News

News

MediaMU.COM

Apr 30, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng

Lazismu PWM Jawa Tengah Berangkatkan 20 Bus untuk 900-an Peserta Arus Balik

SEMARANG - Bertempat di Masjid Agung Jawa Tengah, Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) PWM Jawa Tengah melepas peserta mudik gratis (arus balik), Ahad (14/4).

Kegiatan yang berlangsung Ahad-Senin (14-15/4) ini sendiri merupakan kerja sama antara Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia dengan Lazismu di tiga Provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun Lazismu Jawa Tengah diberikan kepercayaan untuk  mengelola program di Jawa Tengah.

Hadir dalam pelepasan peserta Anggota Komisi VIII DPR-RI, Abdul Wachid, Anggota Dewan Pengawas BPKH-RI, Rojikin, Anggota BPKH-RI, Arief Mufraini, Sekretaris BP Lazismu PP Muhammadiyah Gunawan Hidayat, Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Ahmad Hasan Asyari Ulama’i, Ketua BP Lazismu Jawa Tengah, Dwi Swasana Ramadhan, Sekretaris Pengurus Pengelola MAJT, Muhyiddin, Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kasatlantas Polrestabes Semarang, Yuladi, serta para peserta program Balik Kerja Bareng BPKH.

Menurut informasi yang panitia sampaikan, dari 2.000-an orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini, terpilih 960 orang yang akan diberangkatkan untuk kembali ke Jakarta dan sekitarnya menggunakan 20 armada bus.

Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap program yang diselenggarakan BPKH bekerja sama dengan Lazismu. Ia berharap para peserta Balik Kerja Bareng BPKH sampai tujuan dengan selamat dan dapat kembali bekerja dengan lancar.

“Selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah saya mengucapkan selamat kepada Lazismu Jawa Tengah yang siap menjalankan amanah dari BPKH untuk melayani umat. Inilah semangat Persyarikatan sejak awal berdiri, 1912, menggembirakan. Makanya sejak awal bagaimana masyarakat yang belum mengenyam pendidikan, Persyarikatan hadir menyediakan sekolah-sekolah bagi mereka,” ucap Hasan.

Ia juga berharap, ke depan program Mudik Gratis dapat terus berjalan dan berkembang, agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dengan lebih luas.

Selanjutnya, Sekretaris BP Lazismu PP Muhammadiyah, Gunawan Hidayat, dalam sambutannya menjelaskan bahwa program Balik Kerja Bareng BPKH diselenggarakan bersama 12 lembaga lain menjadi mitra dari BPKH-RI untuk menjalankan berbagai program selama Ramadan.

“Program Balik Kerja ini salah satu dari program Ramadan, di antaranya yang lain program Kado Ramadan, distribusi mushaf Al-Qur’an dan lainnya,” ucap Gunawan.

Ia juga berterima kasih kepada BPKH yang telah memberikan kepercayaan kepada Lazismu.

Anggota BPKH-RI, Arief Mufraini, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa selain di Semarang, Program Balik Kerja ini juga diselenggarakan di Solo dan Surabaya.

“Memang pilihan diksi kita bukan ke mudiknya, tapi ke kembali kerjanya. Jadi, mengikuti struktur Id itu sendiri, di mana kita kembali kepada fitrah kita, kembali kepada kebaikan kita dan kemaslahatan kita, sehingga yang digunakan adalah diksi balik kerja,” ungkap Arief menjelaskan.

Berkenaan dengan operasional program ini, Arief menjelaskan bahwa yang digunakan untuk kemaslahatan umat adalah dana abadi yang dikelola oleh BPKH.

Anggota Komisi VIII DPR-RI, Abdul Wachid, yang hadir secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada BPKH dan Lazismu yang menyelenggarakan program Balik Kerja, di mana program ini adalah program yang realistis dan secara langsung membantu masyarakat.

“Saya berharap, kegiatan ini ke depan dapat semakin meningkat. Jangan hanya 900 (peserta). Saya mendukung kegiatan ini terus dilakukan. Kami mohon nilai manfaat dana abadi umat dapat ditambah,” kata Wachid.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian bingkisan secara simbolis kepada peserta dan cinderamata kepada seluruh stakeholder yang terlibat.

Setelah acara pembukaan, para peserta dilepas secara langsung oleh segenap tamu undangan dan dikawal langsung oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk memastikan keamanan dan keselamatan para peserta.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here