News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

PCM Imogiri Wujudkan Impian Dirikan AUM Kesehatan

BANTUL — Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Musyawarah Cabang (Musycab), pada Jum’at (9/4/2021) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Imogiri, Bantul, wujudkan impian mendirikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang kesehatan.

Hal itu dengan memulai peletakan batu pertama pembangunan Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Imogiri, yang berlokasi di Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, yang dihadiri dr H Agus Taufiqurrahman, M.Kes dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua PWM DIY H Gita Danu Pranata, SE, MM, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Bantul dr H Widiyanto Danang Prabowo, MPH, Panewu Imigiri dan jajaran Forkopim Kapanewon Imogiri.

Pemrakarsa berdirinya Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Imogiri sekaligus Ketua PCM Imogiri, H Ponijo Ibnu Harto, S.Ag, M.Pd.I, menjelaskan, didirikannya klinik pratama ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Utamanya kaum dhuafa,” tandas Ponijo Ibnu Harto, yang menambahkan hal tersebut juga sebagai media dakwah Islam melalui pelayanan kesehatan.

Panewu Imogiri, Dra Sri Kayatun, mengapresiasi jajaran PCM Imogiri yang dengan semangat dan proaktif ingin mewujudkan layanan kesehatan dengan mendirikan klinik pratama di Imogiri.

Bagi Sri Kayatun, fasilitas kesehatan di Imogiri ini memang masih terbatas.

“Harapan kami, nantinya masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan di Klinik PKU Muhammadiyah Imogiri,” kata Sri Kayatun.

Menurut Sri Kayatun, selama ini Muhammadiyah juga sangat aktif dalam pemberdayaan ekonomi dan keumatan di wilayah Imogiri. “Sehingga kesejahteraan masyarakat Imogiri ini betul-betul bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWM DIY, H Gita Danu Pranata, SE, MM, mengemukakan, pemikiran kapitalis kalau untung-rugi itu hanya dari perdagangan dan mengumpulkan harta ternyata tidak terbukti.

“Tapi, teologi al-Maun yang dicanangkan Kyai Dahlan di bidang Penolong Kesengsaraan Umat sampai sekarang masih relevan,” kata Gita Danu Pranata.

Dikatakan Gita, kemuliaan dan kebahagiaan apabila menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat.

Sementara itu, Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr H Widiyanto Danang Prabowo, MPH, siap memberikan dukungan terwujudnya pembangunan klinik Imogiri sampai operasional nantinya.

“Hal itu tidak lama-lama dan kita proyeksikan paling lama tiga tahun harus sudah berubah menjadi rumah sakit type D,” ujarnya. (Jojo)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here