News

News

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

PDM Kebumen Adakan Pelatihan Jurnalistik Menyambut Era Digital

KEBUMEN -  Majelis Pustaka Informasi (MPI) PDM Kebumen telah mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Ruang Kuliah 1 Universitas Muhammadiyah Gombong pada tanggal 8 Oktober 2023. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 130 peserta dari 20 kecamatan yang tampak sangat antusias dan aktif selama kegiatan berlangsung.

Peserta pelatihan mencakup Pimpinan Cabang Muhammadiyah Aisyiyah se-Kabupaten Kebumen, Organisasi Otonom Muhammadiyah di tingkat kabupaten, Amal Usaha Muhammadiyah di Kebumen, individu yang mandiri, dan anggota masyarakat umum.

Pelatihan ini diberikan oleh tiga narasumber utama: Hafied dari Jawa Pos Radar Jogja, yang membahas topik Jurnalistik dan Berita; Ganjar Sri Husodo dari Suara Muhammadiyah, yang memberikan wawasan tentang Strategi Publikasi; dan Syawal, mantan anggota Tim Republik Cinta Manajemen, yang membahas Penggunaan Media Digital dan Aplikasi Editing.

Ketua Panitia, Tian Khusni, dalam pidatonya menekankan pentingnya pengelolaan era digital dengan bijak. Ia menyatakan, "Era digital dapat menjadi peluang yang menguntungkan jika dikelola dengan baik, namun juga dapat menjadi ancaman jika kita tidak cerdas dalam menyaring informasi. Oleh karena itu, PDM Kebumen perlu membentuk tim media yang kuat dan terintegrasi. Tujuan dari pelatihan ini adalah membentuk Tim Media Muhammadiyah yang bersinergi dan terintegrasi."

Estria, Ketua MPI, menggarisbawahi perlunya para kader Muhammadiyah untuk bersiap menghadapi era 5.0. Ia menyatakan, "Muhammadiyah tidak boleh hanya bergantung pada aset fisik. Jika kita tidak mampu mengoptimalkan media, kita bisa tertinggal di era teknologi."

Ketua PDM bidang MPI menegaskan bahwa ajaran Islam juga mengajarkan pemahaman tentang dunia digital. "Kita perlu memahami dan menguasai media digital agar pesan-pesan Islami dapat disebarkan secara luas dan efektif," kata Novan Rifky.

Acara pelatihan dihadiri oleh berbagai tamu kehormatan, termasuk PDM Kebumen, PDA Kebumen, Ortom Daerah, PCM Gombong, PCA Gombong, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Gombong.

Harapannya, pelatihan ini akan membantu Muhammadiyah Kebumen membangun tim media yang responsif dan efektif dalam era digital.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here