai-nilai Islam.

Melalui FGD ini, diharapkan terbentuk pemahaman lebih baik tentang bagaimana mendesain dan mengelola sekolah Muhammadiyah unggul yang efektif dan berdaya saing.

Hasil dari diskusi dan masukan para peserta FGD menjadi landasan dalam merancang program pendidikan yang holistik dan berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan adanya FGD, Muhammadiyah
dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang memiliki pengetahuan yang luas,
karakter yang kuat serta semangat beragama yang tinggi.

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa dan Muhammadiyah berkomitmen terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan.

Tujuan kegiatan ini secara umum adalah membahas dan menganalisis potensi unggul dalam pendidikan Muhammadiyah.

Secara khusus yang diharapkan adalah menelaah secara kritis dan evaluatif sistem pendidikan yang telah dikembangkan oleh Muhammadiyah, memetakan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Muhammadiyah dalam implementasi pendidikan selama ini, mengidentifikasi potensi keunggulan sekolah Muhammadiyah dan upaya pengembangannya serta memetakan berbagai masukan dan pendapat ahli tentang drafting peta jalan “Roadmap Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Unggul”. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here