News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed

Ketua Umum DPD IMM DIY Adalah Otokritik yang Baik dalam Organisasi

http://www.alamtarapersma.com

YOGYAKARTA — Setelah melalui pemilihan dengan cara e-voting, Muhammad Akmal Ahsan, alumni Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2015, terpilih sebagai ketua umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021-2023.

DPD IMM DIY periode 2021-2023 resmi dilantik pada Sabtu, 10 April 2021 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman, ditandai pembacaan surat keputusan dan ikrar atau sumpah jabatan yang dipandu Najih Prastiyo selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IMM.

Selaku Ketua Umum DPD IMM DIY, Akmal dibantu Rifqi Annafi’ (Ketua Bidang Organisasi), Azhar Basyir (Ketua Bidang Kader), Muhammad Taufik Firdaus (Ketua Bidang Hikmah), Ilhamsyah Muhammad Nurdin (Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan), Muhammad Zulfikar Yusuf (Ketua Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman), Masyitoh Inayati (Ketua Bidang Media dan Komunikasi).

Selain itu dibantu Dilla Farhani Nurrahman (Ketua Bidang IMMawati), Fadhel Akbwt Fauzi (Ketua Bidang Seni Budaya dan Olahraga), Abie Dhimas Al Qoni F (Ketua Bidang Sosial dan Pemberdayaan), Manarul Islam (Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan), Pramudya Ananta (Ketua Bidang Agraria), Rivandy Harahap (Ketua Bidang Lingkungan Hidup).

Ada pula Muhammad Khakim Abdillah (Ketua Bidang Kesehatan), Farhan Aji Dharma (Sekretaris Umum), Devi Seftiana (Sekretaris I), Itsna Safira Khairunnisaa (Sekretaris Bidang Organisasi), Muhammad Dzulnafis Tanjung (Sekretaris Bidang Kader), Habib Firmansyah (Sekretaris Bidang Hikmah), Haryono Kapitang (Sekretaris Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan), Fajar Shodiq (Sekretaris Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman), Aulia Fathurrahman Darwis (Sekretaris Bidang Media dan Komunikasi), Laeli Isna Fatkhurrahmah (Sekretaris Bidang IMMawati).

Juga ada Muhammad Fauzan Akhyar (Sekretaris Bidang Seni Budaya dan Olahraga), Muqoddarur Rosyadi (Sekretaris Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat), Ade Ahmad Wijaya (Sekretaris Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan), Farhad Najib Izzuddin (Sekretaris Bidang Agraria), Ainul Yaqin Al Barry (Sekretaris Bidang Lingkungan Hidup), Widyasti Amelia (Sekretaris Bidang Kesehatan), Wahyu Tri Nur Ahmad Firdaus (Bendahara Umum) dan Muhammad Afif Fauzy (Bendahara I).

Akmal dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan mampu menyesuaikan kapasitas keilmuan ketika berdiskusi. Ketua Korkom IMM UMY, Hasan Nopremon, mengatakan, apapun pendapat yang disampaikan sangat dihargai dan diapresiasi Akmal. “Selain itu, Akmal adalah orang yang sangat objektif pemikirannya,” katanya.

Bagi Hasan, Akmal adalah otokritik yang baik dalam sebuah organisasi, “dan berangkat dari situ juga sekaligus menyumbangkan pikirannya atas kritikan yang dia berikan terhadap organisasi khususnya IMM,” papar Hasan.

Di bawah kepemimpinan Akmal Hasan, diharapkan DPD IMM DIY bisa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik dari tingkat cabang maupun komisariat. “Ke depannya dapat terjalin dengan baik sehingga pergerakan IMM bisa lebih efektif dan kolektif,” kata Hasan lagi.

Ketua Umum DPD IMM DIY mengajak segenap pengurus DPD IMM DIY untuk senantiasa menjadikan kepemimpinan IMM DIY ini sebagai perwujudan dari sikap intelektualisme gerakan mahasiswa. “Para kader IMM diikar oleh trikompetensi dan trilogi ikatan yang memandu kepemimpinan ke depan,” ungkapnya.

Seperti disampaikan Muhammad Akmal Ahsan, kader IMM agar tidak melupakan karakter trikompetensi dasar IMM, yaitu religiusitas, intelektualitas dan humanitas.

“Di era sekarang ini kader IMM perlu membangun kembali gerakan literasi dan melahirkan gagasan-gagasan yang membumi,” kata Muhammad Akmal Ahsan, yang menyarankan perlunya merekonstruksi kembali intelektualitas IMM.

Dalam dua tahun ke depan, akan menjadikan kepemimpinannya sebagai wadah pengabdian kepada kemanusiaan universal, “khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta,” papar Akmal.

Menurut Akmal, menjadikan kepemimpinannya itu sebagai bentuk pengabdian, perjuangan untuk mencapai ridha Allah SWT. “Segala ikrar dan janji juga sumpah harus menembus jantung dan diejawantahkan dalam sikap kesehatian kita,” katanya.

Selaku Ketua DPD IMM DIY yang purna tugas, M Hasnan Nahar berharap IMM DIY dapat beradaptasi dan bertransformasi menjadi lebih baik. “Termasuk melakukan transformasi dari gerakan offline menuju online atau berbasis digital,” papar Hasnan. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah Atha Ridhai
Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here