News

News

MediaMU.COM

May 7, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman

UMY Tuan Rumah Rakernas BEM Seluruh Indonesia

Foto: BHP UMY

BANTUL – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) ke-14, Senin (27/9). Acara yang berlangsung selama tiga hari di Ruang Sidang Gedung AR Fachrudin B ini dihadiri seluruh BEM dari 170 universitas di Indonesia baik secara daring ataupun luring,  serta disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan official Instagram milik UMY.

Rakernas BEM-SI ke-14 mengusung Tema “Satukan Gagasan Bangun Indonesia Berkemajuan”. Hadir dalam acara ini antara lain Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M dan Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan , S.E., M.P.P., Ph.D.

Laksamana Yudo berpesan, dalam membangun bangsa, memiliki kecerdasan akademik saja tidak cukup. “Yang perlu kita bangun bukan hanya badan atau raga, tetapi jiwa dan karakter yang kuat. Sebagai mahasiswa yang kita bangun bukan hanya kecerdasan akademik, juga kecerdasan emosional serta moral,” jelasnya.

Pesan lain, mahasisiswa tetap bersinergi bahu membahu membangun bangsa. Sebagai penerus bangsa, mahasiswa harus memiliki karakter kuat, diikuti kemampuan berkolaborasi dan bekerjasama.

“Saya akui bahwa kami TNI AL kurang dekat dengan mahasiswa. Namun, saya berkomitmen siap membantu apa yang mahasiswa butuhkan dalam membangun negeri ini. Jangan takut, jangan sungkan mengajak kami bersinergi untuk membangun bangsa yang lebih baik lagi,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Laksamana Yudo menawarkan kepada peserta rakernas bila ingin mengadakan rakernas di atas kapal perang milik TNI. Tujuannya agar mahasiswa bisa mengetahui kejayaan dan kehebatan lautan Indonesia. 

Hal senada disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Ia berpesan kepada mahasiswa agar bersatu, menjadi pribadi solutif, dan menyatukan gagasan dalam membangun bangsa. 

Menjadi Indonesia, kata Anies, adalah sesuatu yang tak mudah dan luar biasa. Berasal dari berbagai daerah, bukan hanya Jawa, Kalimantan, Papua, dan suku budaya lainnya, kita adalah satu bangsa yang hebat, Indonesia.

“Itulah kenapa kita harus bersatu. Walaupun berasal dari pemikiran berbeda kita tetap satu gagasan dalam membangun Indonesia ini. Jangan sampai rakernas ini menghasilkan pemikiran yang tidak actionable. Buatlah terobosan untuk membangun negeri ini. Jadilah pribadi yang solutif bagi permasalahan yang ada di masyarakat,” papar Anis. 

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM. salam sambutannya mengajak mahasiswa seimbang dalam menilai sesuatu. BEM adalah badan eksekutif mahasiswa yang mempunyai privilege untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa maupun masyarakat luas.

“Mahasiswa harus bisa seimbang serta adil dalam menilai atau mengkritik sesuatu. Dalam membangun bangsa, jika kita menilai dari satu sisi saja rasanya tidak adil, maka kita harus melihatnya dari berbagai sisi yang berbeda,” tutur Gunawan.

Ia berharap rakernas menghasilkan gagasan-gagasan baru dan solutif bagi permasalahan nyata di masyarakat. Mahasiswa juga bagian dari penyambung lidah masyarakat.

“Saya harap rakernas ini bisa menghasilkan pemikiran dan gagasan solutif bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kalianlah penerus bangsa, bangunlah bangsa ini dengan pemikiran luar biasa,” kata Rektor. (*)

Berita diterima mediamu.com dari BHP UMY
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here