News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Jogja Takbir Festival Hadir Kembali dengan Syiar Perdamaian

Salah satu peserta Jogja Takbir Festival (JT Fest) 2024 menampilkan display dengan bendera Palestina. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Gema takbir di DI Yogyakarta masih berlanjut di suasana hari raya Iduladha tahun 1445 H. Kali ini di Kota Yogyakarta, event akbar tahunan Jogja Takbir Festival (JT Fest) hadir kembali di tahun ini, digelar Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Yogyakarta, hari Rabu (19/6).

JT Fest 2024 ini diikuti oleh 14 peserta, perwakilan dari hampir seluruh Kemantren atau Kecamatan di Kota Yogyakarta. Seluruh peserta di sini tampak saling menampilkan display-display menariknya di hadapan para penonton yang menyaksikannya.

Adapun tema yang diangkat pada tahun ini adalah "Syiar Islam dalam Syair Perdamaian (Save Palestine)". Tema ini memang diangkat sebagai wujud seruan kemanusiaan dari Kota Yogyakarta untuk menggaungkan pesan perdamaian ke seluruh dunia, termasuk mendukung Palestina untuk mendapatkan haknya sebagai manusia dan warga dunia.

"Konsepnya untuk tahun ini tentang kemanusiaan, karena memang kemanusiaan itu atas segalanya dan bisa mengalahkan semuanya. Jadi kalau sudah ngomongin kemanusiaan, semuanya kita taruh," kata Ketua Panitia JT Fest 2024, Muhammad Pramudya Hutama

Pesan kemanusiaan yang dibicarakan itulah yang terwujud dari display para peserta JT Fest 2024. Dimana banyak aksi-aksinya memperlihatkan semangat untuk mendukung dan menolong saudara-saudara di Palestina yang mengalami penindasan. 

"Walaupun kita misalkan nggak bisa harus ke sana untuk menolong, ya sudah dengan doa, dengan takbir itu jadi doa (untuk Palestina)," lanjut Pram -sapaan akrabnya.

Acara JT Fest berlangsung meriah dengan banyaknya penonton dari warga Kota Yogyakarta yang memadati sepanjang pinggir jalan rute takbir, mulia dari Kampus 1 UAD, Jalan Kenari, hingga Balai Kota Yogyakarta. Suasana juga sangat kondusif dengan pengamanan ketat dari Kepolisian, Satpol PP, KOKAM, dan pihak pengamanan lainnya, serta dibantu oleh penonton yang tertib.

Gelaran JT Fest 2024 turut dihadiri PJ Walikota Yogyakarta Ir. Sugeng Purwanto bersama jajarannya, lalu ada Anggota DPD RI Terpilih, Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M., Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta Aris Madani, S.Pd.I., serta seluruh Ortom tingkat daerah dan tamu undangan.

"Alhamdulillah lancar, penampilan peserta sangat variatif, namun spiritnya hampir sama dengan mengusung semangat untuk membela Palestina," ucap Aris Madani mengapresiasi JT Fest 2024.

Tak lupa juga, ia mengharapkan dukungan dari Pemkot Yogyakarta terhadap JT Fest ini. Apalagi, Pemkot Yogyakarta ingin menjadikan festival takbir ini sebagai warisan budaya. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here