News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Warga Muhammadiyah DIY Antar Syauqi Soeratno Daftar Caleg DPD RI

YOGYA – Calon Anggota DPD RI Ahmad Syauqi Soeratno resmi mendaftar keikutsertaannya dalam Pemilu 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis (11/5). Syauqi mewakili representasi Muhammadiyah untuk maju dalam kontestasi DPD RI menggantikan Muhammad Afnan Hadikusumo yang sudah menjabat selama tiga periode.

Kedatangan Syauqi beserta timnya cukup unik, yaitu dengan menggunakan mobil listrik dan becak listrik hasil karya pelajar di Yogyakarta. Syauqi juga didampingi oleh segenap elemen persyarikatan Muhammadiyah di DIY, baik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang diwakili oleh Ketua Muhammad Ikhwan Ahada dan Azman Latif, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah diwakili Zulaikha, Ortom tingkat wilayah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-DIY, serta sejumlah komunitas (sepeda, pengusaha, akademisi, dan kalangan pelajar-mahasiswa).

Syauqi yang juga kader muda Muhammadiyah Dia adalah kader muda Muhammadiyah yang memiliki wawasan dan jaringan luas. Dia dikenal sebagai teknokrat yang aktif di berbagai organisasi. Seperti saat menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Manajemen Indonesia DIY tahun 2000-2003, Vice President Indonesia Marketing Association (2000-2003).

Tidak hanya itu, Syauqi juga dikenal sebagai tokoh yang peduli olahraga. Hal itu dibuktikan dengan dirinya mengisi posisi General Manager di PSIM Jogja tahun 2006-2007, kemudian terpilih sebagai Ketua Asprov PSSI DIY periode 2019-2023, hingga menjabat Bendahara Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah periode 2018-2023.

Sosoknya sebagai pelaku usaha juga tidak perlu diragukan lagi, ketika diberi amanah untuk menjadi Pengurus KADIN DIY, lalu terpilih sebagai Sekjen DPP Badan Kerjasama BUMD Seluruh Indonesia 2012-sekarang, kemudian Konsultan Pendamping UMKM, serta di posisi lainnya macam Wakil Ketua ICMI DIY

2016-sekarang, dan lain-lain.

Dari sisi kepribadian, Syauqi dikenal supel dan bahkan kepada wartawan pun sesekali berbicara dengan Bahasa Jawa halus, riwayat hidup Syauqi menunjukkan dirinya merupakan sosok yang merepresentasikan cara pandang berkemajuan bagi Yogyakarta.

Dengan modal kuat seperti yang disebutkan itu, maka Syauqi dengan sesuai rencananya menyerahkan berkas resmi pendaftaran sebagai Calon Anggota DPD RI dapil DIY ke KPU DIY. Dan diiringi puluhan pendukung, tokoh muda yang kadang dipanggil dengan inisial populernya: SQ, melangkah mantap menuju ruang kantor KPU DIY disambut oleh Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan didampingi para Anggota KPU DIY.

Herman Dody, juru bicara Tim Pemenangan Ahmad Syauqi Soeratno menyampaikan tema yang diusung adalah Syauqi Inspirasi dan Harapan Jogja. Inspirasi dan harapan tersebut diwujudkan dengan spirit berkemajuan, inovasi, dan inspiratif, salah satunya menggunakan mobil dan becak listrik karya lokal pelajar DIY.

“Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kami mengantarkan bapak Ahmad Syauqi Soeratno yang merupakan Calon Anggota DPD RI yang merepresentasikan warga Yogyakarta dalam hal ini, kita mengusung tema Syauqi Inspirasi dan Harapan Jogja.

Adapun, mobil dan becak listrik (pada Kamis pagi) ini merupakan bentuk inspirasi untuk mengembangkan pariwisata yang berkemajuan, berkeadaban, dan responsif terhadap kebutuhan pariwisata yang modern,” jelasnya.

Lanjutnya, Syauqi juga mendapatkan dukungan dari para pengusaha, komunitas sepak bola, dan lain – lain. Karena itu, para pendukungnya punya keyakinan besar Syauqi ini, karena memiliki investasi dan pengabdian sosial yang cukup luas di berbagai kalangan.

“Insyaallah, sebagai kader muda Muhammadiyah ini bisa diterima semua kalangan, baik itu pengusaha, konsultan UMKM, pengurus KADIN, sehingga punya banyak jaringan dan kiprah bermasyarakatnya tidak terkungkung di satu tempat saja. Jadi, kami yakin di antara para kontestasi yang baru, pak Syauqi berada pada posisi terunggul dan terbaik menjadi pilihan masyarakat Yogyakarta,” kata Herman.

Dukungan senada juga disampaikan oleh PWM DIY, melalui Wakil Ketua Azman Latif, yang mengikhlaskan perjuangan Syauqi untuk menjadi anggota DPD RI

“Kami dari Muhammadiyah beserta semua komunitas mengikhlaskan untuk mengirim pak Syauqi untuk menjadi DPD RI. Tentu ada banyak harapan sesuai dengan tagline Inspirasi Jogja akan benar – benar menginspirasi Jogja dan Indonesia,” ucap Azman.

Pada kesempatan ini juga, Syauqi memohon doa restu dan dukungan agar dimudahkan dalam berjuang untuk membawa manfaat bagi masyarakat melalui DPD RI ini.

“Terima kasih, mohon doa restu dan dukungannya. Semoga kita semua dimudahkan dalam menjemput amanah, membawa manfaat yang besar untuk masyarakat DIY dan insyaallah untuk Indonesia,” tutur Syauqi sebelum memasuki Kantor KPU DIY.

Sekadar informasi, pengajuan bakal calon anggota DPRD DIY dan pendaftaran bakal calon anggota DPD RI berlangsung 1-14 Mei 2023. Berdasar data rekap awal KPU RI jumlah pendaftar anggota DPD di DIY ini paling sedikit jumlahnya dibandingkan provinsi yang lain yakni 9 bakal calon. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here