News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim

SMK Negeri 4 Yogyakarta Serahkan Donasi Peduli Palestina kepada Lazismu Umbulharjo

YOGYA - Hari Jum’at (24/11) yang barokah dimanfaatkan para siswa dan siswi SMK Negeri 4 Yogyakarta untuk mengasah keislaman dan motivasi untuk diri masing-masing.

Bertempat di Pendopo SMK Negeri 4 Yogyakarta, yang beralamat di Jl. Sidikan No.60, Sorosutan Umbulharjo Kota Yogyakarta, sekitar 1900 siswa mengikuti pengajian dan motivasi untuk siswa-siswi SMK Negeri 4 Yogyakarta. Pengajian dan motivasi tersebut mengambil tema “ Menyiapkan generasi bermental tangguh dalam menyongsong Ujian Akhir Semester”.

Menurut Setyo Budi Sungkowo, S.Pd., M.Pd selaku kepala sekolah, kegiatan ini selain sebagai pembekalan siswa siswi untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah, juga merupakan rangkaian kegiatan “Pekan donasi peduli Palestina”.

Terpisah, Jamadi, S.Ag., M.Si selaku guru agama SMK Negeri 4 Yogyakarta mengatakan bahwa, kepedulian keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta sangat besar untuk membantu saudara kita di Palestina terutama dari siswa-siswinnya. Terbukti walaupun hanya dalam waktu singkat donasi yang terkumpul dari kegiatan tersebut sebesar Rp. 7.500.000,-.

Masih menurut Jamadi, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan utamannya agar siswa-siswi mempunyai kepedulian kepada sesama, untuk saat ini terutama kepada saudara kita di Palestina.

Selama ini siswa-siswi hanya melihat dan mendengar dari media dan berita terkait yang terjadi di Palestina.Dari apa yang mereka lihat dan dengar, kemudian mereka hanya bisa mengatakan, “kasihan, sedih, miris  dan ungkapan prihatin lainnya”.

"Namun sekolah berharap, siswa-siswi ini bisa melakukan aksi nyata. Bahkan sebenarnya ada siswa yang pengen bisa ikut membantu langsung di Palestina," ucap Jamadi yang juga sekaligus pembina OSIS SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Meskipun kenyataannya hal itu sangat kecil kemungkinan untuk bisa dilakukan, sekolah memberikan pengertian kepada siswa siswinya bahwa, kepedulian kita, bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti ikut berpartisipasi donasi, mensyiarkan peristiwa yang terjadi di Palestina melalui media sosial pribadi masing-masing dan sebagainya.

Selain itu, beliau juga berharap kepada seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Agar kepedulian kita kepada Palestina bisa diajarkan kepada siswa-siswi di sekolah dengan dimulai dari hal yang sederhana, yaitu ikut menggalang donasi dan di sampaikan melalui lembaga yang terpercaya.

Karena bagi Jamadi, masih banyak juga sekolah-sekolah, terutama sekolah yang besar, belum mengajak keluarga besarnya untuk ikut menggalang dana untuk saudara kita di Palestina.

Acara pengajian dan motivasi tersebut berlangsung dari pukul 08.00 sampai 09.30. Diawali dengan sambutan Setyo Budi Sungkowo selaku kepala sekolah, dilanjutkan dengan pengajian dan motivasi oleh Ust. Agus Susanto, dan rangkaian acara “Pekan Donasi Peduli Palestina“ diakhiri dengan serah terima donasi Palestina dari keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta kepada Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo.

Penyerahan diberikan oleh Kepala Sekolah, pembina OSIS dan perwakilan OSIS SMK Negeri 4 Yogyakarta kepada Abdul Rosyid, S.Pd selaku Kepala Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo dihadapan seluruh siswa-siswi peserta pengajian dan motivasi.

Setelah prosesi serah terima donasi selesai,  Rosyid selaku Kepala kantor Layanan Lazismu Umbulharjo, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMK Negeri 4 Yogyakarta atas kepeduliannya kepada palestina.

Ia juga berpesan kepada siswa-siswi sekalian, agar selalu mensyiarkan apa yang terjadi di Palestina melalui media sosial mereka,tentunya dengan cara yang santun dan beradap dan kemudian ditutup dengan doa bersama. Tak lupa Rosyid mendoakan semoga jadi amal jariyah seluruh keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Abdul Rosyid (Ketua KL Lazismu Umbulharjo) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here