News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban

Resmi Dikukuhkan, PD IPM Kulon Progo 2023/2025 Siap Berlayar

Prosesi pengukuhan PD IPM Kab. Kulon Progo 2023/2025. Foto: PD IPM Kulon Progo

KULON PROGO - Sah! Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kulon Progo Periode 2023/2025 resmi dikukuhan, pada Ahad (7/1). Berlangsung di Ruang Pertemuan SMK Muhammadiyah 1 Temon, pengukuhan terlaksana secara khidmat diikuti oleh seluruh pimpinan baru PD IPM Kulon Progo Periode 2023/2025.

Pengukuhan ini dihadiri sejumlah tamu undangan, seperti Drs. Jazil Ambar Was’an yang mewakili Bupati Kulon Progo, Ketua Umum PW IPM DIY Naufal Labiba Wildan beserta jajarannya, Ari Gunawan S.Pd.I., M.Pd selaku perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulon Progo, Sri Ningsih S.Pd., M.Pd. selaku perwakilan dari Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Rachmad Sukriyanto dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kulon Progo, Rahma Farikha dari Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kulon Progo, Fajar dari Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kulon Progo, perwakilan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kulon Progo, dan seluruh perwakilan PD IPM se-DIY.

Proses pengukuhan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah (PW) IPM DIY, Tsabita Ikrima Al Arify. Dilanjutkan pembacaan ikrar dari Ketua Umum PW IPM DIY, Naufal Labiba Wildan.

Ketua Umum PD IPM Kulon Progo Periode 2021/2023, Asysyifa Hasbi Lastaputra, menyampaikan selamat atas dikukuhkannya PD IPM Kulon Progo Periode 2023/2025.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menjalin kolaborasi dan bekerja sama dengan PD IPM Kulon Progo Periode 2021/2023. Semoga kerja sama ini terus berlanjut di kepemimpinan PD IPM Kulon Progo Periode 2023/2025,” tutur Hasbi.

Ketua PW IPM DIY Bidang Lingkungan Hidup itu juga menegaskan bahwa ber-IPM berarti memiliki keluarga yang baru. Oleh karena itu, jangan sampai ber-IPM tidak hanya sebatas menjalankan program kerja saja, tetapi juga semangat solidaritas antarpimpinan wajib dipupuk dan dijaga.

Selain itu, dia turut mewanti-wanti kepada PD IPM Kulon Progo Periode 2023/2025 untuk menjalin komunikasi aktif dengan alumni PD IPM Kulon Progo Periode 2021/2023 maupun alumni periode sebelumnya.

Ketua Umum PD IPM Kulon Progo periode 2023/2025, Rizqi Kurniawan, menyampaikan IPM Kulon Progo adalah pelajar yang masih harus belajar. Oleh karena itu, Rizqi memohon kepada Ayahanda Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Ibunda Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kulon Progo agar senantiasa membimbing serta membina PD IPM Kulon Progo untuk mewujudkan tujuan IPM maupun tujuan besar Muhammadiyah.

“Marilah kita jadikan hari ini sebagai sejarah yang besar bagi diri kita masing-masing. Jadikanlah hari ini sebagai momentum untuk kita menyadari bahwa kita semua di sini mengemban sebuah amanah, sebuah misi, sebuah tujuan besar, bukan hanya sebuah amanah murah yang diobral di pinggir jalan," ucap Rizqi

"Mari kita buktikan bahwa kita mampu menjadi seorang kader yang benar-benar memberi arti besar kepada ikatan. Jangan sampai hari ini hanya menjadi sebuah momentum yang tak berarti,” lanjutnya.

Ipmawan Naufal Labiba Wildan selaku Ketua Umum PW IPM DIY juga turut menyampaikan pesan untuk menumbuhkan semangat dan ghirah berjuang di Muhammadiyah, khususnya di IPM. Selain itu, seluruh PD IPM Kulon Progo Periode 2023/2025 yang terdiri dari seluruh kapanewon di Kulon Progo harapannya dapat menjadi representasi dari masing-masing kapanewon.

"Terus tingkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Tidak hanya dengan kalangan Muhammadiyah, tetapi lebarkan sayap kolaborasi dengan lingkup di luar Muhammadiyah juga,” jelas Labiba.

Labiba juga menegaskan bahwa kolaborasi tidak terbatas. PD IPM Kulon Progo Periode 2023/2025 dapat menjalin kerja sama dengan PD IPM se-DIY atau PD IPM Purworejo karena secara geografis berdekatan.

Menjelang akhir acara, Ari Gunawan dari PDM Kulon Progo menyampaikan amanat kepada PD IPM Kulon Progo tentang integrasi terkoneksi, yaitu keterpaduan antara ilmu agama dengan ilmu umum.

“Pelajar diharapkan dapat menjadi pelopor keilmuan sesuai dengan Firman Allah Swt. dalam Surat Al Mujadalah ayat 11 yang artinya ‘Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu’ sehingga ruh keilmuan tetap terjaga. Semoga PD IPM Kulon Progo senantiasa melahirkan inovasi-inovasi demi kebermanfaatan bagi umat,” tutur Ari Gunawan.

Rangkaian agenda pengukuhan diakhiri dengan sambutan Bupati Kulon Progo yang disampaikan oleh Jazil Ambar Was’an. Dalam sambutannya, Jazil menyampaikan Introspeksi diri merupakan hal yang diperlukan untuk melihat diri seperti apa karena orang ke depan akan menjadi lebih ketika mampu melihat diri kita seperti apa.

“Selama kita bisa mengetahui cerminan diri, kita bisa mengetahui bagaimana kepemimpinan PD IPM Kulon Progo ke depan berjalan. Selain itu, target juga dibutuhkan untuk menjalankan sebuah roda kepemimpinan. Jangan melupakan janji pengukuhan yang telah diucapkan karena disaksikan oleh Allah Swt. sehingga dalam melaksanakan proses kepemimpinan tidak asal-asalan,” tutur Jazil. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Zu Almas Syifa (PW IPM DIY)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here