News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Lembaga Halal PWM DIY Bersama UAD dan PCIM Taiwan, Sosialisasi Sertifikasi Halal Bagi Pekerja Migran di Taiwan

TAIWAN – Lembaga Halal PWM DIY bersama UAD dan PCIM Taiwan selenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Halal untuk Pekerja Migran di Taiwan.

Kegiatan bersamaan dengan acara Pelantikan PCIM Taiwan Periode 2023-2025 dan Pelatihan Manajemen Usaha Baru serta Pengenalan Titik Kritis Halal pada Produk, Makanan, Obat dan Kosmetika berlangsung pada Ahad (18 Shafar 1445 H bertepatan 3 September 2023) bertempat di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan.

Kegiatan diawali dengan pelantikan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan periode 2023-2025, dilanjutkan pelatihan mengenal produk tersertifikasi halal dan manajemen usaha, diikuti semua jajaran Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan dan para pekerja migran yang berasal dari beberapa wilayah di Taiwan.

Disampaikan Dr. apt.
Nina Salamah, M.Sc. Ketua Lembaga Halal PWM DIY, didampingi Ir. Titisari Juwitaningtyas, STP, M.Sc. Ketua Divisi Pelatihan Lembaga Halal PWM DIY dan Rusdianto, SE, M.Sc dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, pihaknya memiliki aktivitas juga pada Ahmad Dahlan Halal Center.

Nina Salamah, Ketua Lembaga halal PWM DIY, menyampaikan, PCIM Taiwan yang berlokasi di kota Taipei memiliki anggota dari berbagai latar belakang profesi: ada pekerja migran, mahasiswa studi lanjut — baik S2 maupun S3 — serta beberapa mahasiswa atau lulusan yang sedang magang.

Salah satu tantangan tinggal di Taiwan adalah mengenali produk halal, baik pangan, obat maupun kosmetika. “Karena produk yang beredar di sana tentunya lebih banyak yang tidak bersertifikat halal mengingat mayoritas penduduk di Taiwan adalah nonmuslim,” kata Nina Salamah.

Sehingga, penting sekali untuk mengadakan kegiatan pengenalan titik kritis kehalalan produk ini bagi warga muslim di Taiwan.

Titisari Juwitaningtyas, Ketua Divisi Pelatihan Lembaga Halal PWM DIY, mengatakan, peserta sangat antusias dan bersemangat. “Hal ini ditunjukkan dari skor post test yang menunjukkan signifikasi kenaikan nilai pengetahuannya,” kata Titisari.

Kegiatan kolaborasi dengan PCIM Taiwan ini sudah dipersiapkan 2 bulan sebelumnya melalui serangkaian koordinasi online dan pada hari H-nya dilakukan secara offline.

Kerjasama ini akan terus berlanjut dengan berbagai program ke depannnya, seperti menemukan produk halal di Taiwan dan menumbuhkan minat usaha baru bagi pekerja Migran. (*)

 

 

Berita disampaikan Budi Santoso dari MDMC

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here