News

News

MediaMU.COM

May 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah PRM Berbasis PTN di Yogya ini Gelar Musyran Perdana, Siap Jalankan Kepemimpinan Pustakawan UMY Jadi Perwakilan Indonesia Pada Program STW Erasmus+ di Spanyol Milad 'Aisyiyah ke-107, PRA Prenggan Gelar Senam Bersama Haedar Nashir Apresiasi Usaha 'Aisyiyah untuk Kemanusiaan dan Perempuan Selama 107 Tahun Salmah Orbayinah: Milad ‘Aisyiyah ke-107 Komitmen Kuatkan Dakwah Kemanusiaan Semesta Anwar Abbas Bersama Moeldoko Lakukan Simulasi Alat Sadap Karet Mercu Biotech Mesra Banget! PWM dan PWNU DIY Silaturahmi dan Siap Kerja Bareng Badlul Rifa’i Jadi Khotib Sholat Jum’at Perdana di Masjid Umar bin Khottob Purwokerto Pertamina Bicarakan Energi Terbarukan Untuk Atasi Kelangkaan Energi Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta

Inilah Daftar Kantor Layanan dan Kantor Daerah Penerima Award Lazismu DIY

Perwakilan Lazismu Daerah memperoleh award. Foto: Ahimsa/mediamu

YOGYA – Hari terakhir Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Lazismu DIY, Ahad (23/1), merumuskan rencana dan target capaian tahun 2022. Selain itu, diberikan Lazismu Award kepada Kantor Daerah maupun Kantor Layanan yang dinilai memiliki kinerja baik dan berhasil melaksanakan program-program kreatif.

Rakerwil berlangsung sejak Jum’at (21/1) di Tjokro Style Hotel, Umbulharjo, Yogyakarta. Berita tentang target 2022 disajikan secara terpisah.

Enam kategori penghargaan untuk Kantor Layanan terbaik yang diambil dari pilar-pilar program Lazismu. Yakni: Pilar Pendidikan Terbaik, Pilar Sosial Dakwah Terbaik, Pilar Kesehatan Terbaik, Pilar Lingkungan Terbaik, Pilar Ekonomi Terbaik, serta Pilar Kemanusiaan Terbaik.

Dari 140 Kantor Layanan Lazismu di DIY, terdapat dua hingga tiga kandidat yang masuk nominasi di tiap kategori. Pada sesi penutupan, peraih penghargaan di semua kategori diumumkan.

Pilar Pendidikan Terbaik diraih Kantor Layanan Lazismu Mantrijeron, Yogyakarta, melalui program Beasiswa Darwis. Berdasarkan deskripsi yang ditampilkan panitia, beasiswa ini berupa sekolah non-formal untuk membina akhlak, menumbuhkan disiplin salat, serta memberikan santunan bedasarkan hasil rapor.

“Mekanisme penyaluran bantuan juga telah rapi dan tersistem melalui rekening masing-masing anak yang dibuat Bank Mitra Kantor Layanan Lazismu Mantrijeron,” sebagaimana terterang dalam deskripsi tersebut.

Pilar Sosial Dakwah Terbaik diraih Kantor Layanan Lazismu Bantul Kota, Kabupaten Bantul, melalui program Bersih-bersih Masjid (BBM). Secara berkala, tim yang disebut sebagai Pasukan BBM dari Lazismu ini beraksi memberikan layanan pembersihan masjid.

Terekam dalam akun resmi Lazismu Bantul Kota, kegiatan ini telah dilaksanakan 120 kali. Terakhir 15 Januari lalu, tim pasukan BBM membersihkan Masjid Al-Fattah, Monggangan, Palbapang, Bantul.

Pilar Kesehatan Terbaik diraih Kantor Layanan Lazismu PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dan Gamping. Mereka memiliki program JAMKESAA (Jaminan Kesehatan Asuh Muhammadiyah-‘Aisyiyah).

Wujud program ini berupa pembebasan biaya berobat, rawat jalan, dan rawat inap bagi anak asuh dan pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-‘Aisyiyah se-DIY. Rencananya, ke depan tidak

Perwakilan Lazismu Daerah memperoleh award. Foto: Ahimsa/mediamu

Kategori Pilar Lingkungan Terbaik diraih Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo, Yogyakarta. Program unggulannya adalah Rumah SMART (Sedekah Manfaat Ala-alat Rumah Tangga). Lazismu menghimpun dan menyalurkan barang-barang bekas yang ready to use.

Pengelolaan barang sumbangan tersebut terbagi ke dalam tiga cara sebagaimana dijelaskan dalam deskripsi. Pertama, disalurkan kepada orang, masyarakat, atau instansi yang membutuhkan. Kedua, dilelang dan hasilnya digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan. Ketiga, diikutkan acara baksos.

Kategori Pilar Ekonomi diraih Kantor Layanan Lazismu Gamping, Sleman. Kantor layanan yang satu ini mengadakan berbagai kerja sama dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk mendorong pemberdayaan ekonomi.

Salah satunya bersama PKU Muhammadiyah Gamping, Lazismu mengadakan pengelolaan lahan parkir. Dari sini, terdapat peluang pekerjaan baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja dari Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gamping dan bahkan dari luar Gamping.

Pilar Kemanusiaan Terbaik diraih Kantor Layanan Lazismu Nglipar, Gunungkidul. Program-program yang diupayakan di antaranya adalah penyaluran bingkisan dhu’afa dan fakir miskin, pembukaan donasi untuk pengadaan generator oksigen dan sembako bagi warga isoman, termasuk juga bantuan untuk korban Gunung Semeru dan warga Palestina.

Masing-masing Kantor Layanan yang memenangkan penghargaan itu mendapatkan tropi award dan smartphone senilai Rp 2.500.000 yang dapat digunakan dalam meningkatkan kinerja Lazismu. Penyerahan hadiah dilakukan Dede Haris Sumarno, S.E., M.M., Wakil Bendahara PWM DIY.

Selanjutnya, diumumkan Lazismu Award bagi Lazismu Daerah. Lima penghargaan diberikan Lazismu PWM DIY untuk tiap daerah. Seluruhnya mendapatkan hadiah apresiasi yang penyerahannya dilakukan Eny Muslichah Wijayanti, S.E., M.S.I., dari Lazismu PP Muhammadiyah.

Peringkat pertama diraih Lazismu Sleman (skor 831,3), dilanjutkan Lazismu Kota Yogyakarta (skor 795,6), Lazismu Gunungkidul (skor 792,5), Lazismu Kulonprogo (skor 703,7), dan Lazismu Bantul (skor 424).

Berdasarkan perolehan skor tersebut, secara berurutan dari peringkat paling atas mendapatkan hadiah berupa tropi dan sepeda motor, selanjutnya peringkat kedua dan ketiga mendapatkan hadiah laptop, serta peringkat keempat dan kelima mendapatkan hadiah printer. (*)

 Wartawan: Ahimsa W. Swadeshi
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here