News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Lembaga Halal PWM DIY Bersama UAD dan PCIM Taiwan, Sosialisasi Sertifikasi Halal Bagi Pekerja Migran di Taiwan

TAIWAN – Lembaga Halal PWM DIY bersama UAD dan PCIM Taiwan selenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Halal untuk Pekerja Migran di Taiwan.

Kegiatan bersamaan dengan acara Pelantikan PCIM Taiwan Periode 2023-2025 dan Pelatihan Manajemen Usaha Baru serta Pengenalan Titik Kritis Halal pada Produk, Makanan, Obat dan Kosmetika berlangsung pada Ahad (18 Shafar 1445 H bertepatan 3 September 2023) bertempat di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan.

Kegiatan diawali dengan pelantikan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan periode 2023-2025, dilanjutkan pelatihan mengenal produk tersertifikasi halal dan manajemen usaha, diikuti semua jajaran Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan dan para pekerja migran yang berasal dari beberapa wilayah di Taiwan.

Disampaikan Dr. apt.
Nina Salamah, M.Sc. Ketua Lembaga Halal PWM DIY, didampingi Ir. Titisari Juwitaningtyas, STP, M.Sc. Ketua Divisi Pelatihan Lembaga Halal PWM DIY dan Rusdianto, SE, M.Sc dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, pihaknya memiliki aktivitas juga pada Ahmad Dahlan Halal Center.

Nina Salamah, Ketua Lembaga halal PWM DIY, menyampaikan, PCIM Taiwan yang berlokasi di kota Taipei memiliki anggota dari berbagai latar belakang profesi: ada pekerja migran, mahasiswa studi lanjut — baik S2 maupun S3 — serta beberapa mahasiswa atau lulusan yang sedang magang.

Salah satu tantangan tinggal di Taiwan adalah mengenali produk halal, baik pangan, obat maupun kosmetika. “Karena produk yang beredar di sana tentunya lebih banyak yang tidak bersertifikat halal mengingat mayoritas penduduk di Taiwan adalah nonmuslim,” kata Nina Salamah.

Sehingga, penting sekali untuk mengadakan kegiatan pengenalan titik kritis kehalalan produk ini bagi warga muslim di Taiwan.

Titisari Juwitaningtyas, Ketua Divisi Pelatihan Lembaga Halal PWM DIY, mengatakan, peserta sangat antusias dan bersemangat. “Hal ini ditunjukkan dari skor post test yang menunjukkan signifikasi kenaikan nilai pengetahuannya,” kata Titisari.

Kegiatan kolaborasi dengan PCIM Taiwan ini sudah dipersiapkan 2 bulan sebelumnya melalui serangkaian koordinasi online dan pada hari H-nya dilakukan secara offline.

Kerjasama ini akan terus berlanjut dengan berbagai program ke depannnya, seperti menemukan produk halal di Taiwan dan menumbuhkan minat usaha baru bagi pekerja Migran. (*)

 

 

Berita disampaikan Budi Santoso dari MDMC

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here