News

News

MediaMU.COM

May 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

PDM Kota Yogya Perkuat Silaturahim dengan Syawalan dan Mangunbagyo Haji

Foto: Dok. Suara Muhammadiyah

YOGYA - Masih dalam semarak Idulfitri 1445 H, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Syawalan dan Mangayubagyo Jamaah Haji. Acara akbar tersebut dilaksanakan Selasa (30/4) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Salam sambutannya, Ketua PDM Kota Yogyakarta, H. Aris Madani, S.Pd. menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan tahunan tersebut. Bersamaan dengan itu, Aris mengungkapkan kebanggaannya karena sebanyak 3000 warga Persyarikatan tumpah ruah memadati Sportorium UMY.

"Alhamdulillah, pada hari ini PDM Kota Yogyakarta dapat menyelenggarakan Syawalan dan Mangayubagyo Jamaah Haji. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan meriah. Kira-kira kurang lebih ada 3000 Persyarikatan hadir," ujarnya.

Aris juga mengingatkan bahwa momentum syawalan ini seyogianya dapat dijadikan tangga peningkatan kualitas diri yang lebih baik (khayra ummah). Menurutnya, bulan Syawal sebagai bulan peningkatan segalanya yang mencakup seluruh aspek kehidupan umat manusia.

"Syawal itu artinya peningkatan. Diharapkan dengan syawalan itu menjadi titik awal untuk meningkatkan diri kita supaya lebih baik di dalam kinerja, loyalitas, prestasi, pelayanan kepada warga masyarakat. Itu semua harus kita tingkatkan bersama," tuturnya.

Aris menekankan peningkatan yang semestinya dilakukan mencakup dua aspek. Yaitu habl min Allah (hubungan vertikal manusia dengan Allah) dan habl min al-anas (hubungan horizontal antarasesama makhluk).

Pada kesempatan ini, PDM Kota Yogyakarta juga melepas keberangkatan jamaah haji yang tahun ini ada sebanyak 172 jamaah haji dari Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jumlah ini menjadi yang terbesar dan diharapkan pada tahun berikutnya dapat terus meningkatkan.

"Untuk jumlah jamaah haji sendiri ada 172 orang. Itu prosentasenya 48 persen dari total seluruh jamaah haji di kota Yogyakarta, jumlahnya ada 350-an. Jadi terbanyak dan paling besar diberikan amanah oleh warga masyarakat Kota Yogyakarta," ucapnya.

Aris turut mendoakan agar jamaah haji ini nantinya bisa meraih predikat haji yang mabrur. 

"Kita doakan mereka, Allahumaj'al hajjana hajjan mabruura, wa 'umratan 'umratan mabruura wasa'yanaa sa'yan masykuuraa wa dzanban dzanban maghfuura wa 'amalanaa 'amalan shaalihan maqbuulaa wa tijaaratan lan tabuura. Mudah-mudahan Allah memberikan kepada mereka haji yang mabrur, amal saleh diterima, dan diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji," ucapnya.

Sementara, Pj. Walikota Yogyakarta, Singgih Rahardjo, S.H., M.Ed. mengaku sangat bangga dengan Muhammadiyah. Kebanggaan itu bersumber dari pesatnya amal usaha yang bergerak secara inner dynamic di akar rumput. Di mana kebermanfaatannya dapat dirasakan secara komprehensif bagi seluruh warga masyarakat pada umumnya dan warga Persyarikatan pada khususnya.

"Luar biasa. Muhammadiyah di Kota Yogyakarta menjadi organisasi terbesar. Tentu tidak hanya besar organisasinya, tetapi saya melihat gerakan Muhammadiyah sungguh luar biasa dan istimewa," katanya.

Singgih menuturkan Muhammadiyah besar tidak hanya bergerak di bidang agama, tetapi juga bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, kebudayaan, kesenian, dan seluruh aspek kehidupan lainnya. Inilah yang kemudian menjadi harapannya agar Muhammadiyah bisa terus menjalin kerja sama dengan Pemerintah.

"Tentu ini menjadi aset yang besar dan penting bagi Pemerintah Kota Yogyakarta. Atas nama Pemerintah, saya memberikan apresiasi, dukungan, dan penghargaan yang setinggi-tingginya wilayah dan daerah Muhammadiyah-Aisyiyah. Tentu kami membuka ruang untuk menguatkan kerja sama dan kolaborasi dengan Pemerintah," ucapnya.

Singgih juga berharap dan mendoakan agar jamaah haji yang berangkat tahun ini bisa menunaikan ibadah dengan lancar dan khusyuk. Ditambahkan agar jamaah haji bisa pulang ke tanah air, nantinya, menjadi jamaah haji yang mabrur.

"Kami berharap calon jamaah haji yang berangkat agar diberikan kesehatan, kelancaran, dan kemudahan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Mudah-mudahan mereka semua kembali ke tanah air dengan sehat dan meraih haji yang mabrur. Itu harapan kami," timpalnya.

Syawalan ini turut dihadiri Ketua Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Muhammad Ziyad, M.Ag., Ketua PDA Kota Yogyakarta Hj. Rowiyah, S.Ag. beserta jajaran, segenap jajaran kepala sekolah, guru, karyawan, cabang, ranting, dan Ortom se-Kota Yogyakarta. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here