News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Menabung 10 Ribu Tiap Hari, Masyarakat Batur Bisa Kurban Ratusan Sapi dan Kambing

Proses pemotongan hewan kurban oleh panitia Iduladha Desa Krajan, Batur, Banjarnegara. Foto: Dok. Fahrizal

BANJARNEGARA - Antusiasme umat Islam dalam menyambut hari raya Iduladha selalu luar biasa setiap tahunnya. Khususnya, segenap warga Muhammadiyah Cabang Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, turut serta dalam melaksanakan perayaan Iduladha tahun 1445 H.

Seperti di pelaksanaan Iduladha sebelumnya, masyarakat Batur tampak antusias menyambut hari raya yang kerap disebut dengan Idul Qurban itu. 

Sekadar informasi, daerah Batur di Banjarnegara pernah mencuri perhatian kala itu, dimana sebagian warganya yang merupakan buruh petani, pada Iduladha tahun lalu mampu berkurban sebanyak 73 ekor sapi dan 254 ekor kambing. Tak tanggung-tanggung, dari kurban itu menghasilkan 75 ton daging dan dibagikan kepada warga yang membutuhkan. 

Untuk tahun 2024, jumlah hewan kurban pada tahun ini mencapai 364 ekor. Dengan rincian, sapi sebanyak 73 ekor dan kambing terdapat 291 ekor. shohibul qurban yang berpartisipasi sebanyak 775 orang dan jumlah kepala keluarga mencapai 1.484 orang. 

“Alhamdulillah, (antusiasme warga) luar biasa, tiap tahunnya meningkat, terutama dari jumlah shohibul qurban dan hewan qurban itu sendiri,” kata Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batur, Ahmad Hidayatusibyan. 

Banyaknya shahibul qurban di sini dikarenakan para warga rajin menabung secara khusus untuk kurban. Bagi setiap warga yang ingin kurban, mereka menabung Rp10.000 setiap harinya, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Setelahnya, uang tabungan tersebut dikumpulkan dalam waktu 10 bulan untuk dibelikan hewan kurban. 

Setelah kurban, daging-daging tentunya dibagikan ke warga sekitar dan sebagian ke luar daerah, seperti Cilacap, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo, Temanggung sampai ke Magelang hingga Batang dan Pekalongan. 

Mewakili segenap panitia kurban, Ahmad berharap melalui momentum kurban ini, ke depannya beberapa pihak yang mengajukan proposal untuk daging bisa berkurban secara mandiri. 

“Jadi itu sebagai pendidikannya, tidak cuma minta ke kami terus. Tapi semoga untuk tahun-tahun depan mereka sudah bisa kurban sendiri dan sudah bisa kurban mandiri semua,” harapnya. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here