News

News

MediaMU.COM

May 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji

Semangat Kolektif Kolegial dan Kolaborasi jadi Landasan Rakerpim PWM DIY

foto dokumentasi rakerpim oleh: Fatan Asshidqi

SLEMAN - Untuk membahas dan menjadi awal perjalanan melaksanakan program kerja setahun ke depan, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY selenggarakan rapat kerja pimpinan (Rakerpim) pada Sabtu-Ahad (16-17/12) di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi, Seni, dan Budaya (BBPPMPV Seni dan Budaya), Sleman. Rapat pimpinan ini, menekankan semangat kolektif kolegial sebagai landasan melaksanakan program kerja ke depannya.

Hal ini disampaikan ketua PWM DIY, Dr. Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A., dalam sambutannya di hadapan peserta rakerpim yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara seluruh Unit Kerja Pimpinan (UPP) PWM DIY. Ikhwan mengingatkan semangat ini harus tertanam dan ada dalam setiap anggota pimpinan, agar program kerja ke depannya bisa berjalan dengan baik.

Surat An-Naml ayat 32 menjadi landasan Ikhwan dalam menyampaikan amanatnya tersebut. Ayat tersebut mengisahkan kerendahan hati Ratu Balqis yang meskipun menjadi pimpinan tertinggi kerajaanya masih meminta pada staf ahlinya.  

“Ayat ini akan relevan jika dikupas kembali dalam semangat kolektif kolegial. Ratu Balqis adalah seorang ratu yang besar, tapi kebesaran itu dipotret dalam semangat musyawarah dengan para stafnya. Ini menjadi kisah yang sangat menginspirasi untuk kita semua,” jelasnya.

Selain ayat tersebut, Ikhwan kemudian juga mengingatkan pesan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ketika terpilih kembali menjadi ketua umum.

“Maka kita harus ingat pesan Pak Haedar saat terpilih kembali, beliau berpesan “Saya hanya dimajukan sejengkal dan ditinggikan seinci.” Ini tentu menjadi semangat kita untuk merekatkan diri kita satu sama lain dan menjalin kolaborasi antar mejelis dan lembaga. Ini menjadi semangat kolektif kolegial kita,” tuturnya.

 Lebih lanjut Ikhwan mengingatkan kepada masing-masing majelis dan lembaga yang hadir untuk memegang teguh 8 program prioritas Muhammadiyah yang disepakati dalam Muktamar ke-48. Program-program ini, menurut bukan hanya akan dipertanggung jawabkan kepada warga Muhammadiyah namun juga pada Allah Swt.

Sekretaris PWM DIY, Arif Jamali Muis, S.Pd., M.Pd., pada kesempatannya mengingatkan bahwa rakerpim akan dilaksanakan setiap tahunnya. Menurutnya, ini dilakukan agar pelaksanaan dan pertanggung jawaban program lebih mudah.

“Setiap tahun insyaAllah akan ada rapat kerja di ujung tahun, untuk melakukan evaluasi dan rancangan program setahun kedepan.Untuk menjalankan program itu cukup persatu tahun sehingga untuk pelaksanaan dan pertanggung jawabannya lebih enak,” jelasnya.

Arif Kemudian juga berharap kolaborasi antar majelis dan lembaga dalam mengemban tanggung jawab program kerja setahun ke depan. Ini sesuai dengan tagline yang diusung untuk tahun 2024 yaitu “Kolaborasi.”

“Periode 2024 taglinenya kolaborasi, sehingga mari kita berkolaborasi dan berjejaring antara majelis dan lembaga untuk program kerja setahun ke depan,” ucapnya.

Dalam sambutan lain, Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd., selaku kepala BBPPMPV Seni dan Budaya yang juga warga Muhammadiyah mengaku senang dan bangga atas gelaran rakerpim di tempat yang ia kelola. Kebanggaan itu karena ia meyakini bahwa fasilitas yang ada di tempatnya harus digunakan sebaik mungkin untuk pembangunan bangsa.

“Untuk itu, fasilitas lengkap yang ada ini harus dimaksimalkan untuk membangun bangsa. Ada tugas besar bagi saya warga Muhammadiyah untuk membangun bangsa melalui Persyarikatan ini,” jelasnya.

Selain membahas program kerja, dalam rapat ini Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PWM DIY juga melaunching sistem informasi untuk membantu UPP. Sistem ini dikembangkan bersama dengan MPI PP Muhammadiyah dan diberi nama SIM UPP. Nantinya sistem ini akan berguna untuk mencatat setiap program yang berjalan sehingga ada riwayat pelaksanaan program secara lengkap untuk memudahkan dalam pertanggung jawaban kelak. (*)

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here