News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Ketua PCM Bumiayu: Calon Jama’ah Haji KBIHU Arofah Brebes Makin Meningkat

BREBES - Ketua PCM Bumiayu secara resmi melepas 31 Calon Jama’ah Haji (CJH) se-Brebes Selatan Kloter 27 dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah di Masjid Raya Muhammadiyah H. Arman Thayfuri Bumiayu Brebes, Jum’at Dini Hari (17/5).

Ketua PCM Bumiayu, Drs.H. Sukmono yang mewakil PCM se-Brebes Selatan dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan Data Base Calon Haji Kabupaten Brebes yang akan berangkat ke tanah suci totalnya 1,052  orang.

“Alhamdulillah KBIHU Arofah PDM Brebes pada tahun ini dapat memberangkat sebanyak 53 calon jama’ah haji yang berasal dari Brebes Selatan sebanyak 31 orang dan selebihnya dari Brebes Utara sebanyak 22 orang. Kami berharap jama’ah haji dapat menjalani ibadah haji dengan sabar dan ikhlas. Semoga, semua rangkain ibadah haji bisa berjalan lancar dan kembali ke Brebes menjadi haji mabrur”, tuturnya.

Menurut H.Erma Muttaqin, S.Pd selaku pengurus KBIHU Arofah PDM Brebes, rencananya 1,052 Calon Jama’ah Haji (CJH) asal Kabupaten Brebes dari Kloter 24, 25, 26 27 akan berangkat bersama dari Islamic Center Brebes menuju Madinah, Saudi Arabia besok pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 via penerbangan Bandara Adi Sumarno Solo.  

“Alhamdulillah pada tahun 2024, Calon Jama’ah Haji dari KBIHU Arofah PDM Brebes semakin meningkat. Tahun kemarin yang berangkat sebanyak 44 orang dan tahun ini meningkat menjadi 53 orang. Begitu juga Calon Jama’ah Haji dari KBIHU Arofah PDM Brebes dari Brebes Selatan juga meningkat. Pada tahun ini, yang berangkat sebanyak 31 orang dan insya Allah pada tahun depan (2025) akan berangkat Calon Jama’ah Haji dari KBIHU Arofah sebanyak 76 orang”, tegasnya.

Lebih lanjut, H.Erma Muttaqin, S.Pd berpesan untuk selalu menjaga stamina tubuh agar dapat menunaikan serangkain ibdaha haji sampai tuntas.

“Jagalah kesehatan dan jangan beraktivitas yang berlebihan mengingat prosesi haji sangat panjang, sehingga sangat membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang prima. Oleh karenanya, para jama’ah haji harus dapat menaati aturan dan bimbingan dari petugas haji. Harapan kami, semoga nanti jama’ah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah PDM Brebes bisa menjadi haji yang mabrur/ah dan kembali ke tanah air Indonesia dengan selamat dan penuh keberkahan”, tambahnya.

Pelepasan 31 Calon Jama’ah Haji (CJH) se-Brebes Selatan Kloter 27 dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah dilakukan pukul 22:00 di Masjid Raya Muhammadiyah H. Arman Thayfuri Bumiayu dengan diawali tausiyah dan doa yang disampaikan oleh Ulama Kharismatik Muhammadiyah Brebes, K.H. Irfan Faridi.

K.H. Irfan Faridi  yang didaulat memberikan pencerahan dan memimpin doa untuk pelepasan bagi 31 Calon Jama’ah Haji (CJH) se-Brebes Selatan Kloter 27 dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah mengatakan, kesempatan untuk naik haji merupakan panggilan langsung dari Allah SWT, sehingga semua calon jemaah haji harus mempersiapkan dengan secara baik, sehat dan prima.

KBIHU Arofah Muhammadiyah Brebes adalah Lembaga Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes sebagai langkah konkrit dalam menyempurnakan pembinaan jama’ah dalam beribadah Haji berdasarkan Putusan Ulama Tarjih yang sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu'alaihi wa Sallam. Oleh karena itu, seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah sudah seyogyanya berangkat Haji melalui KBIHU Arofah Muhammadiyah Brebes sebagai media dakwah berkemajuan persyarikatan, tegas Mantan Ketua PCM Bumiayu tersebut.

K.H. Irfan Faridi berpesan agar para jama’ah luruskan niat setulus-tulusnya, hanya semata-mata melaksanakan ibadah karena memenuhi panggilan Allah SWT dengan sabar dan ikhlas.

“Semoga perjalanan jama’ah haji mulai dari Bumiayu, Brebes, Asrama Donohudan Boyolali hingga di Madinah dan Makkah al-Mukaromah dimudahkan oleh Allah Swt dan berjalan lancar, sehingga pulang kembali ke Bumiayu Brebes dengan memperoleh predikat Haji Mabrur. Dengan demikian predikat tersebut akan membuahkan 5 hal, yakni semakin tercerahkannya pikiran, semakin kokoh aqidanya, semakin semangat dalam beribadah, semakin baik akhlaknya dan kebaikannya pun akan tumbuh berkembang dan bersemi dengan semakin berkurangnya keburukannya yang ada padanya”, tutur Ketua BPP MBS Bumiayu.

Puluhan Personil KOKAM Cabang Bumiayu dan Bantarkawung melaksanakan pengamanan pemberangkatan calon jama’ah haji KBIHU Arofah di Masjid Raya Muhammadiyah H. Arman Thayfuri Bumiayu Brebes.

“Alhamdulillah pada malam hari ini, puluhan personil KOKAM Cabang Bumiayu dan Bantarkawung dapat bersinergi dengan Polsek Bumiayu untuk menjalankan tugas penajagaan dan pengamanan proses keberangkatan calon jama’ah haji asal Brebes Selatan yang tergabung dalam KBIHU Arofah Muhammadiyah Brebes”. ungkap Ndan Jarwoto selaku Komandan KOKAM Cabang Bumiayu

Hadir dalam acara pelepasan jama’ah haji tersebut, Ketua PCM Bumiayu, Ketua PCM Tonjong, Ketua PCM Sirampog, Sekretaris PCM Bantarkawung, KOKAM Bumiayu dan Bantarkawung serta ribuan orang pengantar calon jama’ah haji KBIHU Arofah dari Brebes Selatan, yaitu Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Paguyangan dan Bantarkawung.

Kontributor: Tarqum Aziz, MPI PCM Bumiayu.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here