News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

LP UMKM PDM Kota Yogyakarta Gelar Pelatihan Branding dan Digital Marketing

YOGYA – Jumlah UMKM di Kota Yogyakarta menjadi sumber daya yang signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Melihat kondisi perkembangan UMKM yang semakin pesat itu membuat Lembaga Pengembang UMKM Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta mengadakan pelatihan branding dan digital marketing.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula PDM Kota Yogyakarta Jl Sultan Agung, Yogyakarta, Sabtu (1 Rabi’ul Awwal 1445 H bertepatan 16 September 2023), dibuka Ketua PDM Kota Yogyakarta, Aris Madani, S.Pd.I, didampingi Ketua LP UMKM PDM Kota Yogyakarta Sigit Marno Nugroho, S.H.

Di depan pegiat UMKM Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta, Ketua PDM Kota Yogyakarta berharap untuk selalu bersemangat dalam memajukan usahanya. “Pengusaha-pengusaha hebat dan calon konglomerat dari Muhammadiyah ini memiliki jiwa tarung sangat luar biasa,” kata Aris Madani.

Kegiatan kali ini disambut gembira Ketua PDM Kota Yogyakarta karena sebagai awal lahirnya pengusaha sukses yang mendunia. “Bukan hanya kelas ecek-ecek atau kaleng-kaleng, tapi sudah kelas dunia,” kata Aris Madani.

Berkaitan digital marketing, kata Aris Madani, untuk sarana dan meningkatkan kemampuan entrepreneur. “Untuk itu kelebihan dari penggunaan IT ini harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Aris Madani.

Ketua LP UMKM PDM Kota Yogyakarta, Sigit Marno Nugroho, S.H., menjelaskan, kegiatan ini merupakan kali pertama diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber Miftahudin Nur Ihsan (CEO CV Smart Batik Indonesia dan PT Loka Kreasi Smartindo) dan Suryadin Laoddang (Konsultan dan Praktisi Digital Marketing).

“Pegiat dan pelaku UMKM bareng-bareng belajar meningkatkan bisnis dan beberapa program akan dijalankan secara berkesinambungan,” kata Sigit.

Menurut Sigit, pelaku UMKM harus bisa aktif dalam berinternet. “Tidak ada bisnis yang tidak melibatkan sosial media dan teknologi,” kata Sigit.

Suryadin Laoddang, konsultan marketing yang sudah menangani berbagai macam persoalan marketing online mengatakan bahwa salah satu kendala bagi pegiat UMKM adalah kurangnya minat untuk usaha lebih giat dalam praktek.

“Tidak bisa dipungkiri sekarang ini sudah serba digital dan kita juga harus bisa mengikuti perkembangannya agar tidak tertinggal,” katanya.

Suryadin Laoddang juga menjelaskan bagaimana cara memasarkan produk lewat media sosial, mulai dari WhatsApp, Instagram dan Facebook.

Ketua Kompartemen Perindustrian BPC HIPMI Kota Yogyakarta, Miftahudin Nur Ihsan, menjelaskan dasar pemasaran dan target pasar. “Salah satu kesalahan terbesar UMKM adalah ingin menjangkau semua pasar,” katanya.

Menyinggung soal branding, dijelaskan Ihsan, adalah aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah brand. “Manfaat branding memberikan daya tarik bagi konsumen dan memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk serta membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual tinggi,” papar Ihsan yang pernah meraih Juara 3 Wirausaha Muda Berprestasi Nasional Kemenpora RI (2020). (*)

 

 

Wartawan: Affan Safani Adham

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here