News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Mubalig LDK PP Muhammadiyah di Kawasan 3T Dilarang Memaksa Masyarakat Lokal Masuk Islam

SURAKARTA-Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) PP Muhammadiyah 2023, peserta yang merupakan mubaligh dan dai dinasihati agar tidak memaksa masyarakat lokal di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) untuk masuk islam. Pesan ini disampaikan oleh Mochammad Arifin, Ketua LDK PP Muhammadiyah, ketika menyampaikan arahannya di acara tersebut pada Rabu (6/9) di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arifin menjelaskan bahwa aktivitas dakwah yang dilakukan mubaligh LDK PP Muhammadiyah tidak untuk mengislamkan seseorang. namun, jika ada seseorang atau masyarakat uang ingin berislam, mubalig wajib menjadi perantara atau pendidik sehingga yang bersangkutan nantinya bisa berislam dengan baik.

“Mubalig kita yang di daerah 3T tidak untuk mengislamkan seseorang, tetapi jika ada yang ingin berislam, wajib untuk membimbing mereka,” tutur Arifin.

Arifin mengutip apa yang disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah K.H. Saad Ibrahim, bahwa tujuan utama dakwah Muhammadiyah adalah untuk menggembirakan pengajaran Islam, bukan untuk memaksa seseorang masuk islam. Urusan mengislamkan seseorang, tuturnya, itu mutlak hak prerogatif Allah Swt. dengan hidayah yang Dia berikan kepada seseorang yang dikehendaki-Nya.

Sebagai informasi, LDK PP Muhammadiyah memiliki komunitas pendampingan mualaf. Komunitas pendampingan tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Salah satunya, seperti yang disebutkan Arifin, adalah komunitas pendampingan mualaf Suku Baduy di pedalaman Banten.

Ketika menjelaskan tentang tugas dan peran mubalig daerah 3T Muhammadiyah, Arifin mengungkapkan bahwa aktivitas dakwah di kawasan tersebut memang berat. Oleh karenanya, dibutuhkan dukungan, baik secara moril maupun materil dalam pengawalan dakwah di daerah 3T.

Bagi Arifin, mubalig tidak boleh identik dengan kemiskinan. penampilan seorang mubalig boleh saja, dan memang harus, sederhana tapi bukan berarti ia nyaman dengan kemiskinan. Arifin mendorong supaya mubalig Muhammadiyah berdaya secara materi agar bisa mendukung aktivitas dakwahnya.

Sudah menjadi hal umum bahwa seorang mubalig dalam aktivitas dakwahnya memerlukan sumber daya keuangan yang tidak sedikit. Sehingga para mubalig pun harus didukung untuk urusan itu. Jika para mubalig sudah tidak khawatir tentang sumber daya keuangannya, diharapkan mereka yang tersebar di beberapa daerah

 

Berita ini disadur mediamu.com dari bandungmu.com dengan judul Mubalig Muhammadiyah di 3T Dilarang Memaksa Masyarakat Lokal Masuk Islam Ini Lho Alasannya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here