News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

PWM Lepas Utusan Muktamar IPM dari DIY: Tetaplah Bergembira

YOGYA – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM DIY) melepas keberangkatan delegasi PW IPM DIY menuju Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Medan, Sumatera Utara. Pelepasan dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah DIY, Rabu (29 Muharram 1445 H bertepatan 16 Agustus 2023). Sebelum dilepas, para delegasi mendapatkan beberapa arahan sebagai bekal motivasi dan semangat pada muktamar nanti.

Ketua Umum PW IPM DIY, Racha Julian Chairurrizal, mengatakan bahwa setiap muktamar pasti ada banyak dinamika yang terjadi.

“Kita di muktamar tentu mengalami banyak dinamika. Seperti itulah muktamar dan setiap permusyarawatan, hal itu sangat wajar. Maka semua hal yang dipersiapkan perlu dimatangkan lagi,” kata Racha.

Sebagai ketua umum, ia bertanggung jawab penuh terhadap apa yang diharapkan IPM DIY pada muktamar. Oleh karenanya, gagasan dan ide akan berusaha disampaikan dalam muktamar.

Sebelum Muktamar ke-23 ini, ada banyak hal yang terjadi, terlebih saat di Medan nanti. Maka tak ada hal lain yang dipersiapkan, selain strategi dan kebersamaan.

“Kita yang sedikit ini harus bisa solid dan tidak boleh ada permainan di antara kita. Semoga bisa terealisasi dengan baik dan menjadi barokah,” harap Racha.

Menurut Sekretaris PWM DIY, Arif Jamali Muis, M.Pd., ajang muktamar menjadi keniscayaan bagi regenerasi dan mengevaluasi program IPM. Tak lupa juga adu gagasan dan ide untuk menatap dan mencandra IPM ke depan seperti apa.

Oleh karenanya, Arif setuju dengan Racha jika setiap dinamika adalah suatu kewajaran dan akan berulang terus. Tentunya dimensi dan model akan berbeda dari tahun ke tahun.

“Bagi IPM, ujung dari perdebatan dan dinamika adalah latihan untuk kader yang suatu saat akan masuk ke persyarikatan. Muktamar ini bukanlah terminal akhir dari dinamika kader IPM,” kata Arif yang pernah menjadi Sekretaris Jenderal PP IPM 2000-2002.

IPM DIY harus dewasa dalam melihat perhelatan muktamar kali ini. Meskipun tidak ada calon formatur dari DIY, hal itu tak perlu jadi masalah, karena ada banyak peran yang bisa diambil di PP IPM dengan menawarkan banyak ide dan gagasan besar.

Artinya, ada nilai-nilai lain yang bisa diperjuangkan dan disampaikan IPM DIY. Tidak melulu pada suara di pemilihan, melainkan di ideologi, intelektual, dan perkaderan.

Selain itu, IPM DIY harus menunjukkan marwah dan idealismenya yang kuat. Apalagi, idealisme sangat identik dengan kalangan remaja, pelajar, dan pemuda.

Maka dalam forum muktamar, Arif mengimbau untuk bersikap santun. Termasuk juga menarik diri dari perdebatan yang memunculkan kegaduhan. Walaupun tegas, namun kesantunan dan cara berpikir yang baik tetap penting.

“Selamat bermuktamar, PWM DIY mengucapkan hati-hati di jalan, jaga kesehatan, ibadah, dan sikap. Jaga nama baik Muhammadiyah DIY dalam Muktamar ini,” pesan Arif.

Wakil Ketua PWM DIY sekaligus Pembina AMM DIY, Iwan Setiawan, M.S.I., mengucapkan selamat jalan ke Muktamar kepada delegasi IPM DIY dan menyampaikan pesan dari Ketua PWM DIY, Dr. H. M. Ikhwan Ahada, M.A., untuk terus bersemangat, sehingga tergerak menjadi bagian dari kader.

Iwan juga berpesan agar tetap bergembira, baik saat maupun sesudah muktamar. “Jangan lupa juga pikniknya. Begitu selesai, apapun yang terjadi disana, tetaplah gembira. Karena Muhammadiyah harus bergembira,” katanya.

Sebanyak 22 peserta dari IPM DIY berangkat ke Muktamar XXIII. Muktamar XXIII IPM berlangsung tanggal 2-4 Safar 1445 H bertepatan 18-20 Agustus 2023. (*)

 

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here