News

News

MediaMU.COM

May 5, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi

PDPM dan PDM Sleman Adakan Pelatihan Rukti Jenazah Covid

Praktik dalam pelatihan rukti jenazah yang diselenggarakan PDPM bersama PDM Sleman, Jum'at (30/7). Foto: arief hartanto/mediamu

SLEMAN – Kondisi pandemi Covid-19 menimbulkan banyak permasalahan dalam hal penanganan. Salah satu masalah krusial adalah merawat jenazah yang terpapar covid sehingga perlu penanganan khusus baik secara protokol kesehatan dan ketentuan syar’i.

“Hal inilah yang mendorong  PDPM Sleman dan PDM Sleman mengadakan pelatihan perawatan jenazah covid sebagai kelanjutan dari sinergisitas PWPM, MPS PWM, dan rumah sakit PKU atas saran MCCC Wilayah,” kata Anton Nugroho, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY.

Saat ini pemulasaraan atau ngrukti jenazan baik terpapar Covid-19 maupun tidak menjadi hal yang harus cepat diselesaikan, karena permintaan di Sleman termasuk tinggi.

Kegiatan pelatihan rukti jenazah tersebut berlangsung hari Jum’at (30/7) di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sleman, Sawahan, Pandowoharjo, Sleman, diikuti sekitar 40 peserta.

Menurut Eko Sumardiyanto, Koordinator Acara, didampingi H. Affandi Sekretaris PDM Sleman, kepada kontributor mediamu.com Arief Hartanto, peserta pelatihan adalan relawan Covid dan Ambulanmu dari cabang di Sleman, dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat.

Acara diawali dengan pemaparan oleh Kang Budi dari MCCC dan dilanjutkan praktik oleh Instruktur Tata Cara Rukti Jenazah Covid berasal dari Tim Rukti RS PKU Kota Yogyakarta dan RS PKU Gamping.

Selain pemulasaraan jenazah baik teori maupun praktik disampaikan pula  materi pendukung seperti prosedur penggunaan APD, peribadatan, dan teknik disinfektanisasi bagi jenazah, sterilisasi ambulans serta petugasnya. Hal-hal tadi sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI dan Panduan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). (*)

Kontributor: Arief Hartanto
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here