News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

PCM Imogiri Wujudkan Impian Dirikan AUM Kesehatan

BANTUL — Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Musyawarah Cabang (Musycab), pada Jum’at (9/4/2021) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Imogiri, Bantul, wujudkan impian mendirikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang kesehatan.

Hal itu dengan memulai peletakan batu pertama pembangunan Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Imogiri, yang berlokasi di Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, yang dihadiri dr H Agus Taufiqurrahman, M.Kes dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua PWM DIY H Gita Danu Pranata, SE, MM, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Bantul dr H Widiyanto Danang Prabowo, MPH, Panewu Imigiri dan jajaran Forkopim Kapanewon Imogiri.

Pemrakarsa berdirinya Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Imogiri sekaligus Ketua PCM Imogiri, H Ponijo Ibnu Harto, S.Ag, M.Pd.I, menjelaskan, didirikannya klinik pratama ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Utamanya kaum dhuafa,” tandas Ponijo Ibnu Harto, yang menambahkan hal tersebut juga sebagai media dakwah Islam melalui pelayanan kesehatan.

Panewu Imogiri, Dra Sri Kayatun, mengapresiasi jajaran PCM Imogiri yang dengan semangat dan proaktif ingin mewujudkan layanan kesehatan dengan mendirikan klinik pratama di Imogiri.

Bagi Sri Kayatun, fasilitas kesehatan di Imogiri ini memang masih terbatas.

“Harapan kami, nantinya masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan di Klinik PKU Muhammadiyah Imogiri,” kata Sri Kayatun.

Menurut Sri Kayatun, selama ini Muhammadiyah juga sangat aktif dalam pemberdayaan ekonomi dan keumatan di wilayah Imogiri. “Sehingga kesejahteraan masyarakat Imogiri ini betul-betul bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWM DIY, H Gita Danu Pranata, SE, MM, mengemukakan, pemikiran kapitalis kalau untung-rugi itu hanya dari perdagangan dan mengumpulkan harta ternyata tidak terbukti.

“Tapi, teologi al-Maun yang dicanangkan Kyai Dahlan di bidang Penolong Kesengsaraan Umat sampai sekarang masih relevan,” kata Gita Danu Pranata.

Dikatakan Gita, kemuliaan dan kebahagiaan apabila menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat.

Sementara itu, Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr H Widiyanto Danang Prabowo, MPH, siap memberikan dukungan terwujudnya pembangunan klinik Imogiri sampai operasional nantinya.

“Hal itu tidak lama-lama dan kita proyeksikan paling lama tiga tahun harus sudah berubah menjadi rumah sakit type D,” ujarnya. (Jojo)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here