News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

PW IPM DIY Luncurkan Dua Karya Pelajar

YOGYAKARTA — Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPM DIY) dalam momentum Milad 61 IPM sukses meluncurkan dua maha karya pelajar. Peluncuran dua karya tersebut dilakukan pada Resepsi Milad di Hall Societet Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (23/7).

Dua Karya tersebut adalah kanal YoutubeMeena Studio dan lagu berjudul Langkah Juang. Meena merupakan kanal yang dikelola para kader IPM DIY. Selain itu, Meena juga menggandeng Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai fundraising utamanya.  

Meena Studio diinisiasi oleh tim khusus yang dibentuk oleh bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) PW IPM DIY. Pendirian dilatarbelakangi oleh banyaknya generasi muda yang berpandangan sempit, tekstual, dan kaku terhadap ajaran agama Islam. Maka dari itu, perlu adanya gebrakan baru untuk mengenalkan nilai-nilai Islam berkemajuan dan dakwah inklusif.

“Karena Meena ini dimotori oleh bidang KDI, maka tentunya Meena diharapkan mampu menjadi arus baru di tengah dakwah yang dikenal monoton, tekstual dan eksklusif. Aadanya Meena ini juga diharapkan mampu menjadi arus baru dakwah yang inklusif,” tutur Faiz Arwi, Ketua PW IPM DIY bidang KDI.

Sebagai kanal yang dikelola oleh kader IPM, Meena bertujuan untuk melakukan promosi nilai-nilai Islam yang menggembirakan untuk generasi muda.  Nilai-nilai tersebut diimplentasikan dalam tema-tema khusus, seperti: fiqih remaja, ekologi kesehatan produksi, toleransi, serta teknologi dan agama.

Spirit Meena Studio, menurut Ketua Umum PW IPM DIY Racha Julian Chairurrizal, sejalan dengan tema Milad ke-61 IPM, yakni Arus Utama Pelajar Indonesia. “Meena Studio sebagai representasi PW IPM DIY menerjemahkan tema milad ke-61 dengan mendiseminasi nilai-nilai moderasi beragama dan dakwah yang menggembirakan. Dengan semangat ini, Meena Studio sangat relevan dengan PP IPM saat ini,” papar Racha.

Meena menawarkan dua segmen video, yakni Si Paling Kepo dan Surat Suara Meena. Si Paling Kepo merupakan segmen podcast yang berfokus pada tanya jawab agama. Di samping itu, juga menawarkan inovasi baru berupa video monolog di segmen Surat Suara Meena, yang berfokus pada bahasan ekologi kesehatan produksi, fiqih remaja, toleransi, serta teknologi dan agama.

Saat ini, Meena sudah mengunggah dua puluh satu video dan dalam waktu dekat ini, juga akan merilis delapan video baru. Kedepannya, Meena menargetkan mampu mengunggah 60 video yang dibagi dalam tiga termin.

Selain meluncurkan Meena, PW IPM DIY melalui Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga (ASBO) juga meluncurkan lagu yang berjudul Langkah Juang. Lagu ini ditulis oleh Latifah Dewi Purwitasari , Sekretaris PW IPM DIY bidang KDI.

Lagu tersebut merepresentasikan perjuangan seorang aktivis yang merawat dan mengawal umat. Langkah Juang merupakan suara hati yang menceritakan perjuangan aktivis dalam dinamika berorganisasi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Langkah Juang, tambah Racha, bukan hanya warisan yang ditinggalkan oleh PW IPM DIY periode 2021-2023. Tetapi juga diharapkan menjadi metode dakwah kultural yang menggembirakan, selain melalui Meena Studio.

“Selain menjadi legacy periode ini, lagu Langkah Juang diharapkan sebagai salah satu metode dakwah menggembirakan selain Meena.” kata Racha. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here