News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Gerakan Tanam Sejuta Pohon, Lahan Kritis Jadi Prioritas.

KULONPROGO – Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kulonprogo mengadakan aksi penanaman bibit pohon di Dusun Teganing 3, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Ahad (18 Shafar 1445 H bertepatan 3 September 2023).

Pada acara tersebut dihadiri 100 orang dari berbagai kalangan, baik instansi pemerintahan Kulonprogo, warga masyarakat dan organisasi sosial kemasyarakatan yang peduli terhadap lingkungan.

Dan aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian MLH PWM DIY terhadap lingkungan. “Aksi ini merupakan upaya untuk mewujudkan lingkungan yang lestari agar ekosistem alam tetap terjaga sehingga bisa menghindarkan masyarakat dari bencana alam akibat kerusakan lingkungan,” kata Ketua MLH PWM DIY Ahmad Ahid Mudaya.

Dalam acara bertajuk “Pencanangan Menanam Sejuta Pohon Wujudkan Rahmatan Lil Alamin”, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, bibit pohon yang ditanam diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi warga masyarakat sekitar.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam meliputi bibit pohon sirsak, durian dan bibit pohon sengon. “Aksi ini merupakan bagian dari program penanaman sejuta bibit pohon yang dicanangkan Majelis Lingkungan Hidup PWM DIY,” terang Ahmad Ahid Mudaya.

Wakil Ketua PWM DIY, Sapardiyono, menyebut aksi penanaman pohon tersebut termasuk program unggulan Majelis Lingkungan Hidup.

Dia berharap, gerakan penanaman pohon dapat kembali digelar pada tahun depan dengan jumlah bibit yang lebih banyak. “Kita prihatin penebangan pohon semakin marak dan kebutuhan akan kayu juga tidak turun sehingga harus ada aksi penanaman pohon yang masif,” kata Sapardiyono.

Aksi tanam bibit pohon ini, kata Sapardiyono, tidak hanya dilakukan di Kabupaten Kulonprogo. “Namun juga di kabupaten lainnya seperti Sleman, Gunungkidul, Bantul, bahkan Kota Yogyakarta,” kata Sapardiyono.

Menurut Sapardiyono, Kulonprogo menjadi tempat yang dijadikan seremonial. “Karena di sini kebetulan terdapat tanah wakaf yang dapat digunakan untuk kegiatan produktif,” tuturnya.

MLH PWM DIY pada 3 Agustus 2023 telah mendapatkan hibah 9 ribu bibit pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo DIY.

Sebanyak 9 ribu bibit pohon tersebut terdiri dari bibit pohon sirsak sebanyak 3.430 batang, bibit pohon durian 1.700 batang, bibit pohon akasia 1.000 batang, bibit pohon sengon 870 batang dan bibit pohon aren sebanyak 2.000 batang.

Adapun 9 ribu bibit pohon tersebut sudah disebarkan kelima kabupaten/kota se- DIY melalui MLH Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat untuk ditanam di lahan-lahan kritis, seperti bantaran sungai dan daerah rawan longsor.

Khusus untuk PDM Kulonprogo, jumlah bibit yang akan ditanam sebanyak 1.650 batang, dengan rincian bibit durian sebanyak 500 batang, bibit sirsak 900 batang dan bibit pohon sengon 250 batang. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here