News

News

MediaMU.COM

May 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024

Gaet Kaum Difabel, MKS PDA dan KPUD Sleman Sosialisasi Pemilu Inklusi

Sosialisasi Pemilu Inklusi oleh MKS PDA Sleman dan KPUD Sleman. Foto: Dok. Panitia Sosialisasi Pemilu Inklusi MKS PDA Sleman

SLEMAN - Menyambut Pemilu 2024 yang makin dekat, Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (MKS PDM) Sleman menggelar acara Sosialisasi Pemilu Inklusi oleh KPUD Sleman, Ahad (21/1).

Berlangsung di Gedung Mundjiyah Lantai 2 Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, peserta yang hadir sekitar 70 peserta terdiri dari utusan MKS PCA Se- Sleman, Ketua PPDI kabupaten dan Ketua PPDI Kapanewon Se-Sleman dan Ketua HIDIMU Sleman.

Ketua PDA Sleman Hanik Rosyada S.Pd., MA menyampaikan sosialisasi ini sangat bagus dan bermanfaat untuk masyarakat umum. "Dikarenakan masih minimnya sosialisasi pemilu dan mengajak semua warga untuk mensukseskan Pemilu 2024 dan menjadi pemilih yang cerdas dan bisa menyebarkan ilmu ke masyarakat lainnya," ucapnya.

Selanjutnya, Huda Al Amna dari KPUD Sleman memaparkan Pemilu secara sederhana dipahami sebagai mekanisme pemberian suara rakyat secara langsung untuk memilih wakil-wakilnya yang akan duduk di lembaga perwakilan (parlemen) atau eksekutif. Dengan prosedur tertentu berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Untuk Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 menggunakan landasan hukum UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dan UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada. Dimana Substansinya adalah:

  1. Sistem pemilu yang digunakan adalah proporsional terbuka
  2. Ambang batas parlemen 4 persen
  3. Alokasi kursi 3-10 per dapil
  4. Dilaksanakan secara serentak 

Lalu, Pemilu di Indonesia diselenggarakan secara re-guler, tiap lima tahun sekali. Tujuan pokoknya adalah memenuhi proses rotasi (pergantian) kekuasaan, pengisian jabatan politik di lembaga perwakilan dan pemerintahansesuai dengan sistem demokrasi.

Untuk masing-masing memilih Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk tingkat nasional, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat nasional, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Propinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kabupaten/ kota. Ada juga Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu memilih kepala daerah di tingkat propinsi (gubernur) dan kabupaten/ kota (bupati/walikota).

“Pemilu inklusif adalah pemilu yang diselenggarakan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua warga negara yang telah berhak memilih, tanpa memandang suku, ras, agama, jenis kelamin, penyandang disabilitas, status sosial ekonomi dan lain-lain,” jelas Huda.

Penyelenggaraan Pemilu dapat dikatakan inklusif apabila terdapat indikasi-indikasi seperti berikut:

  1. Jumlah cakupan pemilih yang telah memiliki hak pilih telah terdaftar dalam daftar pemilih. Tingginya jumlah cakupan mengindikasikan semua golongan pemilih, baik pemilih pada umumnya, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih di lokasi terpencil, pegawai medis, petugas keamanan telah tercatat dalam daftar pemilih.
  2. Tingkat penggunaan hak pilih (partisipasi pemilih) yang tinggi. Semua golongan pemilih diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk dapat memberikan suaranya, baik dengan prosedur-prosedur pemberian suara seperti yang telah disebuntukan sebelumnya atau dengan memberikan fasilitas yang nyaman pada TPS sesuai prinsip adequate polling arrangement (pengaturan pemungutan suara yang aman dan nyaman). 

Untuk Disabilitas mencantumkan catatan kemudahan bagi Pemilih disabilitas, antara lain:

  1. TPS diatur untuk dapat menjamin akses gerak pengguna kursi roda.
  2. Di dalam TPS disediakan 5 (lima) kursi prioritas untuk Pemilih kondisi tertentu, salah satunya Pemilih disabilitas.
  3. Ketua KPPS dapat mendahulukan Pemilih disabilitas untuk memberikan suara.
  4. Pemilih disabilitas dapat dibantu pendamping yang ditunjuk oleh Pemilih.
  5. Pemilih disabilitas netra disediakan alat bantu tuna netra untuk PPWP dan Pemilihan DPD

Pada sosialisasi, juga disampaikan Untuk itu lagu berjudul Pemilu Inklusif, dengan liriknya sebagai berikut:

Ayo tindak TPS, aja nganti dilalekke

Ing Tahun rong ewu patlikur 14 februari

Memilih calon pemimpin

Itu menjadi hak kita

Bila tidak datang ke TPS

Kita akan merugi

Ayo sukseskan pemilu

Inklusif untuk semua

Semangat kita mendampingi

Salurkan hak pilihnya

Kartu pertama presiden

Kartu kedua DPD 

Kartu Ketiga DPR RI

4 5 DPRD

(*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Arif Hartanto (MPI PDM Sleman) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here