News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Ketua LDK PWM DIY Ajak IPM Jadi Kader Penjaga Lingkungan

BANTUL Ketua Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) PWM DIY Ananto Isworo, S.Ag. berkesempatan untuk hadir sebagai narasumber dalam Sekolah Ekologi PW IPM DIY, pada Sabtu dan Ahad (20-21/5).

Kegiatan bertemakan “Konservasi Ekologi dengan Pendekatan Kultural” itu diadakan di SMP Muhammadiyah Kreatif Dlingo dan diikuti oleh komunitas anak-anak muda dari berbagai lembaga IPM se-DIY. Selain Ananto, juga ada narasumber kedua, yakni Rahmawati Husein, Ph.D. dari Lembaga Resiliensi Bencana / MDMC PWM DIY.

Dalam paparannya, Ananto  mengajak para peserta untuk membaca dan mempelajari buku “Teologi Lingkungan” yang telah diterbitkan oleh Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Setiap diri kita bertanggung jawab sebagai seorang Muslim terhadap baik buruknya lingkungan,” tutur Ananto kepada para peserta.

Founder Gerakan Shadaqah Sampah Berbasis Eco-Masjid Al Muharram Kampung Brajan Tamantirto itu menambahkan lima poin pandangan Islam yang harus diperhatikan dan jadi dasar dalam melestarikan lingkungan.

Pertama, menjaga lingkungan itu adalah bagian dari menjaga tauhid kita (Q.S. Ar Rum: 41-42); kedua, menjadi bagian dari tugas kekhalifahan manusia di muka bumi (Q.S. Al Baqarah: 30); ketiga, dalam rangka menjaga amanah (Q.S. Al Anbiya: 107); keempat, bagian dari menjaga keseimbangan ekosistem (Q.S. Al A’raf: 56-58); dan kelima, menjadi bagian dari ishtishlah (Q.S. Al Baqaroh: 220).

“Keenam poin itu menjaga kehalalan rizki yang diambil dari bumi dan keenam bagian itu pula menghindarkan diri kita dari mengambil sesuatu secara haram,” jelas Ananto.

Ananto juga menyampaikan pentingnya anak-anak muda untuk membangun komunitas pecinta lingkungan. Karena kepedulian anak muda hari ini akan ikut menentukan tatanan lingkungan di kemudian hari.

“Jika kamu ingin mengubah suatu lingkungan, maka ubah dulu cara pandang kamu terhadap lingkungan. Kami sangat mengharap tumbuhnya kader-kader penjaga lingkungan dan komunitas-komunitas baru yang peduli terhadap lingkungan” pesan Founder Gerakan Shodaqoh Sampah berbasis Eco-masjid itu.

Selain materi pada hari pertama, di hari kedua sekolah ekologi ini diselingi dengan aksi penanaman bibit pohon bersama Edi padmo selaku Pendiri & Koordinator Komunitas RESAN Gunungkidul, dan dilanjutkan bersama Ir. Niken Aryati, MP yang merupakan Kepala Bidang Planologi dan Produksi Hutan, DLH.

Sekolah Ekologi diakhiri dengan materi tentang Kampanye Kepedulian Lingkungan oleh M. Yasir Abdad, seorang Influencer sekaligus Ketua PW IPM DIY Bidang Advokasi dan Kebijakan Publik. (*)

Berita ini diterima mediamu.com dari Ananto Isworo.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here