News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Jumat Imtaq dan Jumat Sehat jadi Program Andalan SDN Bakulan

BANTUL - SD Negeri Bakulan menyelenggarakan program “Jum’at Imtaq dan Jum’at Sehat” yang salah satu program unggulan. Diselenggarakannya program ini dalam rangka mewujudkan visi sekolah untuk menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi dan berkarakter Islami. Program yang diinisiasi oleh waka kesiswaan bersama guru agama islam ini sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan sehat jasmani rohani. 

Setiap hari Jum’at, siswa kelas IV SD Negeri Bakulan melaksanakan sholat dhuha di mushola sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan sholat sunnah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, sholat dhuha berjamaah ini juga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengatur waktu sholat dan mempererat tali persaudaraan antar siswa.. Para guru turut mendampingi dan membimbing siswa dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat merasakan ketenangan dan keberkahan dari Allah SWT di sela-sela kegiatan belajar mereka.

Setelah terdengar bel masuk kemudian seluruh siswa siswi berbaris di halaman sekolah untuk mengikuti kegiatan membaca Asmaul Husna. Kegiatan ini dipimpin oleh guru agama yang membacakan ayat-ayat Asmaul Husna dengan tartil dan diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan SD Negeri Bakulan. Kegiatan membaca Asmaul Husna di SD Negeri Bakulan bukan sekadar ritual, tetapi menjadi sebuah pembiasaan yang menanamkan nilai-nilai agama sejak dini. Diharapkan, para siswa dapat meneladani sifat-sifat mulia Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Usai kegiatan spiritual, para siswa, guru, dan karyawan mengikuti senam pagi bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar tetap prima dalam belajar dan mengajar. Suasana ceria dan penuh semangat terlihat dari wajah para siswa siswi saat mengikuti gerakan senam dengan instruktur. Kehangatan dan kekompakan terpancar dari kekompakan mereka dalam mengikuti setiap gerakan senam. Semangat pagi yang positif ini diharapkan dapat membawa semangat belajar yang optimal bagi para siswa dan kelancaran mengajar bagi para guru.

Sebagai puncak dari program “Jum’at Sehat”, setiap akhir bulan SD Negeri Bakulan mengadakan kegiatan jalan sehat. Para siswa diajak untuk berjalan kaki bersama-sama mengelilingi area sekitar sekolah. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar siswa. Semangat dan keceriaan terpancar dari wajah para siswa saat mereka berjalan bersama-sama. Jalan sehat ini menjadi momen yang dinanti-nanti oleh para siswa sebagai ajang untuk refreshing dan melepas penat setelah belajar selama sebulan.

Kepala sekolah SD Negeri Bakulan, Martono, M.Pd mengungkapkan rasa bangganya atas antusiasme para siswa dalam mengikuti program “Jum’at Imtaq dan Jum’at Sehat.” Beliau juga mengapresiasi peran aktif tim kesiswaan dan guru agama dalam menginisiasi dalam melaksanakan program ini.

“Program ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa untuk menjadi generasi yang cerdas, beriman, berakhlak mulia, serta memiliki tubuh yang sehat dan bugar untuk menunjang aktivitas belajar mereka”, ujar Martono.

Orang tua siswa pun menyambut dengan positif program ini. Mereka merasa senang melihat anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang holistik, tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter dan ksehatan. Program "Jum'at Imtaq dan Jum’at Sehat" ini dianggap sebagai salah satu bentuk kepedulian sekolah terhadap perkembangan siswa secara menyeluruh. Para orang tua pun berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anak-anak mereka.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here