News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed

Jumat Imtaq dan Jumat Sehat jadi Program Andalan SDN Bakulan

BANTUL - SD Negeri Bakulan menyelenggarakan program “Jum’at Imtaq dan Jum’at Sehat” yang salah satu program unggulan. Diselenggarakannya program ini dalam rangka mewujudkan visi sekolah untuk menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi dan berkarakter Islami. Program yang diinisiasi oleh waka kesiswaan bersama guru agama islam ini sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan sehat jasmani rohani. 

Setiap hari Jum’at, siswa kelas IV SD Negeri Bakulan melaksanakan sholat dhuha di mushola sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan sholat sunnah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, sholat dhuha berjamaah ini juga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengatur waktu sholat dan mempererat tali persaudaraan antar siswa.. Para guru turut mendampingi dan membimbing siswa dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat merasakan ketenangan dan keberkahan dari Allah SWT di sela-sela kegiatan belajar mereka.

Setelah terdengar bel masuk kemudian seluruh siswa siswi berbaris di halaman sekolah untuk mengikuti kegiatan membaca Asmaul Husna. Kegiatan ini dipimpin oleh guru agama yang membacakan ayat-ayat Asmaul Husna dengan tartil dan diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan SD Negeri Bakulan. Kegiatan membaca Asmaul Husna di SD Negeri Bakulan bukan sekadar ritual, tetapi menjadi sebuah pembiasaan yang menanamkan nilai-nilai agama sejak dini. Diharapkan, para siswa dapat meneladani sifat-sifat mulia Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Usai kegiatan spiritual, para siswa, guru, dan karyawan mengikuti senam pagi bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar tetap prima dalam belajar dan mengajar. Suasana ceria dan penuh semangat terlihat dari wajah para siswa siswi saat mengikuti gerakan senam dengan instruktur. Kehangatan dan kekompakan terpancar dari kekompakan mereka dalam mengikuti setiap gerakan senam. Semangat pagi yang positif ini diharapkan dapat membawa semangat belajar yang optimal bagi para siswa dan kelancaran mengajar bagi para guru.

Sebagai puncak dari program “Jum’at Sehat”, setiap akhir bulan SD Negeri Bakulan mengadakan kegiatan jalan sehat. Para siswa diajak untuk berjalan kaki bersama-sama mengelilingi area sekitar sekolah. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar siswa. Semangat dan keceriaan terpancar dari wajah para siswa saat mereka berjalan bersama-sama. Jalan sehat ini menjadi momen yang dinanti-nanti oleh para siswa sebagai ajang untuk refreshing dan melepas penat setelah belajar selama sebulan.

Kepala sekolah SD Negeri Bakulan, Martono, M.Pd mengungkapkan rasa bangganya atas antusiasme para siswa dalam mengikuti program “Jum’at Imtaq dan Jum’at Sehat.” Beliau juga mengapresiasi peran aktif tim kesiswaan dan guru agama dalam menginisiasi dalam melaksanakan program ini.

“Program ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa untuk menjadi generasi yang cerdas, beriman, berakhlak mulia, serta memiliki tubuh yang sehat dan bugar untuk menunjang aktivitas belajar mereka”, ujar Martono.

Orang tua siswa pun menyambut dengan positif program ini. Mereka merasa senang melihat anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang holistik, tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter dan ksehatan. Program "Jum'at Imtaq dan Jum’at Sehat" ini dianggap sebagai salah satu bentuk kepedulian sekolah terhadap perkembangan siswa secara menyeluruh. Para orang tua pun berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anak-anak mereka.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here