YOGYA - Konflik antara Palestina dengan Israel yang terjadi kali ini semakin memanas dan turut memancing seluruh pihak, terutama umat Islam di seluruh dunia. Dukungan kepada para pejuang dan warga Palestina terus berdatangan dari seluruh umat Islam agar mereka tetap berjuang melawan penjajahan yang dilakukan oleh Zionis Israel.

 

Dukungan terus mengalir melalui berbagai cara, salah satunya dengan aksi turun ke jalan mengibarkan bendera Palestina. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY bersama sejumlah ormas kepemudaan dan mahasiswa Islam Yogyakarta dengan menggelar Aksi Solidaritas untuk Kemerdekaan Palestina, pada Jumat (28 Rabiul Awal 1445 H bertepatan 13 Oktober 2023) di Titik 0 km Yogyakarta.

 

Hadir di tengah teriknya sinar matahari, kehadiran PWPM DIY pada aksi ini sebagai bukti komitmen untuk senantiasa mendukung perjuangan Palestina untuk merdeka. Selain mengikuti aksi dengan tertib dan khidmat, para kader Pemuda Muhammadiyah DIY melalui KOKAM turut membantu mengamankan kelancaran aksi ini.

 

Melihat hal tersebut, Komandan KOKAM PWPM DIY Rizal Ismail ikut mengapresiasi kepada umat muslim DIY yang secara tegas menyatakan sikapnya dan mendukung kemerdekaan palestina. "KOKAM (dan Pemuda Muhammadiyah) DIY yang juga bagian dari masyarakat muslim di DIY tentu satu suara mendukung palestina, kami juga berempati tentang perang yang terjadi," ujarnya.

 

Menurutnya juga, isu ini bukan hanya isu politik di Palestina, tetapi isu mempertahankan hak-hak kemanusiaan. Selain itu, bagi sesama muslim ini menjadi keprihatinan, karena di sana ada tempat bersejarah bagi umat muslim di dunia, yaitu Masjid Al Aqsa.

 

Tentu dengan adanya aksi ini diharapkan menjadi do'a besar dan harapan besar umat muslim di dunia untuk Palestina segera merdeka, sehingga penjajahan oleh Israel bisa dihentikan. "Kita KOKAM DIY mendesak pemerintah dunia untuk bersikap objektif. PBB harus segera menghentikan perang ini. Kami yang menginduk pada Muhammadiyah tentu memiliki sikap yang sama dengan Muhammadiyah," lanjut Rizal.

 

Sementara itu, Ketua PWPM DIY M. Arif Darmawan menyatakan bahwa bangsa Indonesia tidak akan mundur satu langkah pun untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Termasuk juga kader Pemuda Muhammadiyah DIY berkomitmen mendukung penuh perjuangan Palestina.

 

Arda, sapaan akrabnya, juga memastikan komitmen Pemuda Muhammadiyah DIY untuk terus berperan aktif dan mengirimkan bantuan serta relawan kemanusiaan untuk membantu masyarakat sipil Palestina yang terdampak perang, terutama perempuan dan anak-anak.

 

"Selama kemerdekaan Palestina belum dirasakan rakyat Palestina, maka selama itu pula Pemuda Muhammadiyah DIY berdiri tegak untuk ikut bersama - sama memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina," tegasnya. (*)

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah