News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Back to Masjid, Lazismu RS PKU Yogya - Gamping Tasyarufkan 35 Juta kepada Masjid se-DIY

Penyerahan zakat maal RS PKU Yogya dan Gamping melalui Lazismu kepada masjid se-DIY. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Sejumlah masjid dari seluruh DI Yogyakarta menerima secara resmi dana zakat maal dari Kantor Layanan (KL) Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta - Gamping, pada Kamis (28/3).

Berlangsung di Aula RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, pentasyarufan ini dihadiri para perwakilan takmir masjid penerima zakat, dengan mengusung program Back to Masjid.

Pada Ramadhan 1445 H ini, Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta - Gamping mengalokasikan dana zakat dari para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) sebesar Rp35.000.000,00, untuk 35 masjid se-DIY.

Dengan rincian pembagian per daerah, sebagai berikut: Kota Yogyakarta (1 masjid), Bantul (1), Kulon Progo (8), Sleman (6), dan Gunungkidul (19).

"Semoga dana yang nominal ini belum besar, tetap membantu dan terima kasih kepada yang hadir, (kami harap) bapak/ibu sebagai wasilah perantara untuk dana zakat yang ditasyarufkan," ucap Kepala KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta - Gamping, Alfis Khoirul Fisoli.

Program Back to Masjid ini berasal dari Lazismu Wilayah DIY dan langsung ditindaklanjuti oleh beberapa kantor layanan Lazismu se-DIY. Untuk itu, Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu Wilayah DIY, Maryono, S.Pd., M.T. mengapresiasi tinggi kepada Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta - Gamping. 

Maryono juga mengapresiasi hadirnya para anak muda yang mewakili takmir masjid se-DIY dalam pentasyarufan ini. 

“Yang hadir muda semua, artinya harapan bahwa masjid akan hidup. Hanya 7 yang dapat naungan, salah satunya orang yang hatinya berada di masjid,” kata Maryono. 

Ia juga berpesan kepada para takmir masjid agar memanfaatkan kantor Lazismu di setiap cabang. Jadi, kalau mau bayar zakat dan ada urusan keuangan bisa datang ke kantornya, sedangkan untuk urusan kesehatan dapat kerja sama dengan AmbulanMu setempat.

Pentasyarufan ini sebagai wujud komitmen RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping untuk terus menyalurkan serta menampung dana umat, sesuai dengan regulasi Lazismu. 

“Maka, kegiatan-kegiatan Lazismu yang sudah menjadi pilar organisasi harus terus digerakkan adalah yang sudah menjadi kegiatan Lazismu Nasional. Salah satunya dakwah melalui masjid dan zakat yang dibagikan setiap tahun jelang Idul Fitri,” kata Direktur SDI-AIK RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A.

Ikhwan juga berharap ke depannya antara RS PKU Yogya dan Gamping bersama masjid se-DIY bisa terjalin kerja sama program untuk pelayanan masyarakat. 

“Kami mengucapkan selamat berpuasa dan Hari Raya Idul Fitri. Semoga bisa bertemu di tahun depan dengan variasi yang berbeda. Ke depan hubungan kita tidak setahun sekali, tetapi di kegiatan lainnya, seperti khitanan, cek kesehatan, dan lainnya,” pungkas Ketua PWM DIY itu. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here