News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Permudah Pencatatan dan Pengawasan Kerja, MPI PWM DIY Launching SIM UPP

SLEMAN - Di sela Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PWM DIY melaunching aplikasi Sistem Informasi Kegiatan Unit Pembantu Pimpinan (SIM UPP). Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh seluruh UPP, yang terdiri dari majelis dan lembaga di PWM DIY untuk mempermudah pencatatan progres pelaksanaan program kerjannya.

SIM UPP awalnya adalah program dari MPI Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Namun, karena sebagian perancangnya juga merupakan anggota MPI PWM DIY maka aplikasi ini diturunkan kepada PWM DIY dengan berbagai macam penyesuaian. PWM DIY juga menjadi pimpinan yang pertama kali menggunakan aplikasi ini, sekaligus untuk menjadi model bagi pimpinan yang lain.

“Awalnya SIM UPP ini dipakai oleh PP Muhammadiyah, kemudian diturunkan ke PWM dengan berbagai penyesuaian, termasuk nanti di SIM Surat,” jelas Afan Kurniawan, S.T., M.T., ketua MPI PWM DIY dalam wawancaranya bersama mediamu.com di sela-sela Rakerpim PWM DIY, Sabtu (16/12). SIM Surat sendiri, kata Afan, adalah aplikasi yang mirip SIM UPP namun penggunaanya dan fungsinya terbatas pada kesekretariatan anggota PWM DIY saja.

Afan menerangkan bahwa tujuan utama Sim UPP hadir adalah sebagai monitor dari kegiatan dan keaktifan UPP PWM DIY, sekaligus layanan yang memudahkan UPP dalam melaporkan program kerjanya, karena di dalamnya sudah terdapat fitur-fitur yang disesuaikan dengan kegiatan UPP.

“SIM UPP ini akan digunakan untuk membuat ukuran kerja keaktifan dari masing-masing majelis dan lembaga, mulai dari program kerja hingga presensi. Namun perlu dicatat, bahwasanya nantinya ini tidak dimaksudkan untuk menentukan ini yang paling aktif atau ini yang paling malas. Tapi untuk mengetahui seberapa jauh kerja-kerja, termasuk apakah target telah tercapai,” tuturnya.

Nantinya masing-masing UPP akan mendapat akun untuk bisa mengakses SIM UPP dan melakukan pencatatan. Pencatatan tersebut bisa kegiatan internal, misal rapat, maupun eksternal, seperti pengajian, pelatihan, seminar. Dengan pencatatan tersebut maka dapat diketahui data jumlah atau frekuensi kegiatan tiap UPP, maupun keaktifan setiap personil pengurus UPP.

Data-data dari SIM UPP nantinya akan disajikan dalam bentuk tabel ataupun bentuk grafik. Ada pula data-data yang berupa dokumen antara lain berupa notulen rapat, berita acara kegiatan, dan foto kegiatan.

Dengan fitur-fitur seperti visualisasi data, tabel kegiatan, hingga manajemen data di dalamnya, SIM UPP mampu menyederhanakan proses administrastrasi dan peningkatan transparansi dalam pelaporan aktivitas sehingga akan meningkatkan koordinasi dan peningkatan kinerja di antara UPP di PWM DIY.

Dalam keterangannya, Afan menyatakan bahwa SIM UPP ini baru akan disosialisaikan minggu depan kepada semua UPP PWM DIY.

“Kemungkinan Hari Rabu besok baru disosialisasikan, semoga tidak ada perubahan,” tandasnya. (*)

 

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here