News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

FGD Dikdasmen PNF DIY untuk Gali Potensi Keunggulan Sekolah Muhammadiyah

YOGYA – Diskusi publik dan Focus Group Discussion (FGD) Forum dengan tema “Menggali Potensi
Keunggulan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah” digelar Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non
Formal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (3 Safar 1445 H bertepatan 19 Agustus 2023) di Grand Rohan Syariah Yogyakarta, Jl. Raya Janti, Gedongkuning.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, pendidikan menjadi salah satu faktor kunci dalam menjamin masa depan yang cerah bagi generasi muda.

“Pendidikan berkualitas
menjadi harapan semua orang, baik bagi siswa, orang tua maupun masyarakat luas,” kata Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY, Achmad Muhamad, M.Ag.

Dalam konteks ini, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia juga berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan.

Muhammadiyah, dengan warisan nilai-nilai Islam yang kuat, memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan unggul dan berkualitas bagi masyarakat.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut Muhammadiyah menyadari pentingnya pembentukan sekolah yang dapat menjadi pusat pendidikan
unggul, mencakup semua aspek kehidupan siswa, baik akademik maupun karakter.

Diskusi publik dan FGD pengembangan sekolah Muhammadiyah unggul ini diadakan sebagai wadah mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, termasuk para ahli, pendidik, tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan
pendidikan di Indonesia.

Tujuan FGD untuk mendiskusikan konsep dan strategi pembentukan sekolah Muhammadiyah unggul yang akan menjadi model pendidikan unggul berfokus pada akademik, karakter dan keislaman.

Peserta berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan dalam rangka mewujudkan sekolah unggul sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah.

Mereka berdiskusi tentang kurikulum yang relevan, metode pengajaran yang inovatif serta pengembangan karakter siswa yang kuat berdasarkan nilai-nilai Islam.

Melalui FGD ini, diharapkan terbentuk pemahaman lebih baik tentang bagaimana mendesain dan mengelola sekolah Muhammadiyah unggul yang efektif dan berdaya saing.

Hasil dari diskusi dan masukan para peserta FGD menjadi landasan dalam merancang program pendidikan yang holistik dan berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan adanya FGD, Muhammadiyah
dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang memiliki pengetahuan yang luas,
karakter yang kuat serta semangat beragama yang tinggi.

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa dan Muhammadiyah berkomitmen terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan.

Tujuan kegiatan ini secara umum adalah membahas dan menganalisis potensi unggul dalam pendidikan Muhammadiyah.

Secara khusus yang diharapkan adalah menelaah secara kritis dan evaluatif sistem pendidikan yang telah dikembangkan oleh Muhammadiyah, memetakan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Muhammadiyah dalam implementasi pendidikan selama ini, mengidentifikasi potensi keunggulan sekolah Muhammadiyah dan upaya pengembangannya serta memetakan berbagai masukan dan pendapat ahli tentang drafting peta jalan “Roadmap Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Unggul”. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here