News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Gelar Muktamar Pemikiran Islam, Intelektual Muda Muhammadiyah Sampaikan Lima Isu Penting

Foto: Suara Muhammadiyah

YOGYA - Sejumlah intelektual muda yang tergabung dalam Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM) berkumpul dalam Muktamar Pemikiran dan Peradaban Islam yang diselenggarakan pada 22-24 Desember 2023 di Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Acara ini merupakan titik balik penting dalam sejarah JIMM. Bukan hanya sebagai perayaan dua dekade perjalanan organisasi, tetapi juga sebagai forum untuk merumuskan strategi masa depan.

Dalam perjalanannya, JIMM dihadapkan pada berbagai isu yang kemudian didiskusikan dan dibahas dalam muktamar kali ini. Isu-isu tersebut menyangkut berbagai problematika yang ada di Muhammadiyah dan tantangan saat ini serta masa depan yang akan dihadapi oleh para intelektual muda Muhammadiyah.

JIMM dalam Muktamar Pemikiran dan Peradaban Islam ini juga membahas langkah-langkah yang harus ditempuh oleh mereka untuk meneguhkan posisi intelektual muda Muhammadiyah di kancah nasional dan global dalam berbagai bidang; pendidikan, sosial, politik, IPTEK, dan keummatan.

Guna memperkaya khazanah pemikiran JIMM dan keluar dari zona nyaman, muktamar kali ini juga mendiskusikan pembahasan tentang kebudayaan sebagai ruang gerak para intelektual. Acara muktamar ini menghadirkan beberapa budayawan sebagai narasumber inti di antaranya; Jumaldi Alfi sebagai pelukis, Mahfud Ikhwan sebagai novelis berdarah Muhamamdiyah, dan K.H. Tafsir sebagai akademisi sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah yang banyak berbicara tentang peran warga Muhammadiyah dalam merawat tradisi dan budaya yang mengakar di masyarakat.

Muktamar pemikiran ini juga menghadirkan para aktivis JIMM generasi awal yang memiliki komitmen kuat untuk memberikan mentorship kepada para aktivis JIMM generasi baru. Bahkan, salah satu aktivis JIMM yang telah sukses di dunia akademik, Pradana Boy, sudah memiliki rencana untuk mendirikan sekolah pemikiran Islam di bawah Yayasan Bayt al-Hikmah, guna memfasilitasi para aktivis JIMM yang mempunyai minat di sana.

Mohammad Rokib, salah satu aktivis JIMM generasi awal yang sekarang sedang menempuh studi doktoral di Jerman, juga akan berkomitmen mengawal para new comers untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Bahkan, ia akan memberikan berbagai informasi tentang info-info studi luar negeri dan berjanji akan “membocorkan” tips & trik jitu memperoleh beasiswa studi di luar negeri.

Kemudian David Krisna Alka,sebagai esais berpengalaman yang tulisannya sudah tersebar di berbagai media nasional, sudah mantap untuk menawarkan diri menjembatani para aktivis JIMM baru yang ingin mengirimkan tulisannya di media massa nasional. Tak hanya mengawal dalam ranah teknis, David juga berkomitmen untuk membimbing mereka untuk menulis esai-esai bermutu yang layak diterbitkan di media massa nasional.

Pada hari terakhir, para peserta Muktamar bermusyawarah dan bersepakat untuk mendeklarasikan lima isu penting yang menjadi rencana tindak lanjut setelah acara Muktamar ini.

Pertama, dalam isu penguatan perlindungan HAM dan keadilan gender, aktivis JIMM berkomitmen untuk menguatkan peran dan eksistensi ulama perempuan di Muhammadiyah. Kemudian mengorbitkan tokoh ulama perempuan di masyarakat

JIMM juga berkomitmen mengkader ulama dari pesantren Aisyiyah serta akademisi perempuan yang memiliki kepakaran di bidang tafsir Al-Qur’an. Lalu, mencatat pengalaman perempuan sebagai pengetahuan hingga mendorong hukum progresif untuk penegakan HAM.

Kedua, isu dinamika antara agama, identitas, dan hak asasi manusia dalam wacana Kontemporer, aktivis JIMM berkomitmen mengarusutamakan spirit moderasi beragama dengan mengadakan dialog lintas iman.

JIMM juga memandang bahwa semua entitas manusia berhak hidup dan mengakui segala identitas lain tanpa terkecuali. Lalu, menghimbau untuk memiliki kepercayaan diri sebagai kader Muhammadiyah , bertanggungjawab penuh atas apa yang dia lakukan, dan berani bertarung wacana di ruang publik dan berdialektika di forum akademik.

Dalam isu ini, JIMM turut berkomitmen terhadap keputusan pikirannya dan responsif terhadap isu HAM dan politik identitas. Komitmen ini dapat dilaksanakan dengan memahami teks serta sisi kontekstualitas dari teks tersebut.

Ketiga, dalam isu revolusi pendidikan dan budaya, aktivis JIMM berkomitmen melakukan investasi yang serius terhadap kemajuan pendidikan di persyarikatan dengan upaya menghadirkan regulasi dan institusi yang bertugas sebagai pilot project pendidikan. Dengan erumuskan materi pembelajaran adaptif dengan kearifan lokal dan dinamisasi zaman serta mendorong kelayakan gaji guru persyarikatan hingga setara UMR setempat.

Di isu ini pula, JIMM mendorong konsep pendidikan berkemajuan yang tidak berhenti pada level pendidikan formal. Yaitu dengan menciptakan ruang aman kepada anak dari segi mental, spiritual, intelektual, dan emosional. Serta menghadirkan pendidikan alternatif bagi daerah yang sulit mendapatkan akses pendidikan yang setara.

Keempat, di isu transformasi ekonomi ke arah kesetaraan dan keberlanjutan lingkungan, aktivis JIMM berkomitmen mendorong kader muda, warga, dan simpatisan Muhammadiyah untuk terlibat aktif dalam aktivitas kemuhammadiyahan.

JIMM juga berkomitmen melakukan penyelamatan krisis iklim serta digitalisasi informasi Muhammadiyah Climate Center.

Lalu, mendorong pemerataan sistem perekonomian di Muhammadiyah, digitalisasi perekonomian, dan meningkatkan laboratorium/inkubator ekonomi Muhammadiyah dalam rangka mencapai kesetaraan dan keberlanjutan. Hingga, mendorong kepada Muhammadiyah untuk menafsirkan ulang makna ekonomi islam menuju kesejahteraan sosial.

Kelima, untuk isu keberlangsungan aktivisme JIMM, aktivis JIMM berkomitmen menuntut hadirnya para mentor generasi awal JIMM untuk senantiasa memberikan mentorship yang maksimal dan berkualitas kepada para aktivis JIMM generasi baru. Serta menjaga dan merawat komunikasi di antara para aktivis JIMM.

Setelah mendeklarasikan lima isu penting yang harus segera ditindaklanjuti, para peserta Muktamar kemudian memilih lima presidium JIMM nasional yang akan mengawal keberlangsungan aktivitas JIMM ke depannya. Mereka adalah Yahya Fathur Rozy, Wilda Kumala Sari, Yusuf Rohmat Yanuri, Renci, dan Fariz Revaldi. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari JIMMJIMM

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here