News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024

YOGYA - Tim sosial media perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui akun Instagram @perpustakaan_umy berhasil meraih prestasi tertinggi dengan memenangkan kategori lomba Instagram terbaik dalam Forum Perpustakaan  Perguruan Tinggi Muhammadiyahdan ‘Aisyiyah atau FPPTM AWARDS 2024. Pagelaran ini diadakan dalam rangka Silaturahmi Nasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (SILASMA Ke-2), dan menjadi yang pertama kali digelar oleh FPPTMA. Adapun acara Awarding ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada Kamis (6/6) yang dihadiri oleh sebanyak 171 perwakilan perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan A’isyiyah (PTMA) se-Indonesia.

Dalam kompetisi tersebut, Social Media Engagement menjadi salah satu yang paling diperhatikan dalam penjurian. Penilaiannya pun dilihat dari seberapa aktif pengguna media sosial dalam berinteraksi dengan konten yang diposting, baik itu melalui jumlah Likes, Share, Comments, dan Followers.  Selain itu penilaian lomba Instagram ini juga berdasarkan konsistensi postingan dan kreativitas konten. Maka dalam hal ini tim pengelola Instagram @perpustakaan_umy, yang terdiri dari enam orang, berhasil memenuhi kriteria ini dengan sangat baik serta menghadirkan konten yang menarik perhatian followers.

Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, SS., MA., menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih dari hasil kerja keras dan kekompakan tim pengelola sosial media perpustakaan UMY.

"Alhamdulillah, senang sekali karena ini lomba pertama dan kami langsung jadi juara satu. Semoga ini menjadi penyemangat untuk tim pengelola Instagram agar tetap bersemangat dan konsisten terhadap kualitas postingan dan bisa segera mendapatkan centang biru," ungkapnya saat ditemui tim humas pada Sabtu (9/6) di Perpustakaan UMY Gedung D Lantai 1.

Sebagai Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023, Novy Diana Fauzie menekankan pentingnya peran sosial media dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Dengan berbagai pencapaian ini, Perpustakaan UMY terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan inovatif melalui berbagai platform digital bagi pengunjung perpustakaan UMY.

 "Pada era digital ini, apapun yang dilakukan perpustakaan UMY tanpa dipromosikan maka tidak akan diketahui oleh para mahasiswa yang merupakan target pengunjung kita," tuturnya.


Saat ini, akun Instagram @perpustakaan_umy memiliki jumlah pengikut terbanyak sebagai Instagram perpustakaan se-PTMA di Indonesia. Pada tahun 2022, akun tersebut hanya memiliki 3.000 followers, namun kini pada tahun 2024 telah mencapai 9.778 followers dengan jumlah posting sebanyak 1.152. Perubahan yang signifikan ini tidak luput dari dukungan pimpinan universitas melalui unit terkait dengan layanan publikasi yang telah memfasilitasi pendampingan untuk media sosial

Ditambahkan oleh Eko Kurniawan, M.A., selaku tim leader sosial media Instagram, menyatakan bahwa konten yang diproduksi oleh tim selalu relevan dengan kebutuhan mahasiswa, sehingga mampu meningkatkan engagement. Menurut Eko, konten positif yang mendapatkan banyak engagement adalah postingan Reels serta konten-konten tips dan trik untuk mahasiswa.

"Mayoritas followers kita adalah mahasiswa, jadi kita usahakan kontennya sesuai dengan kebutuhan mereka seperti tips dan trik, kuis, serta layanan perpustakaan,” tutur Eko.

Konten sosial media Instagram @perpustakaan_umy ini sendiri dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu edukatif, informatif, dan hiburan. Dengan fokus pada layanan perpustakaan, tips dan trik menyelesaikan tugas kuliah, kuis berhadiah, hingga rekomendasi jurnal dan lainnya.

Rencananya tim akan terus meningkatkan kualitas konten dengan memperbarui konten planning setiap bulan dan bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UMY untuk meningkatkan engagement postingan. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan diadakan sesi live Q&A di Instagram untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa bertanya seputar layanan perpustakaan UMY.

Selain meraih juara di kategori Instagram, pustakawan UMY juga berhasil memperoleh juara ketiga dalam lomba esai terbaik, serta juara harapan 1 dan 2 dalam lomba riset terbaik pada ajang yang sama. Pencapaian ini mencerminkan kerja keras dan dedikasi tim perpustakaan UMY dalam berbagai bidang kompetisi.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here