News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

SMK Negeri 4 Yogyakarta Serahkan Donasi Peduli Palestina kepada Lazismu Umbulharjo

YOGYA - Hari Jum’at (24/11) yang barokah dimanfaatkan para siswa dan siswi SMK Negeri 4 Yogyakarta untuk mengasah keislaman dan motivasi untuk diri masing-masing.

Bertempat di Pendopo SMK Negeri 4 Yogyakarta, yang beralamat di Jl. Sidikan No.60, Sorosutan Umbulharjo Kota Yogyakarta, sekitar 1900 siswa mengikuti pengajian dan motivasi untuk siswa-siswi SMK Negeri 4 Yogyakarta. Pengajian dan motivasi tersebut mengambil tema “ Menyiapkan generasi bermental tangguh dalam menyongsong Ujian Akhir Semester”.

Menurut Setyo Budi Sungkowo, S.Pd., M.Pd selaku kepala sekolah, kegiatan ini selain sebagai pembekalan siswa siswi untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah, juga merupakan rangkaian kegiatan “Pekan donasi peduli Palestina”.

Terpisah, Jamadi, S.Ag., M.Si selaku guru agama SMK Negeri 4 Yogyakarta mengatakan bahwa, kepedulian keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta sangat besar untuk membantu saudara kita di Palestina terutama dari siswa-siswinnya. Terbukti walaupun hanya dalam waktu singkat donasi yang terkumpul dari kegiatan tersebut sebesar Rp. 7.500.000,-.

Masih menurut Jamadi, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan utamannya agar siswa-siswi mempunyai kepedulian kepada sesama, untuk saat ini terutama kepada saudara kita di Palestina.

Selama ini siswa-siswi hanya melihat dan mendengar dari media dan berita terkait yang terjadi di Palestina.Dari apa yang mereka lihat dan dengar, kemudian mereka hanya bisa mengatakan, “kasihan, sedih, miris  dan ungkapan prihatin lainnya”.

"Namun sekolah berharap, siswa-siswi ini bisa melakukan aksi nyata. Bahkan sebenarnya ada siswa yang pengen bisa ikut membantu langsung di Palestina," ucap Jamadi yang juga sekaligus pembina OSIS SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Meskipun kenyataannya hal itu sangat kecil kemungkinan untuk bisa dilakukan, sekolah memberikan pengertian kepada siswa siswinya bahwa, kepedulian kita, bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti ikut berpartisipasi donasi, mensyiarkan peristiwa yang terjadi di Palestina melalui media sosial pribadi masing-masing dan sebagainya.

Selain itu, beliau juga berharap kepada seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Agar kepedulian kita kepada Palestina bisa diajarkan kepada siswa-siswi di sekolah dengan dimulai dari hal yang sederhana, yaitu ikut menggalang donasi dan di sampaikan melalui lembaga yang terpercaya.

Karena bagi Jamadi, masih banyak juga sekolah-sekolah, terutama sekolah yang besar, belum mengajak keluarga besarnya untuk ikut menggalang dana untuk saudara kita di Palestina.

Acara pengajian dan motivasi tersebut berlangsung dari pukul 08.00 sampai 09.30. Diawali dengan sambutan Setyo Budi Sungkowo selaku kepala sekolah, dilanjutkan dengan pengajian dan motivasi oleh Ust. Agus Susanto, dan rangkaian acara “Pekan Donasi Peduli Palestina“ diakhiri dengan serah terima donasi Palestina dari keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta kepada Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo.

Penyerahan diberikan oleh Kepala Sekolah, pembina OSIS dan perwakilan OSIS SMK Negeri 4 Yogyakarta kepada Abdul Rosyid, S.Pd selaku Kepala Kantor Layanan Lazismu Umbulharjo dihadapan seluruh siswa-siswi peserta pengajian dan motivasi.

Setelah prosesi serah terima donasi selesai,  Rosyid selaku Kepala kantor Layanan Lazismu Umbulharjo, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMK Negeri 4 Yogyakarta atas kepeduliannya kepada palestina.

Ia juga berpesan kepada siswa-siswi sekalian, agar selalu mensyiarkan apa yang terjadi di Palestina melalui media sosial mereka,tentunya dengan cara yang santun dan beradap dan kemudian ditutup dengan doa bersama. Tak lupa Rosyid mendoakan semoga jadi amal jariyah seluruh keluarga besar SMK Negeri 4 Yogyakarta. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Abdul Rosyid (Ketua KL Lazismu Umbulharjo) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here