News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

FGD Dikdasmen PNF DIY untuk Gali Potensi Keunggulan Sekolah Muhammadiyah

YOGYA – Diskusi publik dan Focus Group Discussion (FGD) Forum dengan tema “Menggali Potensi
Keunggulan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah” digelar Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non
Formal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (3 Safar 1445 H bertepatan 19 Agustus 2023) di Grand Rohan Syariah Yogyakarta, Jl. Raya Janti, Gedongkuning.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, pendidikan menjadi salah satu faktor kunci dalam menjamin masa depan yang cerah bagi generasi muda.

“Pendidikan berkualitas
menjadi harapan semua orang, baik bagi siswa, orang tua maupun masyarakat luas,” kata Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, Achmad Muhamad, M.Ag.

Dalam konteks ini, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia juga berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan.

Muhammadiyah, dengan warisan nilai-nilai Islam yang kuat, memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan unggul dan berkualitas bagi masyarakat.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut Muhammadiyah menyadari pentingnya pembentukan sekolah yang dapat menjadi pusat pendidikan
unggul, mencakup semua aspek kehidupan siswa, baik akademik maupun karakter.

Diskusi publik dan FGD pengembangan sekolah Muhammadiyah unggul ini diadakan sebagai wadah mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, termasuk para ahli, pendidik, tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan
pendidikan di Indonesia.

Tujuan FGD untuk mendiskusikan konsep dan strategi pembentukan sekolah Muhammadiyah unggul yang akan menjadi model pendidikan unggul berfokus pada akademik, karakter dan keislaman.

Peserta berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan dalam rangka mewujudkan sekolah unggul sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah.

Mereka berdiskusi tentang kurikulum yang relevan, metode pengajaran yang inovatif serta pengembangan karakter siswa yang kuat berdasarkan nilai-nilai Islam.

Melalui FGD ini, diharapkan terbentuk pemahaman lebih baik tentang bagaimana mendesain dan mengelola sekolah Muhammadiyah unggul yang efektif dan berdaya saing.

Hasil dari diskusi dan masukan para peserta FGD menjadi landasan dalam merancang program pendidikan yang holistik dan berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan adanya FGD, Muhammadiyah
dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang memiliki pengetahuan yang luas,
karakter yang kuat serta semangat beragama yang tinggi.

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa dan Muhammadiyah berkomitmen terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan.

Tujuan kegiatan ini secara umum adalah membahas dan menganalisis potensi unggul dalam pendidikan Muhammadiyah.

Secara khusus yang diharapkan adalah menelaah secara kritis dan evaluatif sistem pendidikan yang telah dikembangkan oleh Muhammadiyah, memetakan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Muhammadiyah dalam implementasi pendidikan selama ini, mengidentifikasi potensi keunggulan sekolah Muhammadiyah dan upaya pengembangannya serta memetakan berbagai masukan dan pendapat ahli tentang drafting peta jalan “Roadmap Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Unggul”. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here