News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Gerakan Tanam Sejuta Pohon, Lahan Kritis Jadi Prioritas.

KULONPROGO – Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kulonprogo mengadakan aksi penanaman bibit pohon di Dusun Teganing 3, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Ahad (18 Shafar 1445 H bertepatan 3 September 2023).

Pada acara tersebut dihadiri 100 orang dari berbagai kalangan, baik instansi pemerintahan Kulonprogo, warga masyarakat dan organisasi sosial kemasyarakatan yang peduli terhadap lingkungan.

Dan aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian MLH PWM DIY terhadap lingkungan. “Aksi ini merupakan upaya untuk mewujudkan lingkungan yang lestari agar ekosistem alam tetap terjaga sehingga bisa menghindarkan masyarakat dari bencana alam akibat kerusakan lingkungan,” kata Ketua MLH PWM DIY Ahmad Ahid Mudaya.

Dalam acara bertajuk “Pencanangan Menanam Sejuta Pohon Wujudkan Rahmatan Lil Alamin”, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, bibit pohon yang ditanam diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi warga masyarakat sekitar.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam meliputi bibit pohon sirsak, durian dan bibit pohon sengon. “Aksi ini merupakan bagian dari program penanaman sejuta bibit pohon yang dicanangkan Majelis Lingkungan Hidup PWM DIY,” terang Ahmad Ahid Mudaya.

Wakil Ketua PWM DIY, Sapardiyono, menyebut aksi penanaman pohon tersebut termasuk program unggulan Majelis Lingkungan Hidup.

Dia berharap, gerakan penanaman pohon dapat kembali digelar pada tahun depan dengan jumlah bibit yang lebih banyak. “Kita prihatin penebangan pohon semakin marak dan kebutuhan akan kayu juga tidak turun sehingga harus ada aksi penanaman pohon yang masif,” kata Sapardiyono.

Aksi tanam bibit pohon ini, kata Sapardiyono, tidak hanya dilakukan di Kabupaten Kulonprogo. “Namun juga di kabupaten lainnya seperti Sleman, Gunungkidul, Bantul, bahkan Kota Yogyakarta,” kata Sapardiyono.

Menurut Sapardiyono, Kulonprogo menjadi tempat yang dijadikan seremonial. “Karena di sini kebetulan terdapat tanah wakaf yang dapat digunakan untuk kegiatan produktif,” tuturnya.

MLH PWM DIY pada 3 Agustus 2023 telah mendapatkan hibah 9 ribu bibit pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo DIY.

Sebanyak 9 ribu bibit pohon tersebut terdiri dari bibit pohon sirsak sebanyak 3.430 batang, bibit pohon durian 1.700 batang, bibit pohon akasia 1.000 batang, bibit pohon sengon 870 batang dan bibit pohon aren sebanyak 2.000 batang.

Adapun 9 ribu bibit pohon tersebut sudah disebarkan kelima kabupaten/kota se- DIY melalui MLH Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat untuk ditanam di lahan-lahan kritis, seperti bantaran sungai dan daerah rawan longsor.

Khusus untuk PDM Kulonprogo, jumlah bibit yang akan ditanam sebanyak 1.650 batang, dengan rincian bibit durian sebanyak 500 batang, bibit sirsak 900 batang dan bibit pohon sengon 250 batang. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here