News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul

BANTUL - Melalui Workshop Pengembangan Koperasi Kabupaten Bantul, Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, berkomitmen mewujudkan koperasi yang berada di Kabupaten Bantul untuk menjadi koperasi yang tidak tradisional. Oleh karena itu kolaborasi ini bertujuan untuk mengubah stigma masyarakat terkait pandangan koperasi.

“Workshop ini bertujuan dan menjadi komitmen agar koperasi di Bantul ini bisa menjadi koperasi yang tidak tradisional lagi. Bisa menjadi koperasi yang modern dan menjadi koperasi yang lebih digital. Melalui materi Modernisasi Koperasi yang disampaikan,” jelas Uwang Wari, S.E., M.EK Direktur BMT UMY saat dihubungi selepas acara workshop pada Selasa (14/5).

Acara ini merupakan kolaborasi Dinas Koperasi Bantul dengan pihak akademisi seperti UMY. Dalam pelaksanaannya workshop ini diisi dengan materi mengenai langkah-langkah menjadi koperasi modern yang disampaikan oleh Direktur BMT UMY dan Hilirisasi Koperasi disampaikan oleh Ahmad Ma’ruf, SE., MSi selaku dosen Ilmu Ekonomi UMY.

Koperasi yang menjadi peserta pada workshop ini berasal dari koperasi-koperasi yang berada di Bantul dan koperasi yang berada di instansi pendidikan. Selain berkolaborasi dengan UMY, Dinas Koperasi Bantul juga berkomitmen bersama sembilan kampus yang berada di Yogyakarta.

Uwang mengatakan dirinya menjadi pemateri “Modernisasi Koperasi” karena penghargaan prestasi yang diperoleh BMT UMY. “Materi dari BMT UMY yang saya bawakan “Modernisasi Koperasi” karena BMT UMY mendapat penghargaan sebagai rintisan koperasi modern, sehingga kami diminta untuk sharing (berbagi) bagaimana sebuah koperasi modern berjalan. Bagaimana tahapan dan langkah-langkah yang harus dijalankan,” ungkap Uwang. BMT UMY mensosialisasikan bagaimana sebuah koperasi modern berjalan agar menjadi contoh para peserta yang hadir dengan materi yang disampaikan. Ia nemberikan pemahaman bahwa koperasi bisa lebih modern dan lebih digital.

Guppianto Susilo, S.E., MM perwakilan Staff Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Bantul menambahkan tujuan diadakannya workshop ini merupakan penguatan ekosistem koperasi di Bantul melalui forum tersebut agar tumbuh dan berkembang.

“Melalui workshop ini menjadi salah satu langkah akselerasi pembangunan koperasi di Kabupaten Bantul, yakni penguatan ekosistem dan kemitraan. Dalam rangka penguatan ekosistem itu maka kami perlu mengadakan sebuah forum, salah satu bentuk forumnya workshop seperti ini. Hal ini dilakukan dalam bentuk upaya akselerasi koperasi agar tumbuh dan berkembang serta mendapatkan ekspansi pasar,” tutur Guppi. 

BMT UMY menjadi salah satu koperasi terbaik dan diminta berbagi praktek baik pada workshop tersebut. Sehingga Guppi berharap koperasi terbaik bersama koperasi lainnya bisa terus berkembang. “Workshop ini dilatarbelakangi oleh adanya data yang menggembirakan. Tercatat ada 50 koperasi terbaik termasuk BMT UMY dari 358 koperasi yang ada di Kabupaten Bantul. Harapannya, tidak hanya yang 50 terbaik saja yang berkembang tapi semua koperasi yang ada di Bantul bisa maju dan meningkatkan peformanya sebagai koperasi modern,” harap Guppi.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here