News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid

KUDUS - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), RS Sarkies Aisyiyah Kudus dan RS Aisyiyah Kudus pada Kamis hingga Sabtu, 9 - 11 Mei 2024 mengadakan Workshop Nasional Pengembangan Ekonomi Cabang Ranting Muhammadiyah. 

Workshop 3 hari yang berlangsung di Kota Kudus Jawa Tengah ini, mengambil tema “Sinergi Pengembangan Ekonomi dan Bisnis Cabang, Ranting serta Masjid Muhammadiyah”. Dengan peserta yaitu perwakilan dari cabang ranting terpilih, sejumlah lebih dari 170 orang dari seluruh Indonesia.

Pada acara pembukaan yang berlangsung di Convention Hall RS Sarkies Aisyiyah Kudus lantai 8. Ketua Panitia Workshop yang juga Bendahara LPCRPM PP Dr. Muhammad Hamdi, S.E., MBA, menyatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk mendorong sinergi yang baik antara pengelola amal usaha ekonomi di level cabang ranting dan masjid (CRM).

“Kami sudah berkeliling Indonesia dan melihat realita, dimana ada cabang ranting dan masjid yang tangguh, mesti tangguh juga ekonominya,” jelasnya.

Hamdi berharap setelah kegiatan berakhir, akan terjadi kerjasama, kolaborasi, saling menguatkan antar peserta sehingga terciptalah cabang ranting dan masjid yang tangguh di seluruh Indonesia.

Ketua PWM Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, M.Ag,  dalam sambutannya, menegaskan bahwa Kudus adalah daerah yang sangat dinamis kemajuannya. Amal Usaha Muhammadiyah di Kudus lengkap mulai dari PAUD sampai dengan Universitas.

“Bahkan satu-satunya kota di Jawa Tengah yang memiliki 2 Rumah Sakit Aisyiyah. Ya di Kudus ini,” kata Tafsir.

Ketua LPCRPM H. M. Jamaludin Ahmad, S.Psi., dalam sambutannya bercerita bahwa tidak hanya workshop ekonomi, LPCRPM PP juga menyiapkan program “Akademi Marbot Masjid” agar lahir masjid-masjid unggulan Muhammadiyah di berbagai wilayah dan daerah. 

“Alhamdulillah, Lazismu PP akan mendukung Akademi Marbot sejumlah 400 juta untuk tahun ini. Semoga dananya tidak akan berakhir sampai seluruh wilayah dan daerah punya masjid unggulan,” tegas Jamaludin.

“Semua yang kami hadirkan di workshop ini akan berbagi inspirasi dan cerita. Bahwa dari cabang ranting bisa lahir amal usaha ekonomi yang unggulan. Kalau ada yang bisa dan berhasil, seharusnya yang hadir di sini juga bisa menirunya,” lanjutnya.

Di penghujung acara pembukaan, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum selaku Ketua PP Muhammadiyah Bidang Cabang Ranting dan Masjid memberi arahan dan amanat.

“Mengurus ekonomi itu sudah banyak yang mencoba, tapi memang sedikit sekali yang berhasil. Ini tidaklah mudah. Tapi, saya percaya kita pasti akan bisa, kalau kita bersungguh-sungguh. Sehingga core business Muhammadiyah tidak hanya kesehatan, pendidikan tapi juga ekonomi,” tutup Dahlan Rais. 

Kontributor: Muhammad Zulfi Ifani (Media & Informasi LPCRPM PP Muhammadiyah)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here