News

News

MediaMU.COM

May 8, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman

PW IPM DIY Luncurkan Dua Karya Pelajar

YOGYAKARTA — Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPM DIY) dalam momentum Milad 61 IPM sukses meluncurkan dua maha karya pelajar. Peluncuran dua karya tersebut dilakukan pada Resepsi Milad di Hall Societet Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (23/7).

Dua Karya tersebut adalah kanal YoutubeMeena Studio dan lagu berjudul Langkah Juang. Meena merupakan kanal yang dikelola para kader IPM DIY. Selain itu, Meena juga menggandeng Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai fundraising utamanya.  

Meena Studio diinisiasi oleh tim khusus yang dibentuk oleh bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) PW IPM DIY. Pendirian dilatarbelakangi oleh banyaknya generasi muda yang berpandangan sempit, tekstual, dan kaku terhadap ajaran agama Islam. Maka dari itu, perlu adanya gebrakan baru untuk mengenalkan nilai-nilai Islam berkemajuan dan dakwah inklusif.

“Karena Meena ini dimotori oleh bidang KDI, maka tentunya Meena diharapkan mampu menjadi arus baru di tengah dakwah yang dikenal monoton, tekstual dan eksklusif. Aadanya Meena ini juga diharapkan mampu menjadi arus baru dakwah yang inklusif,” tutur Faiz Arwi, Ketua PW IPM DIY bidang KDI.

Sebagai kanal yang dikelola oleh kader IPM, Meena bertujuan untuk melakukan promosi nilai-nilai Islam yang menggembirakan untuk generasi muda.  Nilai-nilai tersebut diimplentasikan dalam tema-tema khusus, seperti: fiqih remaja, ekologi kesehatan produksi, toleransi, serta teknologi dan agama.

Spirit Meena Studio, menurut Ketua Umum PW IPM DIY Racha Julian Chairurrizal, sejalan dengan tema Milad ke-61 IPM, yakni Arus Utama Pelajar Indonesia. “Meena Studio sebagai representasi PW IPM DIY menerjemahkan tema milad ke-61 dengan mendiseminasi nilai-nilai moderasi beragama dan dakwah yang menggembirakan. Dengan semangat ini, Meena Studio sangat relevan dengan PP IPM saat ini,” papar Racha.

Meena menawarkan dua segmen video, yakni Si Paling Kepo dan Surat Suara Meena. Si Paling Kepo merupakan segmen podcast yang berfokus pada tanya jawab agama. Di samping itu, juga menawarkan inovasi baru berupa video monolog di segmen Surat Suara Meena, yang berfokus pada bahasan ekologi kesehatan produksi, fiqih remaja, toleransi, serta teknologi dan agama.

Saat ini, Meena sudah mengunggah dua puluh satu video dan dalam waktu dekat ini, juga akan merilis delapan video baru. Kedepannya, Meena menargetkan mampu mengunggah 60 video yang dibagi dalam tiga termin.

Selain meluncurkan Meena, PW IPM DIY melalui Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga (ASBO) juga meluncurkan lagu yang berjudul Langkah Juang. Lagu ini ditulis oleh Latifah Dewi Purwitasari , Sekretaris PW IPM DIY bidang KDI.

Lagu tersebut merepresentasikan perjuangan seorang aktivis yang merawat dan mengawal umat. Langkah Juang merupakan suara hati yang menceritakan perjuangan aktivis dalam dinamika berorganisasi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Langkah Juang, tambah Racha, bukan hanya warisan yang ditinggalkan oleh PW IPM DIY periode 2021-2023. Tetapi juga diharapkan menjadi metode dakwah kultural yang menggembirakan, selain melalui Meena Studio.

“Selain menjadi legacy periode ini, lagu Langkah Juang diharapkan sebagai salah satu metode dakwah menggembirakan selain Meena.” kata Racha. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here